Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Ibu Hamil Untuk Ibu Hamil Mual Muntah Dengan Jahe Di BPM Lia Maria Bandar Lampung

Dainty Maternity -  Profesi Bidan Universitas Malahayati, Indonesia
Anisa Ermasari -  Profesi Bidan Universitas Malahayati, Indonesia
Aprida Yanti* -  Profesi Bidan Universitas Malahayati, Indonesia

Kehamilan merupakan proses berkesinambungan yang dimulai dari ovulasi, konsepsi, nidasi, implantasi dan perkembangan embrio di dalam uterus hingga aterm. Setiap proses dalam kehamilan merupakan kondisi krisis yang memerlukan adaptasi psikologis dan fisiologis terhadap pengaruh hormon kehamilan dan tekanan mekanis akibat pembesaran uterus dan jaringan. mual muntah merupakan salah satu gejala paling awal, paling umum dan paling menyebabkan stres. Mual dan muntah merupakan ketidaknyamanan yang umum dialami oleh 50% wanita hamil. Umumnya paling parah pada trimester pertama kehamilan.Mual muntah yang terjadi pada kehamilan yang disebabkan oleh perubahan dalam sistem endokrin yang terjadi selama kehamilan, terutama disebabkan oleh tingginya fluktuasi kadar Human Choronic Gonadothropin (hCG), kebanyakan perempuan yang mengalami gejala mual dan muntah pada usia kehamilan 8-12 minggu dan semakin berkurang secara bertahap hingga akhirnya berhenti pada usia kehamilan 16 minggu kehamilan .

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menilai efektivitas jahe dalam pengobatan mual dan muntah pada kehamilan.

 Metode yang digunakan adalah Penyuluhan.Yang Mengikuti Penyuluhan adalah mahasiswa profesi, dosen pembimbing dan ibu hamil trimester 1.

Waktu Penyuluhan  : Kamis, 21 April 2022

Lamanya                  : 13.00-14.00 WIB

Cara Penyuluhan : Pemaparan Materi Tentang Kehamilan dan mual muntah serta manfaat jahe baru tanya jawab pada ibu hamil.

 Hasil kegiatan ini terjadi  penurunan secara signifikan pada ibu hamil mual muntah di trimester 1 pada  hari yang ketujuh dari penelitian yang dilakukan. 

Kesimpulan : Jahe efektif untuk meredakan mual dan muntah ringan hingga sedang pada wanita hamil dengan usia kehamilan kurang dari 16 minggu.

 

Kata kunci: jahe, mual muntah kehamilan

 

ABSTRACT

 

Pregnancy is a continuous process that starts from ovulation, conception, nidation, implantation and development of the embryo in the uterus until term. Every process in pregnancy is a crisis condition that requires psychological and physiological adaptation to the effects of pregnancy hormones and mechanical stress due to the enlargement of the uterus and tissues. Nausea and vomiting is one of the earliest, most common and most stressful symptoms. Nausea and vomiting are common discomforts experienced by 50% of pregnant women. Generally most severe in the first trimester of pregnancy. Nausea and vomiting that occur in pregnancy are caused by changes in the endocrine system that occur during pregnancy, mainly due to high fluctuations in levels of Human Choronic Gonadotropin (hCG), most women who experience symptoms of nausea and vomiting at gestational age 8-12 weeks and gradually decreases until it finally stops at 16 weeks of gestation.

 

Keywords: ginger, nausea and vomiting in pregnancy

  1. Aisah Y. Hubungan Gravida Dan Usia Dengan Kejadian Emesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Trimester 1 Di Puskesmas Sumowono Kabupaten Semarang. 2017;
  2. Damarasri,N.D.(2017 ).Penerapan Pemberian Aromaterapi Lemon dan Minuman JaheUntuk Mengurangi Emesis Gravidarm Pada Ibu Hamil Trimester 1 diBPM Sri Jumiyati Kabupaten Kebumen. Naskah publikasI. STKes Muhammadiyah Gombong.
  3. D. yanti. Konsep Dasar Asuhan Kehamilan. Bandung: Pt. Adiatma Refika;
  4. Ding M, Leach M, Bradley H. Efektivitas dan keamanan jahe untuk mual dan muntah yang diinduksi kehamilan: tinjauan sistematis. Kelahiran Wanita.2013;26(1): e26–30.
  5. Lowdermilk DL, Perry S, Cashion K, Alden K.Pelayanan kesehatan ibu hamil & wanita.edisi ke 10 AS: Divisi Ilmu Kesehatan Ilmu Elsevier; 2012.
  6. Manuaba,Ida Bagus Gede.(2014) .Ilmu Kebidanan,Penyakit Kandungan Dan KB.EGC: Jakarta.
  7. Maulana,(2012).Panduan Lengkap Kehamilan.Kata hati : Yogyakarta.
  8. Mochtar,R.(2013).Sinopsis Obstetri Fisilogis dan Patologi edisi 2.EGC: Jakarta.
  9. Notoatmodjo,(2018) Metodologi Penelitian Kesehatan.Rineka Cipta.Jakarta.
  10. Nugroho,dr,Taufan (2014).Patologi Kebidanan.Cetakan Pertama.Yogyakarta: Nuha Medika.
  11. Prawirohardjo,S.( 2010). Ilmu Kebidanan Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.
  12. Raja TL, M.urphy PA. Pendekatan berbasis bukti untuk mengelola mual dan muntah pada awal kehamilan.J Kebidanan Kesehatan Wanita.2009;54(6):430–44.
  13. Rukiyah, Yeyeh.( 2015 ).Asuhan Kebidanan Patofisiologi Kebidanan Patologi Kebidanan, Jakarta: Transmedia Info.
  14. Runiari,2010.Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Hiperemesis Gravidarum Penerapan Konsep Dan Teori Keperawtan. Jakarta; Salemba Medika.
  15. Sarwono, Prawirohardjo.(2014). Asuhan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal.PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
  16. Sukarni,Icesmi. (2013). Kehamilan Persalinan dan Nifas. Yogyakarta : Nuha Media.
  17. Wood H, McKellar LV, Lightbody M. Mual dan muntah dalam kehamilan: mekar atau mekar mengerikan Sebua tinjauan literatur. Kelahiran Wanita.2013;26(2):100–4.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License