Meningkatkan Keunggulan Bersaing Krupuk Singkong Berbasis Techopreneurship Desa Petung Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

Eka Srirahayu Ariestiningsih, Dwi Faqihatus Syarifah Has, Munisah Munisah

Sari


ABSTRAK

 

Salah satu komoditas tanaman pangan yang berperan sangat besar selain padi, jagung dan kacang hijau adalah singkong (ubi kayu). Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh meskipun pada musim kemarau, selain itu juga memiliki nutrisi yang lengkap yaitu karbohidrat, protein lemak, vitamin dan  mineral, memiliki nama latin Manihot Esculenta dan Cassava berasal dari bahasa Inggirs. Singkong  mempunyai nilai ekonomi yang penting dibandingkan dengan umbi-umbian lain, selain umbinya, daun singkong mengandung banyak protein yang diolah menjadi berbagai macam sayur. Kerupuk singkong adalah  kerupuk berbahan dasar singkong merupakan cemilan populer di masyarakat dengan harga murah namun rasanya tidak kalah dengan cemilan merakyat yang lain. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendampingan kepada pelaku usaha Kerupuk Singkong Ibu Kartoyah agar sebaik mungkin bisa melayani keinginan pelanggan, memenuhi kebutuhan pelanggan dan memanfaatkan teknologi untuk menciptakan kinerja perusahaan yang efektif dalam mencapai keunggulan bersaing.  Metode yang digunakan adalah observasi, mengedukasi, pendampingan, pelatihan dan fasilitasi. Hasil  kegiatan menunjukkan adanya peningkatan prosentase hasil pre test dan post test,  pemahaman pentingnya jiwa kewirausahaan dan pembukuan sederhana, terdapat percepatan waktu proses produksi, kerupuk singkong menjadi lebih sehat dan rasanya lebih enak. Dengan naiknya performa kerupuk singkong, memberikan peningkatan nilai jualnya. Dalam upaya pencapaian keunggulan bersaing diperlukan pembeda produk melalui inovasi diantaranya adalah  inovasi produk, dan proses.

 

Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Kerupuk Singkong, Inovasi, Technopreneurship

 

 

ABSTRACT

 

One of the food crop commodities that plays a very large role besides rice, corn and green beans is cassava. Is a plant that is easy to grow even during the dry season, besides that it also has complete nutrition, namely carbohydrates, fat protein, vitamins and minerals, has the Latin name Manihot Esculenta. Cassava has important economic value compared to other tubers, apart from the tubers, cassava leaves contain a lot of protein which is processed into various kinds of vegetables. Cassava crackers are crackers made from cassava which are popular snacks in the community at low prices but taste not inferior to other popular snacks. The purpose of this service activity is to provide assistance to the cassava cracker business actor Mrs. Kartoyah so that she can best serve customer desires, meet customer needs and utilize technology to create effective company performance in achieving competitive advantage. The methods used are observation, educating, mentoring, training and facilitation. The results of the activity showed an increase in the percentage of pre-test and post-test results, an understanding of the importance of an entrepreneurial spirit and simple bookkeeping, there is an acceleration of the production process time, cassava crackers become healthier and taste better. Conclusion: with the increase in the performance of cassava crackers, the selling value increases. In an effort to achieve competitive advantage, it is necessary to differentiate products through innovation, including product and process innovation.

 

Keywords:    Competitive Advantage, Cassava Crackers, Inovation, Technopreneurship.


Kata Kunci


Keunggulan Bersaing; Kerupuk Singkong; Inovasi; Technopreneurship

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alwi & Handayani. (2018). Keunggulan Bersaing Ukm Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol 20 (03) , 193 - 202.

Ariestiningsih & Syarifah Has. (2019). Meningkatkan Kesehajteraan Masyarakat Melalui Membangun Mental Kewirausahaan Istri Petani Tambak Yang Tergabung Dalam Organisasi Pkk Desa Pasi Kecamatan Glagah Kabupaten Lampongan. Academic In Action Journal Of Community Empowerment , 77 - 87.

Boyd & Larreche. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen , 140 - 153.

Dejawata; Kumadji & Abdillah. (2014). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan "Cake In Jar" Cafe Buncbead Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) Vol. 17 (2) , 1 - 8.

Hana, U. (2013). Competitive Advantage Achievement Through Innovation And Knowledge. Journal Of Competitiveness, Issn 1804-171x, Vol.5 (1) , 82-96.

Hasnatika & Nurnida. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Ukm " Duren Kamu Pasti Kembali" Di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi , 1 - 9.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Herawati & Mulyani. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Ud Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. Seminar Nasional Dinamika Global : Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal (Pp. 463 - 482). Jember: Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unej.

Hidayanti ; Damayanti & Arif. (2022). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Strategi Deferensiasi Produk, Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Umkm Jenis Pangan Kota Ternate. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Vol. 9 (2) , 429 - 439.

Irawan, D. (2020, October Wednesday). Prospek Produk Olahan Singkong Dari Jawa Timur Sebagai Basis Ketahanan Pangan. Retrieved December Saturday, 2022, From Dinas Perindustrian Dan Perdagangan: Https://Disperindag.Jatimprov.Go.Id/Post/Detail?Content=Prospek-Produk-Olahan-Singkong-Dari-Jawa-Timur-Sebagai-Basis-Ketahanan-Pangan

Jannah, M. (2014). Strategi Inovasi Produk Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif. Islamiconomic : Jurnal Ekonomi Islam , Doi : 10.32678/Ijei.V5i1.20.

Kusumawardhany, Et Al. (2019). Strategi Technopreneurship : Peningkatan Daya Saing Produk Unggul Daerah Trawas, Mojokerto. Prosiding Semnas Abdimas 2019 : Pemberdayaan Masyarakat Yang Berkelanjutan Menyongsong Revolusi Industri (Pp. 51 - 59). Surabaya: Lppm Universitas Surabaya.

Kotler & Amstrong. (2014). Principle Of Marketing : An Asian Perspective. Singapore: Pearson Prentice Hall.

Kotler & Amstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lenggogeni & Ferdinand. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management , 1-12.

Mopangga, H. (2015). Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Teknologi (Technopreneurship) Di Provinsi Gorontalo. Economic Journal : Trikonomika 14 (1) , 13 -24.

Mukhtar & Nurif. (2015). Peranan Packaging Dalam Mmeningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora Vol. 8 (2 , 181 - 191.

Niode, I. Y. (2012). Analisis Strategi Keuanggulan Bersaing (Competitive Adventage) Sektor Usaha Kecil Menengah Di Kota Gorontalo (Studi Industri Meubel Di Kota Gorontalo. Bisma (Jurnal Bisnis Dan Manjemen) , 91-101.

Nugraheni, M. (2012). Pewarna Alami Makanan Dan Potensi Fungsionalnya. Prosiding Pendidikan Boga Busana Vol. 7 (2) , 1 - 9.

Okorie N., Et Al. (2014). Technopreneurship : An Urgent Need In The Material World For Sustainability In Nigeria . European Scientifik Journal (Ejs) , 59 - 73.

Porter, M. (2001). Strategi Bersaing. Jakarta: Erlangga.

Prasidya Jati & Sugiarto . (2015). Pengaruh Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Bisnis. Diponegoro Journal Of Management , 211 - 225.

Sugiyati, G. (2015). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Oreintasi Pembelajaran, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk ( Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang). Serat Acitya - Jurnal Ilmiah Vol.4 (2) , 110 - 123.

Sulastri, S. (2017). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Susu Kedelai Di Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur. Jurnal Dinamika Vol.3 (2) , 37 - 44.

Sulistyarini & Febrianti. (2019). Analisis Pengawasan Proses Produksi Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Produk (Studi Kasus Pada Ud Bintang Antik Sejahtera Di Tulungagung). Benefit Vol 6 (1) , 11 - 22.

Tunbonat, Et Al. (2021). Usaha Industri Kerupuk Singkong Di Desa Baumata Timur Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. Jurnal Nusa Cendana , 44-49.

University, B. (2020, September). Perbedaan Efektif Dan Efisien. Retrieved December Monday, 2022, From Binus University Knowledge Management And Innovation: Https://Binus.Ac.Id/Knowledge/2020

Wardiningsih : Wahyuninhsih & Sugianto. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil (Mikro) Di Dususn Bore Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Lombok Tengah. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial Vol. 2 (2) , 163 -171.

Wisnubroto. (2019, November Tuesday). Kenali Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Singkong Untuk Tubuh. Retrieved Deceber Saturday, 2022, From Lifestyle/Kompas.Com: Https://Lifestyle.Kompas.Com/Read/2019/11/05/060600820/Kenali-Kandungan-Nutrisi-Dan-Manfaat-Singkong-Untuk-Tubuh?Page=All

Wulandari, N. T. (2022). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Pesantren Kecamatan Mijen Kota Semarang. Semarang: Kkn Universitas Diponegoro.

Zulyanti, N. R. (2016). Pengaruh Kualitas Alat Produksi, Harga Bahan Baku, Pemakaian Bahan Baku, Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Volume Produksi (Studi Kasus Pada Industri Tenun Di Desa Parengan Maduran). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi Vol. 1 (3) , 159 - 170.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i7.10164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.