Penguatan Numerasi di SD Persatuan Binong

Oce Datu Appulembang, Bertha Natalina Silitonga, Ganda Sari, Kimura Patar Tamba

Sari


ABSTRAK

 

Numerasi merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian dalam Pendidikan masa kini di Indonesia. Dikatakan bahwa penguasaan akan numerasi, membawa kita kepada kepekaan terhadap numerasi itu sendiri (sense of numbers) dan kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membawa kepada kemampuan memelihara dan mengelola SDA dan persaingan dengan SDM dari berbagai negara. Guru perlu mendapatkan pelatihan dalam menerapkan metode pembelajaran, memilih, membuat, dan memodifikasi permasalahan sehari-hari yang dapat digunakan di dalam pembelajaran di kelas dan untuk penilaian. Hal ini menjadi permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru di Sekolah Persatuan Binong yang belum mendapatkan penguatan pendampingan dalam hal numerasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan numerasi di SD Persatuan Binong dan menumbuhkan motivasi bagi guru-guru mengenai gerakan numerasi di SD Persatuan Binong. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pelatihan dalam bentuk diskusi, tanya jawab dan workshop. Pelatihan penguatan numerasi memberikan dampak positif terhadap guru-guru di SD Persatuan Binong akan numerasi, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang mendukung numerasi. Anak-anak juga semakin tertarik dalam belajar, memiliki keterampilan numerasi yang baik dan juga guru-guru dapat memiliki wawasan yang semakin luas. 

 

Kata Kunci: Guru, Numerasi, Pelatihan, Siswa

 

 

ABSTRACT

 

Numeration is one of the things that are of concern in today's education in Indonesia. It is said that mastery of numeracy leads us to a sense of numbers and their relation in everyday life. This leads to the ability to maintain and manage natural resources and competition with human resources from various countries. Teachers need training in applying learning methods, selecting, creating, and modifying everyday problems that can be used in classroom learning and for assessment. This is a problem faced by teachers at Binong Unity School who have not received strengthening assistance in terms of numeracy. The purpose of this activity is to strengthen numeracy at SD Persatuan Binong and foster motivation for teachers about the numeracy movement at SD Persatuan Binong. The method used in this activity is training in the form of discussions, questions and answers, and workshops. Numeracy strengthening training has a positive impact on teachers at SD Persatuan Binong on numeracy, planning, and implementing learning that supports numeracy. Children were also increasingly interested in learning, have good numeracy skills, and also teachers can have broader insights.

 

Keywords: Teacher, Numeracy, Training, Students


Kata Kunci


guru; numerasi; pelatihan; siswa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10.

Asfara, F., Fitri, H., Rusdi, R., & Aniswita, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Concrete–Pictorial–Abstract (Cpa) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ujungbatu Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 5567–5573.

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran Yang Menguatkan Numerasi. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Ri.

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar (Vol. 1). Ummpress.

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 8(1).

Gerakan Literasi Nasional. (2019, December 3). Hasil Pisa Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Dipetik Agustus 2021, 2021, Dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Https://Gln.Kemdikbud.Go.Id/Glnsite/Hasil-Pisa-Indonesia-2018-Akses-Makin-Meluassaatnya-Tingkatkan-Kualitas/.

Jamil, A. F., & Khusna, A. H. (2021). Pengembankan Asesmen Berorientasi Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Dan Numerasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).

Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656–5663.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

Manik, I. K. (2020). Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 133–142.

Putri, H. E. (2017). Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (Cpa), Kemampuan-Kemampuan Matematis, Dan Rancangan Pembelajarannya. Upi Sumedang Press.

Putri, H. E., Rahayu, P., Saptini, R. D., & Misnarti, M. (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan Cpa Dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 11(1).

Robert E. Reys, Mary M. Lindquist, Diana V. Lambdin, & Nancy L. Smith. (2007). Helping Children Learn Mathematics (8th Ed.). John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i10.11372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor