Optimalisasi Pusat Konseling Seksualitas Remaja Berbasis Psychoeducation dan Mind Mapping di Kampung Nelayan Elo Pukek Padang

Rini Rahmayanti, Dwi Puspitasari, Fitri Wahyuni

Sari


ABSTRAK

 

Komunitas remaja Tanah Ombak merupakan kumpulan anak dan remaja yang tinggal di wilayah kampung nelayan Elo Pukek Padang. Di taman baca telah ada pusat konseling seksualitas tetapi belum berfungsi maksimal dan belum ada metode edukasi yang menarik tentang kesehatan reproduksi remaja maka perlu dilakukan kegiatan edukasi dengan inovasi kombinasi psychoeducation dan mind mapping dengan memanfaatkan pusat konseling yang sudah terbentuk sebelumnya. Tujuan kegiatan adalah mengoptimalkan pusat konseling seksualitas remaja yang sudah dibentuk dan pemberian edukasi kesehatan seksual remaja yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja agar terhindar dari perilaku seksual beresiko pada remaja sehingga dapat melewati fase menuju dewasa dengan sehat dan berkualitas. Kegiatan dilaksanakan dengan metode sosialisasi, pelatihan dan pendampingan remaja pada bulan Juli - September 2023 dengan metode  ceramah  dan  dirangkaikan dengan  penayangan  video  edukasi. Didapatkan hasil adanya peningkatan pengetahuan remaja dan teridentifikasi remaja aktif mendengarkan dan bertanya selama kegiatan. Kesimpulan adalah pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan pada remaja dengan metode psychoeducation dan mind mapping  dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dan perilaku seksual.

 

Kata Kunci: Konseling, Seksualitas, Remaja, Psychoeducation, Mind Mapping

 

 

ABSTRACT

 

The Tanah Ombak youth community is a group of children and teenagers who live in kampung nelayan Elo Pukek Padang. At the reading park there is a sexuality counseling center but it is not yet functioning optimally and there is no interesting educational method about adolescent reproductive health, so it is necessary to carry out educational activities with innovative combinations of psychoeducation and mind mapping by utilizing the counseling center that has been previously established. The aim of the activity is to optimize the adolescent sexuality counseling center that has been established and provide adolescent sexual health education which aims to increase adolescent knowledge and awareness in order to avoid risky sexual behavior in adolescents so that they can pass the phase towards adulthood in a healthy and quality manner. Activities are carried out using the method of outreach, training and mentoring teenagers in July - September 2023 using the lecture method and combined with showing educational videos. The results showed that there was an increase in teenagers' knowledge and it was identified that teenagers actively listened and asked questions during the activity. The conclusion is that implementing training and mentoring activities for teenagers using psychoeducation and mind mapping methods can increase teenagers' knowledge about reproductive health and sexual behavior.

 

Keywords: Counselling, Sexuality, Teenager, Psychoeducation, Mind Mapping


Kata Kunci


seksualitas; remaja; psychoeducation; mind mapping

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 581-586.

Anggarawati S. (2018). Metode Psikoedukasi Dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Control Sosial Orang Tua Pada Penggunaan Gadget Anak (Skripsi). Malang; Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Anwar, Z., & Rahmah, M. (2017). Psikoedukasi tentang risiko perkawinan usia muda untuk menurunkan intensi pernikahan dini pada remaja. Psikologia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-14.

Badan Pusat Statistik. (2017). Profil Kota Padang. Profil Kota Padang, 144.

Bhakti, C. P., & Kurniawan, S. J. (2020, September). Konsep Psikoedukasi Berbasis Blended Learning bagi Remaja di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 52-60).

Dewi, N., & Riandi, R. (2016). Analisis kemampuan berpikir kompleks siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan mind mapping. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 8(1), 98-107.

Hidayah N, Ramli M, Fauzan L. (2019). Kemanjuran straktegi mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dalam pengambilan keputusan karier siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling. 3(3): 273-282

Imanda A. (2018). Pengaruh Intervensi Psikoedukasi dan Mind Mapping Terhadap Kontrol Sosial Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Anak (Skrispi). Malang; Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.Mahmudah, Yaunin Y, Lestari Y. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual remaja di kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 5(2): 448-488.

Imaduddin, M. C., & Utomo, U. H. N. (2012). Efektifitas metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII. Humanitas, 9(1), 62.

Karim, A. (2018). Efektivitas penggunaan metode mind map pada pelatihan pengembangan penguasaan materi pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).

Kusumastuti, W. (2017). Pengaruh metode psikoedukasi terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja putri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).

Lestari, S., Mustikarani, I. K., & Mardiyah, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Pengetahuan Mengenai Bahaya Merokok Pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020 (Profesi Ners XXII).

Masnuna, M., Kusuma Wardani, N. I., & Kadiasti, R. (2020). Desain Aplikasi SALIM sebagai Media Pembelajaran untuk Menanggulangi Tindakan Kenakalan Remaja. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(1), 100–114. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.3327

Muriana EA, Mardiyono, Sunarjo L. (2020). Psychoeducation dan mind mapping sebagai upaya prevenfit pernikahan dini. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.

Muriana EA, Mardiyono, Sunarjo L. (2022) Efektifitas psychoeducation dan mind mapping sebagai upaya preventif pernikahan dini di Semarang (Tesis). Semarang. Kebidanan Magister Terapan Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

Sari, R., Saleh, M. N. I., Rahman, D. N., & Aisah, A. (2020). Pemberdayaan Remaja Masjid di masa pandemi Covid-19 melalui workshop dan simulasi Konseling Sebaya. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 190. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.7789

Puspasari D, Rahayuningsih, T, Afriyeni A., Hidayat T, Susanti R., Anggreiny N. (2022). Psikoedukasi pencegahan kekerasan seksual dan bullying di sekolah. In SNPKM. 4 (1): 12-17.

Xiang, Y. T., Yang, Y., Li, W., Zhang, L., Zhang, Q., Cheung, T., & Ng, C. H. (2020). Timely mental health care for the 2019 novel coronavirus outbreak is urgently needed. The Lancet Psychiatry, 7(3), 228–229. https://doi.org/10.1016/S2215-0366(20)30046-8

Syafriwaldi S. (2019). Kerjasama penyuluh agama islam fungsional dengan aparat kelurahan dalam mengatasi penyakit masyakarakat di kelurahan Purus kecamatan Padang Barat kota Padang. Jurnal Sosial Keagamaan. 2(2):59-71.

Yuliani, M., Sutriyawan, A., Valiani, C., & Kurniawati, R. D. (2020). Pemberdayaan Remaja Dalam Optimalisasi Peningkatan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Program Pojok Remaja Dan Peer Group Di Sman I Cileunyi Kabupaten Bandung. 2(2), 30–43.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12485

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.