Literasi Dasar Melalui Numerasi dan Keuangan

Rito Goejantoro, Ika Purnamasari, Memi Nor Hayati, Meiliyani Siringoringo, Darnah Andi Nohe, Muhammad Fathurahman, Surya Prangga, Khairun Nida, Sekar Nur Utami, Dini Elizabeth

Sari


ABSTRAK

 

Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan kegiatan yang saat ini diserukan sebagai bentuk penerapan dari peraturan KEMENDIKBUD untuk menumbuhkan budi pekerti masyarakat. Numerasi dan literasi keuangan merupakan dua jenis literasi yang saling terkait. Salah satu dimensi dari literasi keuangan yaitu keterampilan menghitung. Keterampilan ini terkait pemahaman numerik, lambang bilangan dan analisa kuantitatif yang berkenaan dengan statistika dasar dalam dimensi numerasi. Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu memberikan informasi dan pengetahuan numerasi dan keuangan kepada peserta dengan cara sederhana, menyenangkan, dan mudah dipahami berdasarkan tema lingkungan sekitar. Hasil penilaian sebelum dan sesudah kegiatan, menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan dan pemahaman peserta terkait numerasi dan keuangan, yang terlihat dari kenaikan nilai rata-rata pada saat evaluasi. Untuk kegiatan literasi selanjutnya, materi yang disampaikan dapat ditingkatkan ke jenjang materi lanjutan, serta dapat mengkombinasikan antara numerasi, literasi keuangan, dan digital untuk lebih menarik.

 

Kata Kunci: GLN, KEMENDIKBUD, Literasi, Numerasi, Literasi Keuangan

 

ABSTRACT

 

The National Literacy Movement (GLN) is an activity that is currently called for as a form of application of the regulation of KEMENDIKBUD to foster community ethics. Numeracy and financial literacy are two types of literacy that are interrelated. One dimension of financial literacy is counting skills. This skill is related to numerical understanding, number symbols and quantitative analysis related to basic statistics in the numeracy dimension. This activity has the following objectives is to provide numeracy and financial information and knowledge to participants in a simple, fun, and easy-to-understand way based on the theme of the surrounding environment. The results of the assessment before and after the activity showed an increase in the abilities of participants and understanding related to numeracy and finance, which can be seen through the increase in the average scores at the time of evaluation. For further literacy activities, the material delivered can be upgraded to an advanced level of material, and can combine numeracy, financial literacy, and digital to be more attractive.

 

Keywords: GLN, KEMENDIKBUD, Literacy, Numerasi, Financial Literacy.


Kata Kunci


GLN, KEMENDIKBUD, Literasi, Numerasi, Literasi Keuangan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Dalimunthe, M. (2019). Pengelolaan Literasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan(Vol.01).http://blog.unnes.ac.id/rarassantikadewi/2017/12/02/budaya-

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. JurnalBasicedu,5(6),52495257.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Dian Patriana, W., & Dewi Wulandari, M. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 116–131. https://doi.org/10.22219/jp2sd

Ezra Putranda Setiawan. (2021). Statistical Literacy in Primary School Mathematics Curricula: Historical Review and Development. Jurnal PendidikanDanKebudayaan,6(1),120.https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1915

Fahmy, Z., Purwo Yudi Utomo, A., Edy Nugroho, Y., Tetty Maharani, A., Akhla Alfatimi, N., Izmi Liyana, N., Galih Kesuma, R., & Titi Wuryani, dan. (2021). Jurnal Sastra Indonesia Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121–126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469

Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780

Agusmanto Hutauruk, Henny I. Sitanggang, Santa Miralda Lumbantobing, Magdalena Siahaan, Mika Oktavia Purba, Sarah Yulita, & Enda Ristauli Tumanggor. (2023). Gerakan Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SD 040536 Partibi Lama. Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.56444/perigel.v2i1.618. (n.d.).

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 223–228. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889

Nomor, U.-U., Pendidikan Tinggi Lembaran Negara Republik, tentang, & Nasional Pendidikan Lembaran Negara, S. (n.d.). Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia.

Nurul Aini, D. (2018). Pengaruh Budaya Literasi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. In Biormatika Jurnal Ilmiah Fkip Universitas Subang (Vol. 4, Issue 1).

OJK- SAL SEOJK 30 - Literasi Keuangan. (2017).

Pendidikan, K., Teknologi Direktorat, D., Paud, J., Dasar, P., & Menengah, D. P. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. (2022).

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2022).

Purnomosari, E., Indrawati, I., & Pirunika, S. (2022). Penerapan Literasi pada Anak Usia 5-6 Tahun Sebagai Upaya Persiapan Masuk Ke Jenjang SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381–3390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2348

Siregar, M. R. B., Angelina, A. D., Maisarah, M., Annisa, L., Mardianto, M., & Haidir, H. (2022). Peran Literasi Baca Tulis Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Tsnawiyah Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.237

Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). (2017).

Ulfa, S., Aminullah, M. A., Angraini, R., Andini, D., & Putri, D. (2023). Upaya Peningkatan Minat Literasi Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tuntas Baca di SMP Swasta IRA Medan. Journal on Education, 5(2), 2053-2060. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.849.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. (2003).

Widyastuti, A. (2018). Analisis Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogia,21(1),31.https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.15540




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i12.12705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.