Program Pendampingan Branding Produk dengan Pelatihan Pengolahan E-Commerce Pada UMKM Jamu Temulawak di Kabupaten Banjar

Novian Adhipurna, Bio Putri Ayanti

Sari


ABSTRAK

 

UMKM mendukung program pemerintah dalam hal memajukan perekonomian masyarakat, dengan adanya UMKM masyarakat dapat lebih produktif dan mendapatkan penghasilan serta membantu perekonomian keluarga, masyarakat dan negara. UMKM dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan dalam hal pemasaran berbasis digital. Sebanyak 8 UMKM Jamu Temulawak di Kabupaten Banjar masih sangat minim pengetahuan tentang cara melakukan marketing, membangun brand image, maupun pengetahuan tentang teknologi informasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian diawali dengan kegiatan koordinasi awal dengan pihak Kabupaten Banjar, kunjungan ke beberapa UMKM kemudian dilanjutkan dengan penyusunan dan pelaksanaan program kerja. Pelaksanaan meliputi pendampingan brand image dengan pengelolaan e-commerce, dan pengolahan video pendek pada UMKM jamu temulawak. Pengabdian masyarakat yang dilakukan memberikan manfaat bagi mitra diantaranya pendampingan brand image yang diberikan membuat mitra termotivasi untuk bisa lebih berkembang dan memajukan usahanya serta mampu bersaing dengan produk sejenis lainnya.

 

Kata Kunci: UMKM, Temulawak, E-Commerce

 

 

ABSTRACT

 

UMKM support government programs in terms of advancing the community's economy, with UMKM the community can be more productive and earn income and help the economy of the family, community and country. UMKM are required to be able to keep up with developments in digital-based marketing. As many as 8 UMKM Jamu Temulawak in Banjar Regency still have very little knowledge about how to do marketing, build a brand image, or knowledge about information technology. The implementation of service activities began with initial coordination activities with Banjar Regency, visits to several UMKM, then continued with the preparation and implementation of work programs. Implementation includes brand image assistance with e-commerce management, and short video processing for ginger herbal medicine MSMEs. The community service carried out provides benefits for partners, including the brand image assistance provided, motivating partners to be able to further develop and advance their business and be able to compete with other similar products.

 

Keywords: UMKM, Curcuma, E-Commerce


Kata Kunci


UMKM; Temulawak; E-Commerce

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Andriana, A., Saputri, F.A & Ardiantoro, L. (2019). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Pembuatan Logo dan Promosi Media Online UMKM JamurKebontunggul.SNP2M,160166.http://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/article/view/427 Agustina, R.,

Dwanoko, Y.S & Supriatno, D. (2021). Pelatihan Desain Logo dan Kemasan Prosuk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Soliditas, 4(1), 69-76. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732

Daulay, Z.A.A. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Metode Triple Helix. (Studi pada UMKM Kreatif di Kota Medan. Tansiq, 1(2),169190.http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/article/view/3990

Erwansyah., Saragih, B & Purba, T.U.H. (2022). Pendampingan Pemilihan Merek, Pentingnya Merek dan Nilai yang Dihasilkan Melalui Merek Bagi Pelaku UMKM di Desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutilambaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Methabdi, 2(1), 26-31. https://doi.org/10.46880/methabdi.Vol2No1.pp26-31

Kurniawati, E., Widowati, S.Y & Santoso, A. (2021). Sosialisasi Pembuatan Merek Produk UMKM di Kelurahan Pedurungan Semarang. J-ABDIMAS, 8(1), 8-12. https://doi.org/10.33795/jabdimas.v8i1.110

Lusianingrum, F.P.W., Purbohastuti, A.W & Hidayah, A.A. (2021). Pelatihan Labeling Kemasan Produk UMKM Mitra Binaan Posyantek Al-Ikhlas. JurnalMasyarakatMandiri,5(2),624632.https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4105

Muttaqin, M., Cahyadin, M & Widiyanti, E. (2015). Pemberdayaan Usaha Jamu Jahe Instan di Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo Melalui Teknologi Pengolahan Jahe. Inotek, 19(2), 124- 138. https://dx.doi.org/10.21831/ino.v19i2.8022

Normasari., Rifiana & Fauzi, M. (2021). Analisis Pengolahan Jamu Mbahti di Balangan. Frontier Agribisnis 5(1), 133-136. https://doi.org/10.20527/frontbiz.v5i1.5960

Sukmadewi, Y.D. (2018). Kajian Legalitas dan Manajemen Merek pada UMKM Munaku Sulam Pita Semarang. Jurnal Law Reform, 14(2), 275-290. https://doi.org/10.14710/lr.v14i2.20874

Ulya, H.N & Agustin, R.P. (2022). Penguatan UMKM Melalui Pembuatan Merek Dagang dan Label pada UMKM Jajanan Camilan di Desa Joresan Mlarak Ponorogo.Amaluna,1(1),5870.https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/amaluna/article/view/1069

Wahyuni, R.E & Nurdian, Y. (2021). Pemberdayaan Usaha Mikro Minuman Jamu Beras Kencur Melalui Pasar Digital di Ranuklidungan, Pasuruan. Dikemas,5(1),3944.http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/article/view/166




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i2.12947

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.