Pelatihan Kewirausahaan Bisnis Kopi Pada Generasi Milenial dan Gen Z di Kota Palembang

Vhika Meiriasari, Emilda Emilda, Mutiara Kemala Ratu, Kgs. M. Nurkholis Kgs. M. Nurkholis

Sari


ABSTRAK

 

Beberapa tahun belakangan ini tren minum kopi semakin meningkat sehingga tak heran jika kedai kopi semakin bermunculan di mana-mana. Apalagi penikmat kopi tidaklah sedikit, baik remaja, dewasa, atau bahkan yang sudah tua sekalipun menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. Peluang inilah yang harus Anda manfaatkan saat menjalani bisnis kedai kopi kekinian.Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada generasi milenial dan gen Z. Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru sebagai dukungan menuju visi Indonesia Emas 2045. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari generasi milenial dan gen z. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan. Pelatihan yang dilakukan terdiri dari pelatihan motivasi berwirausaha dan pelatihan perencanaan bisnis. Setelah diadakannya pelatihan, dapat diketahui bahwa minat berwirausaha generasi milenial dan gen z meningkat. Hal ini dibuktikan dengan mambandingkan hasil pretest dan post-test peserta. Sebelum pretest, jumlah peserta yang berminat berwirausaha berjumlah 18 orang atau hanya 45% dari total peserta keseluruhan. Sedangkan setelah pelatihan, dari hasil post-test jumlah peserta yang berminat berwirausaha meningkat menjadi 26 orang atau 65% dari total peserta keseluruhan.

 

Kata Kunci: Kewirausahaan, Generasi Milenial, Generasi Z, Kopi

 

 

ABSTRACT

 

In recent years, the trend of drinking coffee has increased so it is not surprising that coffee shops are popping up everywhere. Moreover, there are quite a few coffee lovers, whether teenagers, adults or even old people, who make coffee their favorite drink. You must take advantage of this opportunity when running a contemporary coffee shop business.The aim of this community service activity is to foster an entrepreneurial spirit in the millennial and gen Z generations. So that they can create new jobs as support for the vision of a Golden Indonesia 2045. This service activity was attended by 40 participants from the millennial and gen z generations. The method used in this service activity is training. The training carried out consisted of entrepreneurship motivation training and business planning training. After the training was held, it can be seen that the interest in entrepreneurship among the millennial generation and Gen Z has increased. This is proven by comparing the participants' pretest and post-test results. Before the pretest, the number of participants interested in entrepreneurship was 18 people or only 45% of the total participants. Meanwhile, after the training, from the post-test results the number of participants interested in entrepreneurship increased to 26 people or 65% of the total participants.

 

Keywords: Entrepreneurship, Millennial Generation, Generation Z, Coffee


Kata Kunci


Kewirausahaan, Generasi Milenial, Generasi Z, Kopi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ansori, A. R. (2021). Asa Apbn Menggapai Indonesia Maju 2045. Binsar Hiras Publisher.

Ardiyansyah, P., Permana, D. I., Aristina, M., & Setiyawan, I. (2020). Interpretasi Relief Gandawyuha Di Candi Borobudur:(Studi Kasus Relief Gandawyuha Dinding Lorong Ii). Borobudur, 14(2), 16-41.

Ariski, Y. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Sosial (Studi Sentra Budidaya Dan Pengolahan Perikanan Air Tawar (Si Pujuk Farm)) (Bachelor's Thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).

Cnn Indonesia. (2023). Pengangguran Di Ri Tembus 7,86 Juta Orang Per Agustus2023.Https://Www.Cnnindonesia.Com/Ekonomi/20231106072120-532-1020344/Pengangguran-Di-Ri-Tembus-786-Juta-Orang-Per-Agustus-2023

Edwar, Mochamad. (2016). Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 13, No. 1, April 2016 : 90 – 98

Farida, N. E. A. (2022). Kewirausahaan. Cv Rey Media Grafika.

Febrianti, A. R. (2022). Tinjauan Aspek Dan Potensi Pajak Penghasilan Sektor Usaha Coffee Shop Di Kota Malang (Doctoral Dissertation, Politeknik Keuangan Negara Stan).

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., ... & Saputra, D. H. (2020). Kewirausahaan Dan Umkm.

Iman, A. K. N., & Ahsan, M. (2017). Peran Mandiri Entrepreneur Center (Mec) Surabaya Dalam Mencetak Wirausahawan. El-Qist: Journal Of Islamic Economics And Business (Jieb), 7(2), 1476-1494.

Irianto, S. (Ed.). (2012). Otonomi Perguruan Tinggi: Suatu Keniscayaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Meiriasari, Vhika, Mutiara Kemala Ratu, Andini Utari Putri & Siti Lady Havivi. (2022). Pelatihan Pencatatan Dan Manajemen Keuangan Keluarga Bagi Kelompok Pengajian. Jurnal Abdimas Mandiri Volume 6 No. 1 April 2022.

Sa’adah, Neneng Ulfah, Dayat Hidayat Dan Tika Santika. (2021). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Melalui Budidaya Kopi Bursel Di Bukit Senyum Desa Cipada Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 6, No.1, Januari 2021, Hlm. 118 – 125

Sumarsono, T. G., Supardi, H., & Mm, S. (2021). Kewirausahaan Teori & Praktik. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).

Suryana. (2006). Kewirausahaan, Pedoman Praktis : Kiat Dan Proses Menuju Sukses

Sutawidjaya, A. H., & Susanto, T. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Barista Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbuck (Rest Area Km. 19).

Triyatna, Stefanus Osa. (2022). Wirausaha Harus Mampu Ciptakan Lapangan KerjaBaru.Https://Www.Kompas.Id/Baca/Ekonomi/2022/08/09/Wirausaha-Harus-Mampu-Menyejahterakan-Masyarakat

Umi, U. C. (2021). Implementasi Social Entrepreneurship Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Pada Pt. Rumah Mocaf Indonesia) (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).

Widodo, I. H. D. S. (2020). Membangun Startup Entrepreneur Yang Unggul. Penebar Media Pustaka.

Wijaya, Andi Dan Nellia. (2022). Pelatihan Membuat Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Pada Karyawan Pt Mandiri Pratama Ruslim Di Tangerang. Seri Seminar Nasional Ke-Iv Universitas Tarumanagara Tahun 2022 Pemberdayaan Dan Perlindungan Konsumen Di Era Ekonomi Digital. Jakarta, 20 April 2022




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i2.13070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.