Training of Trainer Mahasiswa Universitas Ciputra pada siswa SMA Happy Family School dan Santa Maria dengan Tools Business Model Canvas

Lexi Pranata Budidharmanto, Yopy Junianto, Agoes Tinus Lis Indrianto, Kezia Victory Purwadi, Ellen Lawrencia Yahya

Sari


ABSTRAK

 

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023 menyebutkan bahwa 12% pengangguran di Indonesia saat ini sebagian besar didominasi oleh lulusan sarjana dan diploma sebanyak 958.800 orang. Menghadapi fenomena ini, peran dari perguruan tinggi sangat penting untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan sesuai dengan bidang peminatan masing-masing jurusan. Universitas Ciputra sebagai salah satu institusi pendidikan yang bekerja sama dengan SMA Happy Family School dan SMA Santa Maria Surabaya mendukung adanya penerapan pembelajaran Training of Trainer di lingkungan sekolah. Metode pembelajaran yang digunakan pada pelatihan literasi keuangan ini adalah pendampingan yang menitikberatkan pada proses training yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk kemudian diaplikasikan dalam bentuk pengajaran kepada siswa. Metode penelitian dilakukan melalui uji coba terbatas dengan mengadaptasi model penelitian tindakan kelas. Sementara data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengambilan data peningkatan kemampuan mahasiswa diukur melalui before dan after test dalam 3 indikator dengan 16 items. Pengolahan data dengan software SPSS untuk mengetahui Uji Hipotesis Komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat peningkatan kemampuan dalam mahasiswa dengan hasil nilai before diperoleh rata-rata sebesar 3.98, sedangkan nilai after diperoleh rata-rata sebesar 3.93. Penurunan hasil menjelaskan bahwa faktor-faktor ketidakberhasilan training of trainer adalah pemahaman materi trainer yang kurang memadai dan penyampaian materi tidak dilakukan secara langsung.

 

Kata Kunci: Keuangan, Business, Model, Canvas, Training of Trainer

 

 

ABSTRACT

 

Data from the Central Statistics Agency (BPS) in 2023 states that 12% of unemployment in Indonesia is currently dominated by undergraduate and diploma graduates, totalling 958,800 people. Facing this phenomenon, the role of higher education is very important to prepare a skilled workforce and in accordance with the specialisation of each department. Ciputra University as one of the educational institutions that collaborates with Happy Family School and Santa Maria Surabaya High School supports the implementation of Training of Trainer learning in the school environment. The learning method used in this financial literacy training is mentoring which focuses on the training process carried out by students and then applied in the form of teaching to students. The research method was conducted through a limited trial by adapting the classroom action research model. While the data used is quantitative data. Data collection on the improvement of student abilities is measured through before and after tests in 3 indicators and 16 items. Data processing with SPSS software to determine the Comparative Hypothesis test. The results showed that there was no improvement in the ability of students with the results of the Before value obtained an average of 3.98, while the After value obtained an average of 3.93. The decrease in results explains that the factors of the unsuccessful training of trainers are the inadequate understanding of the trainer's material and the delivery of the material is not done directly.

 

Keywords: Finance, Business, Model, Canvas, Training of Trainer


Kata Kunci


Keuangan, Business, Model, Canvas, Training of Trainer

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Andriyani, S. S., Budidharmanto, L. P., & Junianto, Y. (2022). Effects Of Financial Literacy And Financial Management Teaching On Financial Behavior (Student Study Of Hotel & Tourism Business Study Program). Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 20(2), 139–148.

Aprita, S. (2021). Peranan Peer To Peer Lending Dalam Menyalurkan Pendanaan Pada Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 16, 37–61. Https://Doi.Org/10.33059/Jhsk.V16i1.3407

Atmaja, Y. S., & Paulus, D. H. (2022). Partisipasi Bank Indonesia Dalam Pengaturan Digitalisasi Sistem Pembayaran Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 51(3), 271–286.

Board, F. S. (2020). Financial Stability Board. Financial Stability Board.

Budidharmanto, L. P., Soelistyo, E. E., & Andriyani, S. S. (2022). Modul Buku Ajar Business Plan For Hospitality. Penerbit Universitas Ciputra.

Fahmayani, E. N. (2021). Pelaksanaan Link And Match 8+ I Di Smk Pusat Keunggulan Smkn 1 Dlingo. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Firdhausa, F., & Apriani, R. (2021). Pengaruh Platform Media Sosial Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. Supremasi Hukum, 17(02), 96–103.

Hendarsih. (2021). Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (Bmc) Pada Jasa Zigzag Lazerwork Semarang Jawa Tengan.

Ilham Moch. (2023, May 30). Hampir 1 Juta Sarjana Indonesia, Nganggur. Surabayapagi.Com.

Junianto, Y., Kohardinata, C., & Silaswara, D. (2020). Financial Literacy Effect And Fintech In Investment Decision Making. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(3), 150–168.

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(02), 137–154.

Kurniawan, F. B., Hongdiyanto, C., Gunawan, L., Ongkowijoyo, G., & Pendidikan, P. (2022). Business Model Canvas Bagi Siswa-Siswi Sekolah Merlion. In Surabaya / Leecom (Vol. 4, Issue 1).

Larasati, A., Maren, R., & Wulandari, R. (2021). Utilizing Elbow Method For Text Clustering Optimization In Analyzing Social Media Marketing Content Of Indonesian E-Commerce. Jurnal Teknik Industri, 23(2), 111–120.

M. Ubaidillah. (2023). Menaker: 12% Pengangguran Di Indonesia Didominasi Sarjana Dan Diploma. Swa Online.

Nugraha Muh Irfan Nugraha, T. R. H. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 1(2).

Nurdyastuti, T., Penawan, A., & Pahlawi, L. A. I. (2018a). Training Of Trainer (Pelatihan Untuk Pelatih) Bagi Kader Pemberdayaan Ekonomi Desa (Kped). Wasana Nyata, 2(2), 125–129.

Nurdyastuti, T., Penawan, A., & Pahlawi, L. A. I. (2018b). Training Of Trainer (Pelatihan Untuk Pelatih) Bagi Kader Pemberdayaan Ekonomi Desa (Kped). Wasana Nyata, 2(2), 125–129.

Purbowati, D. (2022). Metode Dan Teknik Pembelajaran.

Ramli Rully R. Ramli, D. E. D. (2023). Agustus 2023, Jumlah Pengangguran Di Indonesia Turun Jadi 7,86 Juta Orang. Money.Kompas.Com.

Setiawan, M. A., & Pramudita, S. (2023). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Plasindo Lestari. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3).

Siregar, Y. B. (2020). Magang (Internship) Langkah Awal Menuju Sekretaris Profesional. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 5(2).

Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (Manova), 4(2), 51–61.

Sukirno, S. (2000). Makroekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran Dari Klasik Hingga Keynesian Baru.

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35–56.

Wahyuli, Y. H., Sari, D. N. F., & Haryani, D. (2022). Pelatihan Training Of Trainer (Tot) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1652–1658.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i2.13169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.