Penerapan Psikoedukasi dalam Penanganan Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MAN I Bekasi

Lina Marlina, Iin Ira Kartika, Rizky Fitri Andini, Sulistiawati Sulistiawati, Samsiah Nur Hasanah

Sari


ABSTRAK

 

Stres akademik dapat menimbulkan dampak pada pikiran, perilaku dan emosi. Dampak pada pikiran akan menyebabkan sulit berkonsentrasi, ketegangan yang berkembang dapat menimbukan stres dan dapat mengacaukan pikiran saat melakukan aktivitas Dari laporan beberapa siswa pada guru BK ada beberapa siswa yang mengalami masalah dalam akademik karena merasa terlalu banyak tugas yang harus diselesaikan.Untuk mengantisipasi terjadinya stress akademik tersebut diperlukan solusi yang tepat sehingga siswa dapat menjalankan proses belajar mengajar dengan baik dan siap untuk menghadapi Ujian Nasional tahun 2024 mendatang dengan kesiapan mental yang baik.Tujuan: untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang penanganan stress akademik melalui psikoedukasi. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan pada 26 April  2024, yang dilaksanakan di  MAN I Kab. Bekasi. Kegiatan diikuti oleh 30 siswa kls XI yang merupakan perwakilan kelas dan 1 orang guru. Kegiatan dimulai dengan mengadakan pretes dilanjutkan dengan pemberian materi tentang stress akademik dan cara penanganannya. Hasil: adanya peningkatan pengetahuan tentang konsep stress akademik dan cara penanganannya. Siswa merasa materi psiko edukasi sangat membantu untuk mengatasi masalah akademik yang mereka hadapi, adanya peningkatan jam tidur yaitu 7 jam sebanyak 44% responden dan peningakatan kualitas tidur sebanyak 72%. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema psikoedukasi dapat dilaksanakan secara kontinyu kepada siswa MAN I Bekasi untuk kelas XII yang resiko untuk mengalami stress akademik lebih besar lagi karena akan menghadapi ujian nasional

 

Kata Kunci: Psikoedukasi, Remaja, Stress Akademik

 

 

ABSTRACT

 

Academic stress can have an impact on thoughts, behavior and emotions. The impact on the mind will cause difficulty concentrating, the tension that develops can cause stress and can confuse the mind when carrying out activities. From reports from several students to the guidance and counseling teacher, there are several students who experience problems academically because they feel there are too many assignments that must be completed. To anticipate the occurrence of academic stress The right solution is needed so that students can carry out the teaching and learning process well and be ready to face the upcoming 2024 National Examination with good mental readiness. This activity aims to increase students' knowledge about handling academic stress through psychoeducation. This community service activity will be carried out on April 26 2024, at MAN I Kab. Bekasi. The activity was attended by 30 class XI students who were class representatives and 1 teacher. The activity began by holding a pre-test followed by providing material about academic stress and how to handle it. The result of the activity is an increase in knowledge about the concept of academic stress and how to handle it. Students felt that psycho-educational material was very helpful in overcoming the academic problems they faced, there was an increase in hours of sleep, namely 7 hours, by 44% of respondents and an increase in sleep quality by 72%. Community service activities with a psychoeducational theme can be carried out continuously for MAN I Bekasi students for class XII who are at risk of experiencing greater academic stress because they will be facing national exams.

 

Keywords: Psychoeducation, Teenagers, Academic Stress


Kata Kunci


psikoedukasi; remaja; stress akademik

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ade, A. H. (2019). Stres Akademik Siswa SMA Dan Implikasiya Dalam Bimbingan dan Konseling. Skripsi, Padang:, Universitas Negeri Padang.

Armand, M. A., Biassoni, F., & Corrias, A. (2021). Sleep, Well-Being and Academic Performance: A Study in a Singapore Residential College. Frontiers in Psychology, 12(May), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.672238

Aryani, F. (2016). Stres belajar suatu pendekatan dan intervensi konseling. http://eprints.unm.ac.id/2478/1/Buku - Stres Belajar.pdf

Fahrizqi, E. B., Agus, R. M., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2021). The Learning Motivation and Physical Fitness of University Students During the Implementation of the New Normal Covid-19 Pandemic. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1184

Fu, Liang, R. (2022). Perceived academic stress and depressive symptoms among Chinese adolescents: A moderated mediation analysis of overweight status. Journal Affective Disorder, 296(1 januari 2022), 224–232. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0165032721010193

Gainau Maryam. (2021). Perkembangan Remaja & Problematinya. PT Kanisius.

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat Kecemasan Seseorang Terhadap Pemberlakuan New Normal Dan Pengetahuan Terhadap Imunitas Tubuh. Sport Science and Education Journal, 1(2), 18–27. https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.718

Gumantan, A., Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Learning During the Covid-19 Pandemic: Analysis of E-Learning on Sports Education Students. Journal Sport Area, 6(1), 66–75. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5397

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Itsna Hasni, N., Supriatun, E., & Artauli Lumban Toruan, S. (2023). Pelatihan Manajemen Stress Pada Remaja Dalam Menghadapi Permasalahan Akademik Di Sman 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (NADIMAS), 2(1), 49–60. https://doi.org/10.31884/nadimas.v2i1.21

JAFAR, E. S., & NR, R. W. (2023). Efektivitas Psikoedukasi Online Untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental. HEALTHY : Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.51878/healthy.v2i1.1963

Lukman Hakim, A., Barokatul Fajri, M., & Nur Faizah, E. (2022). Evaluation Of Implementation Of MBKM: Does Academic Stress Affect On Student Learning Outcomes? International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 3(1), 1–16. https://ijersc.org

Mahyiyuddin, A. A., Ahmad, A. T., Rasyid, N., Agussalim, A. A., Nur, H., Zainuddin, N., & Arsi, N. M. (2023). Pelatihan Psikoedukasi untuk Menurunkan Stres Akademik pada Siswa SMP 33 Makassar. Jurnal Kebajikan, 01(03), 94–100.

Mardiati, I., Hidayatullah, F., & Aminoto, C. (2018). Faktor eksternal tingkat stres mahasiswa keperawatan dalam adaptasi proses pembelajaran. The 7thUniversity Research Colloqium 2018, 172–181.

Maulidya, N., Piara, M., Hadjar, N., & Ansar, W. (2022). Upaya Peningkatan Coping Stress terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru. E-Jurnal IAIN Sorong, 14(1), 146–163.

Novi Yanti Pratiwi, Nurul Islamiyah, Sonia Azzuric Abshar, Wahyuni Abdul Hafid, & Nurul Fikriyah. (2023). Efektivitas Psikoedukasi Coping Stress Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gowa. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 539–544. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.1847

Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of Physical Education, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.964

Safira, L., & Hartati, M. T. S. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa SMA Negeri Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 125–136. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7909

Suparjiman, Iis Dewi Fitriani, Ahmad Faqih Zainie, Denissa Nur Rohmah, Muhamad Fikri Adiansyah, Ananda Nur Safitri, Anisa Tri Ananda, Aulia Indah Rengganies, Syafira Agustine, Hielda Amini, Ahmad Nur Alif, & Ichwan Bahtiar. (2024). Psikoedukasi cara mengelola stres pada siswa kelas 12 di Desa Sindangpanon Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 385–390. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.807

Tasalim & Cahyani, 2021. (2021). Stress akademik dan penangannya. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=SqpMEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i9.15788

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.