Penguatan Kapasitas Kader dalam Pemantapan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Aplikasi Sayang Anak
Sari
ABSTRAK
Peran kader Posyandu menjadi krusial karena tidak hanya sebagai penyedia layanan kesehatan primer, tetapi juga sebagai agen perubahan dalam menyampaikan informasi dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat lokal. Peran kader sangat penting dalam mendukung tujuan ini dengan memberikan informasi, pendidikan serta layanan yang berkaitan dengan pertumbuhan, perkembangan dan aplikasi sayang anak. Peningkatan kapasitas kader di Posyandu, terutama terkait dengan pengetahuan tentang pertumbuhan, perkembangan, dan aplikasi sayang anak, menjadi hal yang sangat penting untuk menjamin pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan tentang pertumbuhan, perkembangan anak dan aplikasi sayang anak bagi kader posyandu balita Anggur 1 RW Ngesrep Banyumanik Semarang yang dapat bermuara pada peningkatan layanan kesehatan anak ditingkat wilayah serta menurunnya angka pesakitan anak. Metode kegiatan PKM dilakukan melalui penyuluhan dan pendampingan tentang pertumbuhan, perkembangan anak dan aplikasi anak. Hasil kegiatan PKM menyimpulkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu balita tentang perkembangan dan pertumbuhan anak serta aplikasi sayang anak yang terlihat dari rata-rata hasil evaluasi pre dan post test kader posyandu. Simpulan kegiatan PKM dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan hasil yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilakukan menyatakan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu balita tentang perkembangan,pertumbuhan anak dan aplikasi sayang anak. Update pengetahuan dan ketrampilan secara berkala perlu untuk diberikan kepada kader posyandu balita sebagai upaya untuk meningkatkan layanan kesehatan posyandu dan meminimalkan angka kesakita balita
Kata Kunci: Kapasitas Kader, Pertumbuhan Perkembangan Anak, Aplikasi Sayang Anak
ABSTRACT
The role of Posyandu cadres is crucial not only as primary health care providers, but also as agents of change in delivering health information and education to local communities. The role of cadres is critical in supporting this goal by providing information, education and services related to children's growth, development and application of Sayang Anak. Capacity building of cadres in Posyandu, especially related to knowledge about growth, development, and application of Sayang Anak, is very important to ensure quality and sustainable health services. The purpose of this PKM activity is to increase knowledge and skills about growth, child development and application of Sayang Anak for toddler posyandu cadres Anggur 1 RW Ngesrep Banyumanik Semarang which can lead to improved child health services at the regional level and reduce the number of child morbidity. The PKM activity method is carried out through counseling and mentoring on growth, child development and applications of Sayang Anak. The results of PKM activities concluded that there was an increase in the knowledge and skills of toddler posyandu cadres about child development and growth and the application of Sayang Anak as seen from the average pre and post test evaluation results of posyandu cadres. Conclusion PKM activities can be carried out in accordance with the objectives and expected results. This is evidenced by the results of the evaluation conducted, which stated that there was an increase in the knowledge and skills of posyandu toddler cadres about child development, growth and application of Sayahg Anak. Regular updates of knowledge and skills need to be given to posyandu cadres under five as an effort to improve posyandu health services and minimize the number of children under five.
Keywords: Cadre Capacity, Child Development Growth, Application of Sayang Anak
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ariyani, F. (2019). Pengabdian Masyarakat: Teori, Konsep, Dan Implementasi. Umm Press.
Brown, C. (2021). Family Nutrition And Mental Health In Toddlers: Implications For Emotional Development. Journal Of Family Psychology, 28(4).
Doe, D. J. (2023). Community Engagement In Child Health.
Harsono. (2023a). Intensifikasi Pengetahuan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Berbasis Game Edukasi Bagi Kader Posyandu Balita. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada, 6(5), 1894–1904. Https://Ejurnalmalahayati.Ac.Id/Index.Php/Kreativitas/Article/View/9544
Harsono, D. (2023b). Optimalisasi Pengetahuan Kesehatan Ibu Anak Dan Aplikasi Sayang Bunda. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2).
Haryanti, F. (2021). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Dalam Pelayanan Kesehatan Anak Dan Ibu. Pt Remaja Rosdakarya.
Haryanto, J., & S. (2021). Evaluasi Program Pengabdian Masyarakat: Langkah Praktis Dalam Penelitian Tindakan. Gava Media.
Johnson, A. (2023). Nutritional And Environmental Factors Influencing Toddler Growth: A Review. Journal Of Child Nutrition & Development, 10(2).
Martinez, E. (2024). Holistic Approach To Toddler Nutrition Management: Strategies For Parents. Early Childhood Nutrition & Development, 12(1).
Muhammad Fathu Ridho, Cicilia Oktodensa, M. D. A. H. (2021). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Melalui Pelatihan Antropometri Di Kelurahan Balai Gadang. Urnal Abdimas Kedokteran Dan Kesehatan, 2(1).
Norif Didik Nur Imanah. (2021). Peran Serta Kader Dalam Kegiatan Posyandu Balita Dengan Jumlah Kunjungan Balita Pada Era New Normal. Jurnal Kebidanan Indonesia, 12(1), 95–105.
Pratama, B. (2023). Implementation And Impact Of “Sayang Anak” Application In Semarang City Health Office. Journal Of Public Health Innovations, 9(1).
Rahayu, M. (2020). Evaluation Of “Sayang Anak” Application: Parental Satisfaction And Impact On Child Health. Indonesian Journal Of Child Health, 25(4).
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sari Wulandari, Putri Syahida, A. G. (2019). 19. Posyandu Cadres As Agents Of Change: Promoting Health Education In Indonesian Communitie. Journal Of Health Education Research & Development.
Setyorini, F., Cahyono, B., & Wulandari, A. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Kader Posyandu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Anak Di Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(1).
Smith, B. (2022). Nutrition And Cognitive Development In Toddlers: The Role Of Micronutrients. Child Development Perspectives, 16(3).
Smith, J. (2021). Community Partnership Programs: Strategies For Success.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suprapti, A., Prabandari, Y. S., Kurniati, A., & Sawitri, A. A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu Tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita Di Posyandu Wilayah Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(2).
Suryadi, A. (2023). Enhancing Community Leader Capacity: A Holistic Approach. Journal Of Community Development, 45(2).
Utami, N. P., Isni, K., & Rohmadheny, P. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Kader Posyandu Dalam Memantau Pertumbuhan Anak Balita Pada Masa Pandemi Covid 19. Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(Special-1), 140–147. Https://Doi.Org/10.33084/Pengabdianmu.V7ispecial-1.2358
Widianto, B. (2022). Continuous Training And Capacity Building For Effective Community Leaders. International Journal Of Leadership Studies, 8(1), 45–58.
Wijaya, S. (2022). The Role Of “Sayang Anak” Application In Health Education.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i10.16139
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.