Bimbingan Karir untuk Menentukan Masa Depan pada Siswa/Siswi Kelas IX SMPN 3 Jatinangor

Iceu Amira, Hendrawati Hendrawati, Udin Rosidin

Sari


ABSTRAK

 

Pendahuluan : Masa depan adalah suatu hal yang harus dipikirkan secara  tepat, karena banyak siswa-siswi yang masih belum memahami tentang karir yang akan dipilih nanti kedepannya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya minat  terhadap suatu karir, minat orang tua dan kondisi sosial masyarakat, tingkat ekonomi  keluarga, dan lainnya. Sehingga pemilihan karir ini bagi para siswa- siswi SMP tidaklah mudah. Sebelum memilih karir, perlu dipikirkan terlebih dahulu jenjang pendidikan yang akan diambil selanjutnya apakah melanjutkan ke tingkat SMA atau SMK supaya bisa sejalan dengan karir yang akan kita ambil. Usulannya penyelesaian   sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045 yaitu pendidikan ini merupakan salah satu kunci penting untuk adaptasi dan transformasi dalam mempersiapkan visi Indonesia  Emas 2045. Tujuan PKM: kami mengambil tema dan judul ini adalah untuk  sosialisasi kepada siswa-siswi tentang pentingnya bimbingan karir di lingkungan sekolah. Metode: Kegiatan ini menggunakan metode edukasi kepada siswa/ siswi, seta melakukan Teach- back Method yaitu evaluasi yang melibatkan peserta didik untuk menjelaskan kembali konsep- konsep yang telah diajarkan. Hasil: Respon peserta antusias dan aktif bertanya Ketika diberikan materi tentang bimbingan karir. Seluruh peserta aktif dalam kegiatan mulai dari pembukaan, pemaparan dan evaluasi, pre-test, post-test, pemberian penghargaan, hingga penutupan dan dokumentasi. Kesimpulan: Setelah dilakukan edukasi tentang pentingnya pemilihan karir bagi siswa ada   peningkatan dari hasil pre dan postest.

 

Kata Kunci: Bimbingan, Karir, Siswa

 

 

ABSTRACT

 

Introduction: The future is something that must be thought about appropriately, because many students still do not understand the career they will choose in the future, this is caused by several factors including interest in a career, parents' interest and the social conditions of society, family economic level, and others. So choosing this career for junior high school students is not easy. Before choosing a career, you need to think first about the level of education you will take and whether to continue to high school or vocational school level so that it can be in line with the career you will take. The proposed solution is in accordance with the vision of Golden Indonesia 2045, namely that education is one of the important keys for adaptation and transformation in preparing the vision of Golden Indonesia 2045. The purpose of PKM: we took this theme and title to socialize students about the importance of career guidance in the school environment. . Method: This activity uses an educational method for students, as well as carrying out a Teach-back Method, namely an evaluation that involves students to explain again the concepts that have been taught. Results: Participants responded enthusiastically and actively asked questions when given material about career guidance. All participants were active in activities starting from opening, presentation and evaluation, pretest, posttest, awarding, to closing and documentation. Conclusion: After providing education about the importance of career choice for students, there was an increase in pre and post-test results.

 

Keywords: Career, Guidance, Student


Kata Kunci


Bimbingan; karir; siswa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abivian, M., Budiamin, A., & Agustin, M. (2017). Program bimbingan karir untuk mengembangkan kemampuan membuat pilihan karir peserta didik. utile: Jurnal Kependidikan, 3(1), 9-17.

Astuti, N. D. S. (2015). Layanan bimbingan karir berbasis life skill untuk meningkatkan kemampuan merencanakan karir. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(2).

Ali, A. R., & Wiyono, B.D. (2018). Pengembangan modul pemilihan karir untuk siswa kelas IX SMPN 3 Babat Lamongan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya)

Arjanggi, R. (2017). Identifikasi Permasalahan Pengambilan Keputusan Karir Remaja. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 22(2), 28–35.

Defriyanto, Neti, P. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 207-218.

Gapui, T. F. (2019). Bimbingan Dan Konseling Karier Di SMPhttps://www.academia.edu/43095564/Bimbingan_Dan_Konseling_Karier_Di_SMP

Ghassani, M. (2020). Meningkatkan kematangan karir siswa smp melalui pelatihan perencanaan karir. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 12(2), 123-138.

Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan bimbingan karir dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Latifatma, N., Ananda, K., Tanjung, E. P. P., Thohir, U. F., Sonia, A., Siregar, D. A., ... & Handayani, F. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menenga Pertama (SMP). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 44-54.

Manulang, A. (2023). Layayan Bimbingan Karier Untuk SISWA SMP https://smpn182-jakarta.sch.id/layanan-bimbingan-karier-untuk-siswa-smp/

Masfiah. (2020). Masifah, S., Hendriana, H., Suherman, M. M., (2020) Layanan Bimbingan Karir untuk Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(4), 151- 157.

Muslima. (2019). Penerapan Bimbingan Karier terhadap Minat Siswa Sekolah Lanjutan. Jurnal At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 72-80.

Martinus Valdino Wonda Sando, dkk ( 2024). Bimbingan Karier bagi Pelajar SMA Negeri 1 Bajawa Kabupaten Ngada, volume 7 no 1

Nur El Fajri, dkk (2024). Memaksimalkan Potensi Diri Dengan Perencanaan Karir Untuk Masa Depan. Jurnal Pengabdian Cendikia Volume 3, Nomor 6, September 2024, Halaman 268-274

Pambudi, P. R., Muslihati, M., & Lasan, B. B. (2019). Strategi untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di Era Revolusi Industri 4.0.Jurnal Konseling Indonesia. 5(1), 28-33.

Prayoga, Y., Asrori, M., & Wicaksono, L. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Karir Pada Peserta Didik Kelas IX SMP NEGERI 12 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(4).

Rajasa, P. G. A. (2022). Pengembangan Modul Pengenalan Karir untuk Siswa MTs. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 12(1), 37-53.

Rohmah, K., & Falah, N. (2016). layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa sma negeri 1 depok sleman di yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(1), 41-58.

Rohmawati, N. (2019). Kemandirian Siswa dalam Merencanakan Karir Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir. Indonesian Juornal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 67-73

Rahmi, A., & Asnah, M. B. (2023). Analisis Urgensi Pengembangan Modul Bimbingan Karir dalam Membantu Perencanaan Pendidikan Lanjutan Siswa SMP. Journal on Education, 5(3), 9307-9321.

Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41-53.

Usman. (2020). Hubungan Layanan Bimbingan Karir Dengan Kesiapan Siswa Menghadapi Dunia Kerja Modern. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 12-19.

Widiyanti Trihana, Makin. 2019. Layanan Bimbingan Karir Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G- COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No. 2.

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i1.17796

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.