Optimalisasi Penerapan Media Game Online Camat pada Program Edukasi BHD untuk Desa Wisata Aman dan Sehat di Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas
Sari
ABSTRAK
Dalam proses pengembangan kawasan pariwisata, pengembang tidak hanya dituntut untuk menyiapkan fasilitas pariwisata, namun sumber daya manusianya harus didukung dengan pengetahuan pengelolaan objek wisata khususnya penanganan awal pada kasus kegawatdaruratan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan dengan berupa pembelajaran dengan penerapan media game online CAMAT pada program Edukasi BHD. Hasil pelaksanaan kegiatan didapatkan data terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat setelah melakukan pembelajaran dengan game online CAMAT pada program Edukasi BHD. Peningkatan pengetahuan ini diharapkan dapat membuat masyarakat lebih siap untuk menyambut dinamika desa wisata yang ramai pengunjung dengan segala resiko kegawatdaruratan yang mungkin bisa terjadi.
Kata Kunci: Game online CAMAT, Kegawatdaruratan, Desa Wisata
ABSTRACT
In the process of developing tourism areas, developers are not only required to prepare tourism facilities, but their human resources must be supported by knowledge of tourism object management, especially initial handling in emergency cases. The implementation of community service has been carried out in the form of learning with the application of CAMAT online game media in the BHD Education programme. The results of the implementation of activities obtained data on the increase in community knowledge after learning with the CAMAT online game in the BHD Education programme. This increase in knowledge is expected to make the community better prepared to welcome the dynamics of a crowded tourist village with all the risks of emergencies that might occur.
Keywords: CAMAT online game, Emergency, Tourism Village
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Abadi, R. G. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Game Fun With Physic Berbasis Android. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Aha. (2016). Basic Life Support (Bls) Provider Manual. Amer Heart Assoc.
Boctor, L. (2013). Active-Learning Strategies: The Use Of A Game To Reinforce Learning In Nursing Education. A Case Study. Nurse Education In Practice, 13(2), 96–100.
Chen, C.-H., Liu, J.-H., & Shou, W.-C. (2018). How Competition In A Game-Based Science Learning Environment Influences Students’ Learning Achievement, Flow Experience, And Learning Behavioral Patterns. Journal Of Educational Technology & Society, 21(2), 164–176.
Faradisi, F., Aktifah, N., & Kartikasari, D. (2021). Pelatihan Kegawatdaruratan Akibat Tenggelam (Henti Nafas Henti Jantung) Pada Pedagang Makanan Di Bibir Pantai Joko Tingkir Petarukan Pemalang. Jurnal Batikmu, 1(1), 5–9.
Ghoman, S. K., Patel, S. D., Cutumisu, M., Von Hauff, P., Jeffery, T., Brown, M. R. G., & Schmölzer, G. M. (2020). Serious Games, A Game Changer In Teaching Neonatal Resuscitation? A Review. Archives Of Disease In Childhood-Fetal And Neonatal Edition, 105(1), 98–107.
Habdiansyah, P., Lovadi, I., & Linda, R. (2015). Profil Vegetasi Mangrove Desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Jurnal Protobiont, 4(2).
Hatmalyakin, D., Akbar, A., Arisandi, D., Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Nurpratiwi, N., Amaludin, M., & Priyatnanto, H. (2023). Edukasi Penolong Pertama Pada Kasus Trauma. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 242–251.
Hatmalyakin, D., Hidayat, U. R., Akbar, A., Alfikrie, F., Arisandi, D., Nurpratiwi, N., & Amaludin, M. (2024). Efektivitas Media Visual Leaflet Mnemonic Sambas Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas. Malahayati Nursing Journal, 6(11), 4437–4445.
Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Hatmalyakin, D., Akbar, A., Nupratiwi, N., & Amaludin, M. (2022). Efektifitas Pelatihan Pertolongan Pertama Henti Jantung Dengan Model Selamat Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Kota Pontianak. Malahayati Nursing Journal, 4(10), 2600–2610.
Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Hatmalyakin, D., Arisandi, D., Akbar, A., Nurpratiwi, N., Amaludin, M., Iswara, R., Safitri, D., & Anjarwadi, I. A. (2024). Efektifitas Game Online “Camat (Cepat Tepat Selamat)” Tentang Bantuan Hidup Dasar Oleh Penolong Awam Dengan Konsep Selamat Terhadap Pengetahuan Masyarakat Kota Pontianak. Mahesa: Malahayati Health Student Journal, 4(9), 3648–3658.
Hidayat, U. R., Hatmalyakin, D., Alfikrie, F., Akbar, A., & Amaludin, M. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Berbasis Model Selamat Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Penanganan Henti Jantung Di Luar Rumah Sakit. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 10(2), 166–174.
Hidayat, U. R., Nurpratiwi, Hatmalyakin, D., Alfikrie, F., Akbar, A., Amaludin, M., & Tumundo, V. K. (2022). Program Desa Wisata Aman Dan Sehat: Edukasi Penolong Pertama Wisata Pulau. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 261–266.
Ngurah, G. (2019). Pengaruh Pelatihan Resusitasi Jantung Paru Terhadap Kesiapan Sekaa Teruna Teruni Dalam Memberikan Pertolongan Pada Kasus Kegawatdaruratan Henti Jantung. Jurnal Gema Keperawatan, 12(1).
Oo, A. M., & Vallabhajosyula, R. (2023). Perceived Effectiveness Of An Innovative Mobile‐Based Serious Game On The Improvement Of Soft Skills In Minimally Invasive Surgical Training. Asian Journal Of Endoscopic Surgery, 16(1), 41–49.
Rahim, F. (2016). Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Di Indonesia Berbasis Android. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Syafrizal, A., Andika, R., & Panggabean, A. P. (2018). Perancangan Game Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Html 5 Berbasis Multimedia Interaktif. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 7–12.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i3.18020
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.