Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, Implementasi Perbaikan K3 Di SMK Atisa Dipamkara
Sari
ABSTRAK
Sekolah merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dengan berbagai aktivitas yang bisa menimbulkan bahaya bagi keselamatan dan kesehatan penghuninya. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di sekolah masih sering diabaikan karena kurangnya pemahaman dan minimnya kebijakan yang mengatur keselamatan secara menyeluruh. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta, khususnya guru dan siswa SMK Atisa Dipamkara, dalam mengenali potensi bahaya, menilai tingkat risiko, serta merancang perbaikan sederhana terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan sekolah melalui seminar dan workshop interaktif yang aplikatif. Dalam Penelitian ini digunakan metode deskriptif, mencakup analisis kualitatif dari catatan observasi, hasil diskusi, dan wawancara, serta analisis risiko berdasarkan skor tingkat bahaya yang meliputi frekuensi, kemungkinan dan dampak bahaya, menilai risiko, serta melakukan perbaikan. Selain itu, dilakukan inspeksi langsung di berbagai area sekolah menggunakan checklist untuk mencatat kondisi berbahaya. Kegiatan ini menunjukan bahwa di SMK Atisa Dipamkara ditemukan 35 kondisi berbahaya yang berisiko terhadap keselamatan dan kesehatan, seperti penyimpanan bahan kimiaa yang tidak aman, kabel listrik yang berantakan, ventilasi yang buruk, serta kurangnya pemeliharaan alat pemadam kebakaran. Tingkat risiko di beberapa area bervariasi dari sedang hinggga sangat tinggi dan perlu dilkukan perbaikan segera, seperti perbaikan infrastruktur, pelatihan K3 serta inspeksi rutin. Sekolah belum menerapkan K3 dengan baik karena kurangnya pemahaman dan minimnya tindakan pencegahan. Maka, perlu ada peningkatan kesadaran melalui sosialisasi, inspeksi rutin serta kebijakan yang lebiih ketat agar lingkungan sekolah lebih aman dan nyaman bagi semua yang beraktivitas di dalamnya.
Kata Kunci: Inspeksi Mitigasi, Risiko, K3, Sekolah
ABSTRACT
Schools are a gathering place for many people with various activities that can pose a danger to the safety and health of their residents. The implementation of Occupational Safety and Health (K3) in schools is still often ignored due to a lack of understanding and lack of policies that regulate safety as a whole. This activity aims to improve the understanding and skills of participants, especially teachers and students of SMK Atisa Dipamkara, in recognizing potential hazards, assessing risk levels, and designing simple improvements related to occupational safety and health (K3) in the school environment through applicable interactive seminars and workshops. In this study, a descriptive method was used, including qualitative analysis of observation notes, discussion results, and interviews, as well as risk analysis based on hazard level scores which include frequency, likelihood and impact of hazards, assessing risks, and making improvements. In addition, direct inspections were carried out in various school areas using checklists to record dangerous conditions. This activity showed that at SMK Atisa Dipamkara, 35 dangerous conditions were found that were at risk to safety and health, such as unsafe storage of chemicals, messy electrical cables, poor ventilation, and lack of maintenance of fire extinguishers. The level of risk in some areas varies from moderate to very high and needs immediate improvements, such as infrastructure improvements, K3 training and routine inspections. Schools have not implemented K3 properly due to lack of understanding and lack of preventive measures. Therefore, there needs to be an increase in awareness through socialization, routine inspections and stricter policies so that the school environment is safer and more comfortable for all those who are active in it.
Keywords: Mitigation Inspection, Risk, K3, Schools
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Al Hafidz, M., Burhan, N., Zuhda Bahtiar, F., & Ivet, U. (2025). Pelatihan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Budaya Industri Di Smk Info Articles. 5, 112–120. Https://Doi.Org/10.31331/Manggali.V5i1.3725
Ardiansyah, Y. F., & Amalia, A. (2024). Inspeksi Kelengkapan Dan Kelayakan Apar Di Pt. Pelabuhan Indonesia (Pesero) Regional Iii Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Perak Terminal Gapura Surya Nusantara. 5.
Armando, F., Riski Gusti, D., & Nizori, A. (2021). Model Penyimpanan Bahan Kimia Di Uptd Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup. 6(1), 43–50.
Basori. (2018). The Evaluation Of Occupational Health And Safety (Ohs) Implementation In Vocational High School Workshop, Surakarta.
Cahyo Ari Prastiyo. (2023). Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Kota Bekasi Tahun 2023.
Cintya Dewi, W., Raharjo, M., Endah Wahyuningsih, N., Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Jl Sudarto No, F., & Kota Semarang Jawa Tengah Indonesia, T. (2021). Literature Review : Link Between Space Air Quality And Health Interference In Workers. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 2021.
Dikti. (2024). Panduan Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Smk3l. In Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Dini Rahmayanti, & Angela Artha. (2015). Analisis Bahaya Fisik: Hubungan Tingkat Pencahayaan Dan Keluhan Mata Pekerja Pada Area Perkantoran Health, Safety, And Environmental (Hse) Pt. Pertamina Ru Vi Balongan. Optimasi Sistem Industri.
Dita Amanda Deviania, Budi Tantri Anisa Lestari, & Anung Kustriyani. (2024). Analisis Potensi Bahaya Dan Risiko Di Gudang Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) Rsud Blambangan Banyuwangi. Profesional Health Journal, 5, 438–446.
Dwi Pramono, T., Malik Sayuti, A., Rizal Gaffar, M., Studi, P. D., Bisnis, A., & Negeri Bandung, P. (2022). Penilaian Risiko Ergonomi Pada Lingkungan Kerja Perkantoran Menggunakan Metode Rapid Office Strain Assessment (Rosa) Rheyna Ayu Puspitaningrum. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 10. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpap
Handayani, R., Apriani, B. K., & Sudirman, S. (2024). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 29 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2035–2040. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V9i3.2342
Jannati. (2020). Inspeksi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Bagian Produksi. Https://Doi.Org/10.15294/Higeia.V4ispecial%201/35615
Manar Al Sanaa Al Zeedi, Lamya Hamed Al Waaili, Fatma M. Al Hakmani, & Ahmed Mohammed Al Busaidi. (2020). Incidence Of School-Related Injuries Among Students In A’dakhiliyah Governorate Schools, Oman. Oman Medical Journal, 35(3), 127.
Muallif. (2025). Pentingnya Edukasi K3 Di Lingkungan Sekolah Dan Kampus: Membangun Generasi Sadar Keselamatan. Universitas Islam An Nur Lampung.
Nadillah, S., Nuraeni, S., & Oktorida, R. (2022). Pentingnya Memahami Bahaya Bahan Kimia Serta Hubungannya Dengan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium. Jurnal Analis Laboratorium Medik, 7(1), 15–22. Https://Doi.Org/10.51544/Jalm.V7i1.2430
Novianus, & Musniati. (2020). Peningkatan Pemahaman Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Melalui Pelatihan Risk Assessment Pada Siswa Smk Di Kecamatan Rangkasbitung. Jurnal Arsip Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Nurhayati, T., Shabrina, A., Nadia, D., Annisa, I., Suyono, M., Islami, D. N., & Suyono, A. M. (2022). Identifikasi Bahaya Dengan Metode Job Safety Analysis Di Pt Xyz. Jurnal Logistics & Supply Chain (Logic), 1.
Osha. (2016). Recommended Practices For Safety And Health Programs Worker Participation Find And Fix Hazards Management Leadership.
Pramudya Restuning Kawedar, H., Trisiana, A., & Arifin, S. (2022). Analisis Tingkat Kerusakan Dan Estimasi Biaya Pemeliharaan Bangunan Gedung Rusunawa Putri Universitas Jember. Journal Of Applied Civil Engineering And Infrastructure Technology, 3(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.52158/Jaceit.V3i1.148
Putra, W. W. (2021). Aspek Ergonomi Pada Produk Kursi Dan Meja Siswa Di Rehabilitasi Sosial Bina Netra (Rsbn) Malang. : : Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 4, 9–14.
Rospa. (2012). Managing Safety In Schools And Colleges. Royal Society For The Prevention Of Accidents.
Salminen, S., Kurenniemi, M., Råback, M., Markkula, J., & Lounamaa, A. (2014). School Environment And School Injuries. Frontiers In Public Health, 1(Jan). Https://Doi.Org/10.3389/Fpubh.2013.00076
Siti Nur Azizah. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Gangguan Pernapasan Pada Pekerja Di Uptd Industri Kulit (Lik) Magetan. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.
Sutarno, S., Rahmawati, D., & Widyarini, G. (2024). Edukasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Siswa - Siswi Smk N 7 Semarang. Jurnal Pengabdian Kolaboratif, 2(2), 70. Https://Doi.Org/10.26623/Jpk.V2i2.9745
Taufik Rochmanu. (2016). Studi Eksplorasi Lingkungan Kerja Serta Alat Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Smk Negeri 6 Bandung:(Penelitian Deskriptif Pada Bengkel Kerja Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan). Universitas Pendidikan Indonesia.
Thoriq, Malawai, K., & Yuli, N. G. (2023). Pengaruh Pencahayaan Ruang Bengkel Jahit Smk Syafi’i Akrom Pekalongan Terhadap Kenyamanan Belajar Santri. Sakapari (Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia 2023), 6(1), 2023.
Vigna Maya Kosha, & Paskarini, I. (2017). Evaluasi Sistem Pencegahan Kebakaran Di Pt. Charoen Pokphand Indonesia Plant Krian, Sidoarjo, Jawa Timur. Www.Beritajatim.Com
Wibowo, I. Y., & Paul, J. (2022). Promosi Kesehatan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah Di Sma Santo Yosef Duri. 190 Jabb, 3(1). Https://Doi.Org/10.46306/Jabb.V3i1
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i9.22055
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.