Aktualisasi Rekam Medis Bersama Pelajar melalui Empathy Reinforcement Terhadap Teknologi Berbasis Kesehatan di SMK Kesehatan Pgri Denpasar

Anak Agung Gde Oka Widana, Ika Setya Purwanti, Ni wayan Desi Bintari, Diah Prihatiningsih

Sari


ABSTRAK

 

Masalah yang sering muncul pada kalangan pelajar di lingkungan pendidikan adalah rendahnya empati atau kepedulian (low empathy) dari para siswa ketika dihadapkan pada perkembangan teknologi kesehatan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan, mempraktekkan serta membiasakan pengoperasian teknologi berbasis kesehatanbagi siswa SMK Kesehatan PGRI Denpasar. Kegiatan dilaksanakan dengan cara bimbingan serta penyuluhan, Pre Test, Post Test dan diskusi tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan. Peserta kegiatan ini secara kuantitas berjumlah 21 orang dengan keseluruhan siswa perempuan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menunjukkan hasilbahwa; (1) Peserta pengabdian masyarakat di SMK Kesehatan PGRI Denpasar keseluruhan dihadiri oleh siswa perempuan dalam rentang usia 17 tahun, (2) Popularitas teknologi berbasis kesehatan pada siswa tergolong masih rendah, namun setelah diberikan sosialisasi secara intensif terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman akan eksistensi, fungsi, kewajiban penggunaan dan keterampilan siswa. Aktualisasi rekam medis bersama pelajar melalui empathy reinforcement terhadap teknologi berbasis kesehatan di SMK Kesehatan PGRI Denpasar berjalan sesuai dengan rencana dan menunjukkan hasil yang baik dengan tingkat responsibility yang tinggi.

 

Kata Kunci: Rekam Medis, Empathy Reinforcement, Teknologi Kesehatan

 

 

ABSTRACT

 

A common problem among students in educational settings is low empathy or concern (low empathy) when faced with developments in health technology. This community service activity aims to introduce, practice, and familiarize students at PGRI Denpasar Health Vocational School with the operation of health-based technology. The activity was conducted through guidance and counseling, pre-tests, post-tests, and question-and-answer discussions related to the material presented. The number of participants in this activity was 21, all of whom were female students. The implementation of this community service activity showed the following results: (1) All participants in the community service activity at PGRI Denpasar Health Vocational School were female students aged 17 years, (2) The popularity of health-based technology among students was still low, but after intensive socialization, there was a significant increase in understanding of its existence, functions, usage obligations, and skills. The implementation of medical record updating with students through empathy reinforcement toward health-based technology at SMK Kesehatan PGRI Denpasar proceeded as planned and yielded good results with a high level of responsibility.

 

Keywords: Medical Records, Empathy Reinforcement, Health Technology

Kata Kunci


Rekam Medis; Empathy Reinforcement; Teknologi Kesehatan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alboraie, M., Mohammad Abdalgaber, Naglaa Youssef, Inas Moaz, Nermeen Abdeen, Hazem Maarouf, … Yasser Fouad. (2022). Healthcare Providers’ Perspective about the Use of Telemedicine in Egypt : A National Survey. Hindawi International Journal of Telemedicine and Applications, (1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2022/3811068

Alexandro, R., & Nurwetty Miduk Arta Situmorang. (2021). Dampak Pemanfaatan Laptop sebagai Media Pendukung Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 510–520. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39216

Andrianto, W., & Amira Budi Athira. (2022). Telemedicine (Online Medical Service) Dalam Era New Normal Ditinjau Berdasarkan Hukum Kesehatan (Studi: Program Telemedicine Indonesia/ Temenin Di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo. Jurnal Hukum & Pembangunan, 52(1), 220–250. https://doi.org/https://doi.org/10.21143/jhp.vol52.no1.3331

APJII. (2024). Pengguna Internet di Indonesia Meningkat di 2024. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved April 29, 2025, from https://apjii.or.id/berita/d/apjiijumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Aryanti, V., Saam Zulfan, & Tri Umari. (2022). Studi Literatur Tentang Empati Dalam Konseling. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9, 1–10. Retrieved from https://paperity.org/p/342481331/studi-literatur-tentang-empati-dalam-konseling

Fildansyah, R. (2023). Studi Kausalitas Antara Polusi Udara dan Kejadian Penyakit Saluran Pernafasan Pada Penduduk Kota. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(6), 473–482. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58812/jmws.v2i6.431

Hartati, A., & Nunug Astriningsih. (2020). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dengan Empati Siswa. Jurnal Realita Bimbngan Dan Konseling FIPP UNDIKMA, 5(1), 972–985. Retrieved from https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/2901

Johara, J., & Hendik, W. (2024). Efisiensi e-counseling and assessment kesehatan reproduksi remaja.

Krupinski, E. A., & Jordana Bernard. (2014). Standards and Guidelines In Telemedicine and Telehealth. Healthcare (Switzerland), 2(1), 74–93. https://doi.org/10.3390/healthcare2010074

Mansopu, M. I., & Krismiyati Krismiyati. (2023). Eksplorasi Praktik Teknologi Informasi Mahasiswa PPL Program Studi PTIK UKSW Dalam Situasi Pandemi dan Setelah Pandemi. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 165–178. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/itexplore.v2i2.2023.pp165-178

Marcolino, M. S., João Antonio Queiroz Oliveira, Marcelo D’Agostino, & Antonio Luiz Pinho Ribeiro. (2018). The impact of mHealth interventions: systematic review of systematic reviews. JMIR Mhealth and Uhealth, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.2196/mhealth.8873

May, R. (1997). Seni Konseling (Terj. Darmin Ahmad dan Afifah Inayati). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Prihatiningsih, T. S. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kebangsaan untuk Menghasilkan Dokter yang Berakuntabilitas Sosial. Menggali Pondasi Karakter Bangsa Dengan Semangat, 50.

Solekhah, A. M. dkk. (2018). Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Sikap Empati Terhadap Perilaku Prososial Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Mulawarman. Retrieved from https://www.coursehero.com/sitemap/schools/66579-Mulawarman-University/

Selasih, N. N., & Sudarsana, I. K. (2019). Pembelajaran Berbasis Pasraman: Membangun Karakter Remaja. Jayapangus Press Books, i-99.

Widana, A. A. G. O., Purwanti, I. S., Bintari, N. W. D., & Prihatiningsih, D. (2024). Sosialisasi Platform SatuSehat Mobile dalam Upaya Habituasi Teknologi Kesehatan Berbasis Rekam Medis Kepada Kalangan Pelajar di SMK Kesehatan PGRI Denpasar. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(11), 4961-4977.

Yulaikah, N., & Artanti, Y. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Telemedicine Saat Pandemi COVID-19. BIEJ Business Inovation and Entrepreneurship Journal, 4(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i12.22081

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Owner: BADBOYS http://journal.umuslim.ac.id http://ejournal.duniakampus.org/ https://journals.agh.edu.pl/ https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id https://jurnal.devitara.or.id/ https://jurnal.politap.ac.id/ https://ojs.lp2m.uinjambi.ac.id/ https://ojp.lp2m.uinjambi.ac.id https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojs https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/ https://ojs3.lp2m.uinjambi.ac.id/ https://ojs.staialfurqan.ac.id https://jurnal.ustjogja.ac.id/ https://ejournal.ummuba.ac.id/ https://jurnal.uinsyahada.ac.id/ https://gjst.co.in/ https://a2zpreschoolgzb.com/ https://cistars.in/ https://ijemri.com/ https://ijhsbm.com/ https://ijhse.com/ https://ijidms.com/ https://ijietas.com/ https://ijirp.org/ https://ijmdas.org/ https://ijmis.org/ https://ijmsi.in/ https://ijnpam.com/ https://ruralhub.org/
https://s3rjournal.com/
https://spsedu.co.in/
https://travelcharita.com/ https://journal.tirtapustaka.com/ https://sciencejournalhub.org/ https://cours.digitalvoguewellness.com/
https://digitalvoguewellness.com/ https://eduexpertisehub.com/ https://gsps.eduexpertisehub.com/ https://panierrapideshop.com/ https://sciencejournalhub.org/
https://openventio.org/ https://ijaast.org/ https://utilitasmathematica.com/
https://irjponline.org/ https://jlcc.spcrd.org/ https://miard.org/ https://milal.rivad.org/ https://peds.rivad.org/ https://reads.spcrd.org/ https://rivad.org/ https://jcse.spcrd.org/ https://jelss.miard.org/ https://jals.miard.org/ https://tjnpr.org/ https://eisi-journal.com/ https://journal.e-ice.id/ https://journal.p2ti.com/ https://explorey.org/
https://al-fargoniy.uz/ https://angla.uz/ https://globaljste.com/ https://ijast.mcdir.me/ https://radio.al-fargoniy.uz/ https://test.angla.uz/ https://woodlandlodge-kenya.com/ https://trinitysportsacademykenya.org/ https://theretreatkenya.org/ https://nyandaruainter-faith.org/ https://naturesurprisetravel.com/ https://methodistcollegiateafrica.org/ https://kenyavolunteers.org/ https://interfaithkenya.org/ https://flamingonet.org/ https://aim-africa.org/ https://ajest.org/ https://blueprintacademicpublishers.com/ https://ijessonline.com/