Pemberdayaan KTH Betara Bersatu Melalui Diversifikasi Produk Olahan Kopi Sebagai Pengembangan Hilirisasi Pertanian di Desa Bentenge Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros
Sari
ABSTRAK
KTH Betara Bersatu adalah kelompok tani hutan di Desa Bentenge yang mengoptimalkan potensi kopi. Sampai saat ini, mereka hanya memproduksi kopi bubuk tanpa diversifikasi olahan kopi. Padahal, pengembangan produk turunan dengan nilai tambah tinggi berpotensi membuka alternatif penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu peningkatan pemanfaatan sumberdaya lokal, meningkatakankesadaran masyarakat tentang pentingnya Hilirisasi tanaman kopi dengan diversifikasi produk yaitu selai kopi untuk Meningkatkan nilai tambah komoditi kopi, peningkatan kesadaran masyarakat tentang pemanfaatan sumberdaya dayalokal. Tahapan metode kegiatan pengabdian yaitu: 1) Sosialisasi; 2) Pelatihan; 3) Penerapan Teknologi; 4) Pendampingan dan evaluasi; 5) Keberlanjutan program. Terdapat 3 pelatihan yang dilaksanakan dalam kegiatan PKM ini yaitu pelatihan pengolahan produk selai kopi, pelatihan kemasan dan label produk serta pelatihan digital marketing. Hasil Pre dan post test kepada peserta menunjukkan bahwa peserta meningkat pengetahuan serta keterampilannya terkait dengan cara pengolahan selai kopi, mengenai pengemasan dan label produk serta digital marketing setelah mengikuti pelatihan. Anggota KTH Betara Bersatu memahami dan menguasai cara mengolah selai kopi, memahami dan menguasai tentang kemasan dan pelabelan dan tentang digital marketing dan puas terhadap materi yang diberikan.
Kata Kunci: Diversifikasi, Produk, Kopi
ABSTRACT
KTH Betara Bersatu is a forest farmer group in Bentenge Village that optimizes the potential of coffee. Until now, they only produce ground coffee without diversification of coffee processing. In fact, the development of derivative products with high added value has the potential to open up alternative income and improve the welfare of group members. The objectives of this community service activity are to increase the utilization of local resources, increase public awareness of the importance of coffee plant downstreaming with product diversification, namely coffee jam to increase the added value of coffee commodities, increase public awareness about the utilization of local resources. The stages of the community service activity method are: 1) Socialization; 2) Training; 3) Technology Application; 4) Mentoring and evaluation; 5) Sustainability of the program. There are 3 trainings carried out in this PKM activity, namely coffee jam product processing training, product packaging and labeling training and digital marketing training. The results of the Pre and post tests for participants showed that participants increased their knowledge and skills related to coffee jam processing, product packaging and labeling and digital marketing after participating in the training. Members of KTH Betara Bersatu understand and master how to process coffee jam, understand and master packaging and labeling, and digital marketing, and are satisfied with the material provided.
Keywords: Diversification, Products, Coffee
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Andre Yusuf Trisna Putra, N. K. E. (2024). Pelatihan Pengemasan Produk Keripik Pisang Dan Stik Kulit Pisang Kepada Kelompok Tani Desa Lomaer, Sampang. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(1).
Annisaa’ Auliyaa Larasati, M. H. D. C. K. K. F. L. (2024). Sosialisasi Pengolahan Tanaman Kopi Dan Pendampingan Pembuatan Produk Selai Kopi : Mendorong Hilirisasi Sumber Daya Desa. Jurnal Pengabfdian Masyarakat Dan Inovasi (Literasi).
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. Https://Doi.Org/10.30998/Sosioekons.V10i1.2223
Aprizal, & Nurdiansyah. (2023). Pelatihan Pembuatan Kripik Pisang Berbagai Rasa Dan Pengemasan Di Desa Morowa, Kabupate Bantaeng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3063–3071.
Budiantara, M., Paramitalaksmi, R., Rochmad Bayu Utomo, Putri Nurmalasari, & Stefanus, Carlos Deo. (2023). Pelatihan Pembuatan Dan Perhitungan Harga Pokok Produksi Kripik Pisang Kalurahan Tridadi, Yogyakarta. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 6667–6674. Https://Doi.Org/10.53625/Jabdi.V2i10.5191
Dewi Rahmawati, Marthy Meliana, Windi Tri Wahyuni, Ismatun Maulidiyah, Elsa Saqila, Sirojul Eilma, Ni’matul Fauziah, Brelianty Nevy, Miftahul Maulidiyah, Silvia Nur Diana, Annisya San Shabira, Marselinus Seran, & Findy Lovirna. (2024). Pentingnya Izin Pirt Bagi Umkm : Literature Review Articel. Obat: Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 2(1), 164–170. Https://Doi.Org/10.61132/Obat.V2i1.193
Haerul, Nurjaya, M., Hadija, & Azisah. (2022). Kajian Kondisi Eksisting Budidaya Kopi Robusta Di Desa Bentenge Kabupaten Maros. Tarjih Agriculture System Journal, 2(2), 129–134. Https://Jurnal-Umsi.Ac.Id/Index.Php/Agriculture
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Gede, I., Mertayasa, A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review (Vol. 08, Issue 02).
Kuswana, N. (2016). Membangun Aplikasi Pre Dan Post Test Berbasis Desktop Pada Lp3 Stt-Nf Menggunakan Action Script 2.0. Jurnal Informatika Terpadu, 2(1), 0–6. Https://Doi.Org/10.54914/Jit.V2i1.59
Lestari Baso, R., & Anindita, R. (2018). Analisis Daya Saing Kopi Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jepa.2018.002.01.1
Lomayer, L., Dektisa Hagijanto, A., & Malkisedek, M. H. (N.D.). Perancangan Kemasan Selai Kaya Mf. Jams Khas Makassar. Www.Perfectpackinginc.Com
Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan Labeling Kemasan Produk Umkm Mitra Binaan Posyantek Al-Ikhlas. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.
Marhawati, M., & Nurjannah, N. (2024). Pendapatan Dan Nilai Tambah Usaha Kopi Bentenge Di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(1), 203. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jepa.2024.008.01.16
Nana Sucihati, R., Sutanty, M., & Haryadi, W. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Labeling, Packaging Dan Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Kabupaten Sumbawa. Jpml Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(2), 277–282.
Paramita, P. D., & Zulaidah, A. (2021). Program Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Pisang Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan …. Majalah Ilmiah Inspiratif, 205–217.
Putu, L., & Wirayanti, L. K. (2024). Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kasyaraa.Co (Vol. 6, Issue 2).
Ramadhayanti, A. (2019). Pengaruh Logo Kemasan Produk Kosmetik Sebagai Penjelasan Kriteria Produk Pemakaian Dan Tingkat Pengetahun Kemasan Produk Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Ibu-Ibu / Remaja Cakrawala Ii Tj Priok, Kec. Koja Jakarta Utara). Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 8–16. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.13.1.8-16
Ramadhina, R., & Ilyas, D. M. (N.D.). Analisis Desain Kemasan Mi U.F.O Nissin Food (Vol. 2, Issue 01).
Simin, I. (2014). Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Sofie Di Kota Palu Added Value Analysis Of Banana Fruit To Be Banana Chips At Sofie Home Industry In Palu City. E-J. Agrotekbis, 2(5), 510–516.
Sucipta, I. N., Suriasih, K., & Kenacana, P. K. D. (2017). Pengemasan Pangan Kajian Pengemasan Yang Aman, Nyaman, Efektif Dan Efisien. Udayana University Press, 1–178.
Sulistiyo Dhika Dhika, K. D. , I. K. W. E. (2023). Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia Di Pasar Dunia (The Competitiveness Analysis Of Indonesian Cofee Export In The World Market). Januari, 2023(1), 1177–1185.
Syamsuardi, S., Hiola, S. F., & Ahmad, M. I. S. (2021). Pkm Pengembangan Desain Kemasan Produk Bagi Pelaku Jasaboga Kota Makassar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 844–849.
Syukri, A. (2011). Fungsi Dan Peranan Pengemasan Pangan. Pengemasan Pangan, 1–36.
Ummaya Santi, F. (2015). Teknik Pengemasan Dan Labelling Produk Makanan. Makalah Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta, 1–10.
Vargas-Hernández, J. G., & Valle Ruiz, I. E. (2021). Global Trade Of Coffee And Its Economic Effects In The Value Chain. Pune Annual Research Journal Of Symbiosis Centre For Management Studies, Pune, 9.
Yasin, H. (2015). Upaya Strategis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 38. Https://Doi.Org/10.26858/Jiap.V5i1.1064
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i11.22742
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung

Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Panduan Penulisan





