PENINGKATAN STATUS GIZI ANAK, MENGURANGI KEJADIAN KURUS DAN PENDEK MELALUI PENERAPAN GIZI SEIMBANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG

Fitri Wahyuni, Velga Yazia, Rini Rahmayanti, Delvi Hamdayani, Hidayatul Hasni, Ises Reni

Sari


Masa balita merupakan periode emas pertumbuhan fisik, mental dan emosional anak. Kebutuhan akan asah, asih, dan asuh yang memadai pada usia ini akan meningkatkan kelangsungan hidup anak dan mengoptimalkan kualitas anak sebagai generasi penerus bangsa. Kekurangan gizi masih merupakan permasalahan yang harus dihadapi dibanyak negara berkembang. Hasil Riset Kesehatan Dasar 2010 mencatat bahwa walaupun telah terjadi penurunan prevalensi gizi kurang dan buruk pada anak bawah lima tahun (balita), namun masih terjadi disparitas (kesenjangan) antar kabupaten. Tujuan dari penyuluhan ini adalah tentang pemeriksaan status gizi balita dan penyuluhan demonstrasi tentang gizi seimbang pada Ibu hamil. Kegiatan ini telah dilaksanakan di Puskemas Nanggalo Padang pada tanggal 11 November 2019. Hasil dari kegiatan adalah teridentifikasi 90% ibu dengan balita terlihat aktif dalam mendengarkan dan bertanya selama proses penyuluhan gizi balita dan penyuluhan gizi seimbang.


Kata Kunci


Balita; Gizi Balita; Gizi Ibu Hamil; Status Gizi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Julina, Br Sembirirng. (2017). Buku Ajar Neonatus, Bayi, Balita, Anak Pra Sekolah.Yogyakarta : CV BUDI UTAMA.

Moehji, Sjahmein. (2011). Penanggulangan Gizi Buruk. Depok : Papas Sinar Sinanti.

Kemenkes RI. (2018). Buku Saku Ayo ke POSYANDU Setiap Bulan. Jakarta : Kemenkes RI.

Oktarina, Z & Trini, S. (2014). Faktor Risiko Stunting Pada Balita (24−59 Bulan) di Sumatera. Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia : Depok.

Ramayulis, R, Kresnawan, T, Iwaningsih, S & Rochani, N. S. (2018). Stop Stunting dengan Konseling Gizi. Jakarta : Penebar Plus.

Uliyanti, Tamtomo, D. G & Anantanyu, S. (2017). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting Pada Balita Usia 24 – 59 Bulan. Vol. 3, No. 2. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wellina, F. W, Kartasurya, M. I & Rahfilludin, M. Z. (2016). Faktor Risiko Stunting Pada Anak Umur 12 – 24 Bulan. Vol. 5, No. 1. Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.

Woldehanna, T, Jere, R. B & Mesele. W. A. (2017). The effect of early childhood stunting on children’s cognitive achievements : Evidence from young lives Ethiopia. Ethiop J Health Dev. 2017 ; 31(2) : 75-84.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v3i1.2294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.