Penggunaan Terapi Senam Otak Pada Anak Dengan Masalah Penurunan Konsentrasi Belajar Di Desa Rawajitu Selatan

Lidya Ariyanti, Redia Indira Putrianti, Setiawati Setiawati

Sari


ABSTRAK

 

Kosentrasi merupakan keadaan pikiran atau asosiasi terkondisi yang diaktifkan oleh sensasi di dalam tubuh. Cara mengaktifkan sensasi di dalam tubuh adalah dengan membuat tubuh berada dalam keadaan yang rileks dan suasana yang menyenangkan, karena dalam keadaan yang tegang seseorang tidak akan dapat menggunakan otaknya dengan maksimal oleh karena pikiran menjadi kosong. Fenomena yang terjadi di lapangan diketahui bahwa penurunan konsentrasi belajar pada anak belum mendapatkan penanganan yang maksimal. Selama ini teknik yang digunakan memiliki kelemahan tersendiri yang tentunya tujuan dari peningkatan konsentrasi belajar belum dapat dirasakan oleh semua siswa, seharusnya teknik peningkatan konsentrasi belajar di buat lebih mudah dan efektif. Salah satunya adalah teknik Brain Gym. Tujuan setelah diberikan terapi senam otak diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan dan demonstrasi terapi senam otak. Terdapat peningkatan konsentrasi belajar pada anak setelah diberikan terapi senam otak di Desa Rawajitu Selatan. Dengan demikian, pemberian terapi senam otak efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar.

 

Kata Kunci: Konsentrasi, Senam Otak, Peningkatan Konsentrasi Belajar

 

 

ABSTRACT

 

Concentration is a state of mind or conditioned association that is activated by sensations in the body. How to activate sensations in the body is to make the body in a relaxed state and pleasant atmosphere, because in a tense situation a person will not be able to use his brain to the maximum because the mind becomes empty. The phenomenon that occurs in the field is known that the reduction in the concentration of learning in children has not gotten the maximum treatment. During this time the technique used has its own weaknesses which of course the purpose of increasing concentration of learning can not be felt by all students, the technique of increasing the concentration of learning should be made easier and more effective. One of them is the Brain Gym technique. The goal after being given brain exercise therapy is expected to increase the concentration of learning in children. The activities carried out in the form of counseling and demonstration of brain exercise therapy. There is an increase in the concentration of learning in children after being given brain exercise therapy at Rawajitu Selatan Village. Thus, the administration of brain exercise therapy is effective in increasing concentration of learning.

 

Keywords: Concentration, Brain Exercise, Increased Learning Concentration

Kata Kunci


Kata Kunci: Konsentrasi, Senam Otak, Peningkatan Konsentrasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmal, C. M., (2019). Pengaruh Minat Belajar Sejarah Terhadap Konsentrasi Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Publikasi.

Bili, L. D., & Lengo, M. D. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar . Jakarta: Bumi Aksara.

Ikbal, B. (2017). Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Maryani, I., et al. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta : K-Media.

Megawati, W., Ike, H., & Maunaturrohmah, A. (2017). Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Wonoayu Kecamatn Pilangkenceng Kabupaten Madiun Jawa Timur. Jurnal Keperawatan, 13(1).

Naufal, A. D. F. (2016). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas V SD di SDN 2 Sempusari Jember (Doctoral dissertation).

Prihastuti, S. U. (2010).Senam Otak Bersama Keluarga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Santi, J. A. (2018). Efektifitas Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Sd Di Sekolah Tahfidz Dan Non Tahfidz. SKRIPSI KEPERAWATAN.

Septian, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Melalui Penerapan Brain Gym: Studi Eksperimen Pada Siswa SDN Ciparay 07 Kab. Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Yanti, N., & Bahri, S. (2018). Penggunaan Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sd Negeri Ateuk Aceh Besar. JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i2.2813

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.