Edukasi Buku KIA dan Peningkatan Koping Ibu Menghadapi Masa Kehamilan Pada Masa Pandemi Covid-19

R.A Helda Puspitasari* -  Universitas Jember, Indonesia
Dwining Handayani -  Universitas Jember, Indonesia
Erik Kusuma -  Universitas Jember, Indonesia
Ayu Dewi Nastiti -  Universitas Jember, Indonesia
Evy Aristawati -  Universitas Jember, Indonesia
ABSTRAK 

Ibu hamil dan bayi dikategorikan sebagai kelompok yang rentan dalam pandemi virus corona yang mewabah di sekitar 230 negara seluruh dunia, sehingga dalam proses kehamilan ibu juga merasakan kehawatiran yang berlebih karena kurang paham tentang kehamilan dan takut akan kondisi bayi yang ada di kandugannya. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang buku KIA dan meningkatkan koping ibu dalam menghadapi masa kehamilan pada masa pandemic covid-. Kegiatan ini dilakukan di Klinik Asyifa Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini diawali dengan memberikan pertanyaan seputar pengetahuan ibu dalam menghadapi masa kehamilan dan mengenai langkah ibu dalam mengahdapi permasalahn kehamilan yang dihadapi. Dilanjutkan dengan memberikan materi menggunakan leaflet dan BUKU KIA. Semua ibu antusias dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Kegiatan ini efektif dilakukan dalam peningkatan pengetahuan ibu dan peningkatan koping ibu dimana terlihat adanya peningkatan pengetahuan dan koping ibu sebelum dan sesudah mendapatkan penyuluhan yang terlihat dari koesioner pre dan post test. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan pemahaman ibu mengenai masa kehamilan serta peningkatan koping ibu.

 

Kata Kunci: Edukasi, Buku KIA, Koping, Ibu Hamil

 

 

ABSTRACT 

Pregnant women and babies are categorized as a vulnerable group in the corona virus pandemic which is endemic in around 230 countries around the world, so that in the process of pregnancy, mothers also feel excessive anxiety due to lack of understanding about pregnancy and fear of the condition of the baby in their womb. The purpose of this activity is to increase mother's knowledge through education on MCH books in dealing with pregnancy and improve maternal coping in dealing with pregnancy during the COVID-19 pandemic. This activity was carried out at the Asyifa Clinic. This activity begins by asking questions about the mother's knowledge in dealing with pregnancy and about the mother's steps in dealing with pregnancy problems. Followed by providing materials using leaflets and MCH BOOK. All mothers were enthusiastic in participating in this activity as seen from the many questions they asked. This activity was effectively carried out in increasing maternal knowledge and increasing maternal coping where it was seen that there was an increase in maternal knowledge before and after receiving counseling as seen from the pre and post test questionnaires and increased maternal coping..

 Keywords: Knowledge, MCH Handbook, Coping, Pregnant Women

Kata Kunci : Knowledge, MCH Handbook, Coping, Pregnant Women

  1. Andriani, D. A., & Suartini, E. (2021). Pendampingan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Imunisasi Dan Pencegahan Penyakit Infeksi Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(3), 573-579.
  2. Anggraeni, A. D., & Rofida, S. (2021). Pemberdayaan Dan Pendampingan Kader Binaan Puskesmas Mojolangu Dalam Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(3), 607-612.
  3. Detiana. P. (2010). Hamil Aman dan Nyaman Diatas Usia 30 Tahun. Yogyakarta:Pressindo
  4. Depkes RI.2001. Indonesia Sehat 2010, Jakarta. Depkes. 2010. Capaian Pembangunan Kesehatan. from: http://www.bppsdmk.depkes.go.id:diunduh 23 januari 2012
  5. Fajar. I. (2009). Statistika Untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu Farrer, H. (2001).Perawatan Maternitas.Jakarta: EGC Fitriyani.(2006).Hubungan
  6. Riwayat Kehamilan dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan Normal pada Ibu Hamil Multigravida Trimester III di Poli Kandungan RS. R Syamsudin SH Kota Sukabumi. Skripsi, Stikes Kota Sukabumi.Sukabumi
  7. Rahmawati, N., Nurmala, E. S., Berliani, C., & Aprilia, E. N. (2021). Upaya Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil Dengan Penyuluhan Dan Pemberian Tablet Zat Besi Di Desa Mandalasari Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(3), 527-534.
  8. Pandora, J., Kartasurya, M. I., & Winarni, S. (2018). Penggunaan Buku KIA Sebagai Media Edukasi pada Ibu Hamil (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Kulon, Tahun 2018). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(2), 63-73.
  9. Sistiarani, C., Gamelia, E., & Sari, D. U. P. (2014). Fungsi pemanfaatan buku KIA terhadap pengetahuan kesehatan ibu dan anak pada ibu. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 8(8), 353-358.
  10. Veri, N., Mutiah, C., Magfirah, M., Alamsyah, E., & Fazdria, F. (2021). Upaya Menurunkan Keluhan Masa Menopause Melalui Pemanfaatan Seduhan Biji Adas. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(3), 580-589.