Webinar Sebagai Media Sosialisasi Pengetahuan Covid19 Anak dan Dampak Psikologis Pembelajaran Daring Pada Anak

Faizah Sugiarto, Addia Salsabila, Shahnaz Azzahra, Reny I'tishom

Sari


ABSTRAK

 

COVID-19 cukup memberikan masalah serius pada kesehatan anak dan juga berdampak pada psikologis akibat pembelajaran daring yang dilakukan sehingga pengetahuan orang tua, orang dewasa, dan ataupun anak-anak tersebut dalam mengatasi hal tersebut penting. Upaya pencerdasan tersebut salah satunya bisa melalui webinar yang pada masa pandemi ini sangat banyak diadakan. Kegiatan ini merupakan upaya pengabdian masyrakat sekaligus penelitian untuk menilai metode promosi kesehatan melalui webinar terkait upaya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang COVID19 anak dan dampak psikologis yang dialami anak dari metode daring. Webinar ini dilakukan pada Juli 2020 dengan melibatkan 371 koresponden masyarakat Indonesia. Kegiatan ini sekaligus meneliti secara potong-lintang menggunakan metode one group pretest-postetst design untuk membandingkan nilai pretest-postest dengan metode intervensi untuk menambah pengetahuannya melalui pelaksanaan webinar. Hasil secara keseluruhan menunjukkan bahwa webinar cukup signifikan sebagai intervensi untuk meningkatkan pengetahuan sebanyak 43% responen (p-value<0.05). Webinar merupakan salah satu yang cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta.

 

Kata Kunci: Webinar, COVID19, Anak, Pembelajaran Daring, Psikologi

 

ABSTRACT

 

COVID-19 has caused a serious issue for the children's health and impacted psychologically due to online learning. Thus, the knowledge and awareness in overcoming this issue is important among parents, adults, and children. One of these intellectual efforts can be conducted through webinars, which are often held during the pandemic. This study aims to analyze the effectiveness of the webinar’s method in increasing the public’s knowledge and awareness about the intricacies of COVID-19 among children as well as the psychological impact experienced by those children resulting from online learning methods. This webinar was held in July 2020 involving 371 Indonesian correspondents. This activity also conducted cross-sectional research using the one-group pretest-posttest design method to compare the pretest-posttest scores with the intervention method to increase their knowledge through the implementation of webinars. The overall results showed the significance of webinars as an intervention for increasing the knowledge of the participants. Webinars are one of the effective methods in increasing the participants' knowledge.

 

Keywords: Webinar, COVID19, Children, Online learning, Psychology



Kata Kunci


Webinar; COVID19; Anak; Pembelajaran Daring; Psikologi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abuhammad, S. (2021). Parents’ knowledge and attitude towards COVID-19 in children: A Jordanian Study. International Journal of Clinical Practice, 75(2), e13671. https://doi.org/10.1111/IJCP.13671

Gegenfurtner, A., & Ebner, C. (2019). Webinars in higher education and professional training: A meta-analysis and systematic review of randomized controlled trials. Educational Research Review, 28(October), 100293. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100293

High Focus Centers. (2020). Online Learning & Teen Mental Health | High Focus Centers. High Focus Center. https://highfocuscenters.pyramidhealthcarepa.com/the-effects-of-online-learning-on-a-teens-mental-health/

Kusumaningrum, S., Siagian, C., & Beazley, H. (2021). Children during the COVID-19 pandemic: children and young people’s vulnerability and wellbeing in Indonesia. https://doi.org/10.1080/14733285.2021.1900544

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2021). Instruksi Menteri dalam Negeri No 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Miller, L. M. S., Gee, P. M., & Katz, R. A. (2021). The Importance of Understanding COVID-19: The Role of Knowledge in Promoting Adherence to Protective Behaviors. Frontiers in Public Health, 0, 303. https://doi.org/10.3389/FPUBH.2021.581497

Narayani, K. D., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DARING TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA NEW NORMAL. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/JP2.V4I2.37184

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 71–79. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I1.804

Sandoiu, A. (2020). COVID-19 and kids: Why understanding the impact on children is crucial. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/covid-19-why-understanding-the-impact-on-children-is-crucial

Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar Sebagai Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113–119.

UNICEF. (2021). COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia. https://www.unicef.org/press-releases/un-launches-global-

Wardani, E. M., Bistara, D. N., & Septianingrum, Y. (2021). Promosi Kesehatan Pencegahan Penularan Infeksi Covid-19 pada Masyarakat Melalui Webinar Series. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.441




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i2.5769

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.