Pemberdayaan Komunitas Bersepeda Dalam Edukasi Pola Hidup Sehat Menghadapi Covid-19

Abdul Gani Soulissa, Wita Anggraini, Sri Ratna Laksmiastuti, Deviyanti Pratiwi

Sari


ABSTRAK

 

Masyarakat mulai beradaptasi di tengah pandemi Covid-19. Aktivitas masyarakat di luar rumah seperti olahraga, yaitu bersepeda juga semakin meningkat. Peningkatan jumlah aktivitas bersepeda dapat menjadi potensi kluster baru penyebaran Covid-19 akibat mengabaikan protokol kesehatan saat berkumpul dan setelah selesai bersepeda. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang transmisi dan pencegahan Covid-19. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan pemahaman kepada komunitas bersepeda untuk memiliki pola hidup sehat menghadapi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan dalam bentuk presentasi power point secara daring melalui aplikasi zoom dan penggunaan poster yang menarik sebagai sarana pengingat dalam aktivitas di komunitas. kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman partisipan berdasarkan hasil pretest dan posttest peserta. Kegiatan edukasi pola hidup sehat menghadapi Covid-19 yang diberikan kepada komunitas bersepeda dapat berjalan baik dan mendapatkan tanggapan yang responsive serta antusias dari komunitas bersepeda.

 

Kata Kunci : Covid 19, Hidup Sehat, Bersepeda

 

ABSTRACT

 

People are starting to adapt in the midst of the Covid-19 pandemic. Community activities outside the home such as sports, namely cycling are also increasing. An increase in the number of cycling activities could be a potential new cluster of Covid-19 spread due to ignoring health protocols when gathering and after cycling. This could be due to a lack of public knowledge and understanding about the transmission and prevention of Covid-19. This activity is to provide education and understanding to the cycling community to have a healthy lifestyle to deal with Covid-19 in cycling. The extension method is carried out by an approach in the form of online power point presentations through the Zoom application and the use of attractive posters as a means of reminders in community activities. The counseling showed an increase in participants' understanding based on the results of the participants' pretest and posttest. The educational activities on a healthy lifestyle to deal with Covid-19 given to the cycling community can run well and get a responsive and enthusiastic response from the cycling community.

 

Keywords : Covid-19, Healthy Lifestyle, Cycling


Kata Kunci


Covid 19; hidup sehat; komunitas bersepeda

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Arina Anis Azlan, M. R. H., Tham Jen Sern, Suffian Hadi Ayub, Emma MohamadID. (2020). Public knowledge, attitudes and practices towards COVID-19: A cross-sectional study in Malaysia. Plos One, 15(5). https://doi.org/ https://doi.org/10.1371/journal.pone.0233668

Asman Sadino, F. D., Hikmah Fauziah, Shofwa Meilani, Susi Hartini5. (2021). Penyuluhan dan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan sehat Sebagai Langkah Pencegahan Covid 19. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 6.

Bao-Liang Zhong, W. L., Hai-Mei Li, Qian-Qian Zhang, Xiao-Ge Liu, Wen-Tian Li, & , Y. L. (2020). Knowledge, attitudes, and practices towards COVID-19 among Chinese residents during the rapid rise period of the COVID-19 outbreak: a quick online cross-sectional survey. International Journal of Biological Sciences, 16(10), 8. https://doi.org/10.7150/ijbs.4

Goalbertus, Ella Nurlaella Hadi. (2021). Qualitative Study of Perception of Covid-19 Prevention among Dental Healthcare Personnel Using the Health Belief Model. Journal of International Dental and Medical Research, 14(2), 757-762.

Hani Ruh Dwi, S. A. f. (2021). Pentingnya Pemahaman Masyarakat Melalui Edukasi Tentang Protokol Kesehatan Menghindari Penularan Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas rimbo tengah Muara Bungo. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(6), 6.

Lia Hapsari Andayani, F. S., Abdul Gani Soulisa, James Handojo. (2021). Edukasi Mengenai Pencegahan Penularan Covid-19 pada Komunitas Musik di Jabodetabek Secara Daring. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32509/am.v4i1.1324

Lotfi M, Hamblin MR, and Rezaei N. (2020). Covid-19: Transmission, prevention, and potential therapeutic opportunities. Clin Chim Acta, Sep; 508: 254-266. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7256510/.

McIntosh K, Hirsch MS, Bloom A. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID19). UpToDate Hirsch MS, Bloom A (Eds) Accessed Feb 2022.

Melika Lotfi, M. R. H., Nima Rezaeif. (2020). COVID-19: Transmission, prevention, and potential therapeutic opportunities, 13.

Napitupulu, I. K. (2022). Kegiatan Pemantauan Kasus Covid 19. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(1), 7. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jkpm.v1i1.5082

Pratiwi, D., Rosalina, T., Komariah, & Andy, W. (2021). Pembinaan Secara Online Perilaku Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19 Pada Warga Ciater, Serpong. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1579-1586. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.5036

Pratiwi, D., Salim, R. F., Stefani, R., R, T., O, I. B., & N., N. (2021). Pendidikan Kesehatan Gigi Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Peranan Guru TK Dalam Pencegahan Karies Gigi. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(6), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i6.4448

Sulistiarini, Hargono R. (2018) Hubungan Perilaku Hidup Sehat Dengan Status Kesehatan Pada Masyarakat Kelurahan Ujung. Jurnal Promkes, 6(1), 12-22.

Wardani, K. A. (2022). Strategi Peningkatan Semangat dan Kesadaran Masyarakat Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Pandemi COVID-19. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jkpm.v1i1.5461




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.5946

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.