Permainan Edukatif Quarted Flash Card (QFC) Sebagai Media Promosi Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular pada Anak Sekolah Dasar

Eva Oktaviani, Susmini Susmini, Indah Dewi Ridawati

Sari


ABSTRAK

 

Tingginya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit menular dan penyakit tidak menular merupakan beban ganda kesehatan saat ini. Sekolah dapat menjadi ancaman penularan bibit penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Anak usia sekolah merupakan kelompok risiko tinggi terserang penyakit. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan anak tentang kesehatan dalam hal ini penyakit menular dan tidak menular. Metode yang digunakan adalah penyuluhan kesehatan bermain sambil belajar dengan menggunakan permainan kartu flash kuartet (Quarted Flash Card). Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa kelas VI SD IT An-Nida Kota Lubuklinggau berjumlah 25 anak. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan rerata pengetahuan penyakit menular dan tidak menular nilai pre dan posttest yaitu 42,40 menjadi 80,40. Kategori nilai pretest mayoritas kurang baik 80%, meningkat menjadi baik 72%. Terbentuknya duta sanitasi cilik sebagai agen perubahan di lingkungan sekolah. Kartu kuartet dapat dijadikan sebagai media pembelajaran inovatif selama di sekolah.

 

Kata kunci: Kartu Flash Kuartet , Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular

 

ABSTRACT

 

The high rate of morbidity and mortality due to communicable and non-communicable diseases is a double burden on health today. Schools can be a threat of disease transmission if they are not managed properly. School-age children are a high risk group for disease. The purpose of this community service is to increase children's knowledge about health in this case infectious and non-communicable diseases. The method used is health education playing with learning sauce using a quartet flash card game (Quarted Flash Card). The target in this activity is the class VI SD IT An-Nida Lubuklinggau City totaling 25 children. The result of this community service activity is an increase in the average knowledge of communicable and non-communicable diseases, the pre and posttest values are 42.40 to 80.40. The category of majority pretest score is not good 80%, increased to good 72%. The formation of a child sanitation ambassador as an agent of change in the school environment. Quartet cards can be used as innovative learning media while at school.

 

Keywords : Quarted Flash Card, Infectious Diseases, Non-Communicable Diseases


Kata Kunci


Kartu Flash Kuartet , Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Altharwa, H., Neyman, J., McLaughlin, T. F., & Johnson, G. (2014). An evaluation of the effectiveness of implementing a DI flashcard procedure to teach basic multiplication facts with an elementary private school student with learning disabilities. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 1(1), 24–27.

Darmawan, A. (2018). Epidemiologi Penyakit Menular Dan Penyakit Tidak Menular. Jambi Medical Journal, 4(2), 195–202.

Enikmawati, A., & Aslamah, F. H. (2017). Hubungan Antara Perilaku Cuci Tangan dengan Kejadian Diare pada Anak SD. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(25).

Hasnianti, H. (2019). Efektivitas Permainan Kartu Kuartet dan Metode Menghafal. An Nabighoh, 21(02), 227–238.

Hinga, I. A. T., & Adu, A. A. (2021). Edukasi Kebiasaan Cuci Tangan Dengan Penerapan Metode Bernyanyi Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Menular Murid SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. Gemassika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 31–46.

Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2018). Wong’s nursing care of infants and children-E-book. Elsevier Health Sciences.

Irwandi, S., Ufatin, N., & Sultoni. (2016). Peran Sekolah Dalam Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Sd Negeri 41 Mataram Kota Mataram. Jurnal Pendidikan, 1(3), 492–498.

Juniarti, N. (2017). Upaya penguatan pelayanan kesehatan primer pada anak sekolah di Pangandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4).

Karsono, K., Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan pemahaman keberagaman seni tradisi nusantara pada siswa sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 43–49.

Khairunnisa, H., Setiawan, R., Karjatin, A., & Yulianti, F. (2020). Pengembangan Media Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran PHBS Pada Siswa Kelas IV SD Tahun 2020. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

Kuhu, M. M., Prasetyo, H., & Nuryamah, N. (2013). The Effectiveness Of Flashcards And Word Cards In Improving Knowledge And Attitudes Worms; In The Elementary School Children. Jurnal Riset Kesehatan, 2(1), 247–256.

Kusumaningtyas, D., Agustasari, K. I., Fransiska, R. D., Indahwati, L., & Hastuti, N. A. R. (2021). Sosialisasi Video Edukasi Dalam Rangka Menjaga Kesehatan Anak Pada Siswa Sekolah Dasar Secara Daring. Publikasi Pendidikan, 11(3), 221–226.

Langford, R., Bonell, C. P., Jones, H. E., Pouliou, T., Murphy, S. M., Waters, E., … Campbell, R. (2014). The WHO Health Promoting School framework for improving the health and well‐being of students and their academic achievement. Cochrane Database of Systematic Reviews, (4).

Lisa, H. (2019). the Effectiveness of Flashcards on the Motivation To Increase English Vocabulary Among the Fourth Elementary School. JOALL (Journal of Applied Linguistics & Literature), 4(1), 43–53. http://doi.org/10.33369/joall.v4i1.6852

Mahmudah, U., & Yuliati, E. (2020). Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur sebagai Strategi dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular pada Anak Sekolah Dasar. Warta LPM, 24(1), 11–19. http://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9134

Mulyono, M., Julia, J., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Kartu Kwartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha di Indonesia dalam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 481–490.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi kesehatan.

Pangestika, R., Fadli, R. K., & Alnur, R. D. (2019). Edukasi Pencegahan Penularan Penyakit Tb melalui Kontak Serumah. Jurnal SOLMA, 8(2), 229. http://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3258

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19–27.

Riszky, M., Rahmah, M. N., Sari, A. J., & Silmi, I. S. (2021). The Effect of Quartet Card Learning on Semantic Memory of SD Unggulan Puri Taman Sari Makassar.

Selviyanti, S. S., Ichwanuddin, I., Judiono, J., Suparman, S., & Tiara, D. N. (2019). Penyuluhan Gizi Dengan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Pesan Umum Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 82–91.

Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. (2013). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah tentang hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negeri wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(1), 99–106.

Sutriyanto, K., Raksanagara, A. S., & Wijaya, M. (2017). Pengaruh Permainan Kartu Kasugi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(4), 193–200. http://doi.org/10.24198/jsk.v1i4.12828

Triani, E., Ajmala, I. E., Yuliyani, E. A., Setyorini, R. H., & Handito, D. (2021). Edukasi Dan Praktik Etika Batuk Yang Benar Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Menular Pada Siswa Sekolah Dasar di Pesisir Pantai. Jurnal PEPADU, 2(2), 194–198. Retrieved from http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/index

Wong, D. L., Hockenberry-Eaton, M., Wilson, D., Winkelstein, M. L., & Schwartz, P. (2010). Wong’s essentials of pediatric nursing, ed. 6, St. Louis, 2001. Copyrighted by Mosby, Inc, 1301.

Wulanyani, N. M. S. (2014). Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Melalui Permainan Ular Tangga. Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Melalui Permainan Ular Tangga, 40(2), 181–192.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i7.6298

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.