Upaya Peningkatan Kesejahteraan Psikologis Pada Anak Dan Remaja Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Virtual Konseling

Nursiswati Nursiswati, Santi Rukminita Anggraeni, Yanti Rubiyanti, Deasy Silvya Sari, Siti Ulfah Rifa’atul Fitri

Sari


ABSTRAK

 

Virtual konseling merupakan salah satu upaya guna meningkatkan kesejahteraan psikologis selama masa pandemi Covid-19, khususnya bagi anak dan remaja sebagai sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertema Who Am I. Kegiatan virtual konseling ini ditujukan mengenalkan teknik pengenalan diri, wellbeing therapy dan untuk mengetahui apakah kegiatan virtual konseling dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar anak dan remaja untuk memelihara kesejahteraan psikososial yang dimilikinya. Metode kegiatan ini adalah konseling secara virtual melalui platform zoom dengan memberikan materi, latihan, dan permainan yang disusun untuk menjadi katalis peningkatan kesejahteraan psikologis. Konsep teoretis yang mendasari kegiatan ini adalah kesejahteraan psikologis, self-concept, self-image, life-skill, dan juga privasi. Kegiatan ini memperlihatkan bahwa virtual konseling yang ditata materinya guna meningkatkan kesejahteraan psikologis mampu menjadi sarana edukasi awal bagi anak dan remaja untuk mengenali diri mereka sendiri. Latihan mandiri secara berkelanjutan perlu dilakukan para peserta agar pengetahuan yang didapat dari kegiatan dapat diolah menjadi keterampilan individu untuk memelihara dan meningkatkan kesejahteraan psikologis yang telah dimiliki. Salah satunya adalah dengan melakukan dan mendalami aspek keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata kunci: kesejahteraan psikologis, anak, remaja, pandemi Covid-19, virtual konseling

 

 

ABSTRACT

 

Virtual counseling is one of the efforts to improve psychological well-being during the Covid-19 pandemic, especially for children and adolescents as targets in community service activities with the theme of Who Am I. This virtual counseling activity aims to introduce self-awareness techniques, deliver well-being therapy, and determine whether virtual counseling can improve children and adolescents' basic knowledge and skills in maintaining their psychosocial well-being. The method of this activity is virtual counseling through the zoom platform by providing materials, exercises, and games that are designed to be a catalyst for increasing psychological well-being. This activity's theoretical concepts are psychological well-being, self-concept, self-image, life skills, and privacy. This activity showed that virtual counseling delivery using organized materials to improve psychological well-being could be a means of initial education for children and adolescents to identify themselves. Continuous independent training needs to be carried out by the participants so that the knowledge gained from the activities can be processed into individual skills to maintain and improve the psychological well-being that they already have, for example, by doing and exercising religious aspects in everyday life.

 

Keywords: Psychological Well-being, Children, Adolescent, Covid-19 Pandemic, Virtual Counseling

Kata Kunci


kesejahteraan psikologis, anak, remaja, pandemi Covid-19, virtual konseling

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Afridah, M., Wahyuningsih, H., & Nugraja, S. P. (2018). Efektivitas Pelatihan Keajaiban Doa Islami Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Emosi Pada Siswa Smk “X” Di Yogyakarta. Jurnal Intervensi Psikologi, 10(1), 19-32. doi:https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss1.art2

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orang tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: JUrnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Benoit, V., & Gabola, P. (2021). Effects of Positive Psychology Interventions on the Well-Being of Young Children: A Systematic Literature Review. International Journal of Environmental Reserach and Public Health, 18, 1-19. doi:https://doi.org/10.3390/ijerph182212065

Burns, R. B. (1995). Teacher Education and Personal Development. Research in Education, 47(1), 54-63. doi:https://doi.org/10.1177%2F003452379204700106

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, T. B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (pp. 1-10). Jakarta: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA. Retrieved Maret 26, 2022, from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/7861/4676

Distina, P. P. (2021, 10 1). Intervensi Mindful Breathing Untuk Mengatasi Stres Akademik pada Remaja Sekolah Menengah Atas. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and HUmanity, 3(2), 127-140. doi:ttps://doi.org/10.32923/psc.v3i2.1756

Kent, B. V., Henderson, W. M., Bradshaw, M., & Ellison, C. G. (2020, June). Do Daily Spiritual Experiences Moderate the Effect of Stressors on Psychological Well-being? A Smartphone-based Experience Sampling Study of Depressive Symptoms and Flourishing. International Journal for the Psychology of Religion, 31(2), 57-78. doi:10.1080/10508619.2020.1777766

Kompas, B. d. (2020, November 13). 47 Persen Anak Indonesia Bosan di Rumah, Akademisi IPB Beri Saran. Retrieved from kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/13/162554571/47-persen-anak-indonesia-bosan-di-rumah-akademisi-ipb-beri-saran?page=all

Maimunah, W. (2016). Hubungan antara Kesesakan (Crowding) dengan Privasi pada Mahasiswa yang Tinggal di Pondok Pesantren. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved Maret 26, 2022, from http://lib.unnes.ac.id/28617/1/1511411097.pdf

Martin, I., Nuryoto, S., & Urbayatun, S. (2018). Relaksasi Dzikir Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja Santri. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 112-123. doi:https://doi.org/10.19109/psikis.v4i2.1965

Nair, R. J. (2016). Self-Image and Self-esteem for a Positive Outlook. CMFRI. Retrieved Maret 26, 2022, from https://www.researchgate.net/publication/303702365_Self-Image_and_Self-Esteem_for_a_Positive_Outlook

Ningsih, L. K. (2020). Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved Maret 26, 2022, from http://eprints.ums.ac.id/87028/10/naspub%20edit.pdf

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring selama Pandemic Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA (pp. 286-291). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved Maret 26, 2022, from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/603/521

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. (1995). The Structure of Psychological Well-being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719-727. Retrieved Maret 26, 2022, from https://www.researchgate.net/profile/Corey-Keyes-2/publication/15726128_The_Structure_of_Psychological_Well-Being_Revisited/links/0046352b1fd24de9ec000000/The-Structure-of-Psychological-Well-Being-Revisited.pdf?origin=publication_detail

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43-59. doi:http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1323

Smith, E. P., & Bradshaw, C. P. (2017). Promoting Nurturing Environments in Afterschool Settings. HHS Public Access, 20(2), 1-16. doi:https://dx.doi.org/10.1007%2Fs10567-017-0239-0

Sunastiko, K. P., Frieda, & Aldriandy, N. (n.d.). Hubungan Antara Citra Diri (Self Image) dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. Retrieved Maret 26, 2022, from https://media.neliti.com/media/publications/66583-ID-hubungan-antara-citra-diri-self-image-de.pdf

Telaumbanua, V. R., & Yudiharso, A. (2020). A Systematic Review : Well-being Therapy. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 16(1), 188-200. doi:https://doi.org/10.32528/ins.v16i1.3212

Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA (pp. 471-479). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved Maret 26, 2022, from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555

Wahyuningtyas, A. A. (2020). Upaya Anak Usia Dini dalam Mengatasi Kejenuhan di Masa Pandemi. Webinar Jurusan KSDP "Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak pada Masa Pandemi" (pp. 87-94). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Retrieved maret 26, 2022, from http://conference.um.ac.id/index.php/ksdp2/article/download/333/pdf

Worldbank. (2013). Life Skills: What are they, Why do they matter, and How are they taught? AGI. Retrieved Maret 26, 2022, from https://www.worldbank.org/content/dam/Worldbank/document/Gender/1323447_AGI_LearningFromPracticeSeries.pdf

Yonatan, F., Hartanti, & Nanik. (2016). Pengaruh Group Therapy terhadap Psychological Well-being Remaja Panti Asuhan. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1-12. Retrieved Maret 2, 2022, from https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2791




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i8.6493

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.