Pelaksanaan Kelas Ibu Balita dengan Metode Focus Group Discussion (Fgd) dan Multimedia Di Posyandu Anyelir Wilayah Kerja Puskesmas Dempo Palembang

Kharisma Virgian, Desy Setiawati, Wita Asmalinda, Veratiwi Veratiwi

Sari


ABSTRAK

 

Pemenuhan gizi yang adekuat pada balita merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Pengetahuan ibu yang baik tentang gizi balita juga merupakan faktor terpenting dalam mendukung tercapainya pemberian gizi yang adekuat bagi balita. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang gizi pada balita. Melalui pelaksanaan kelas ibu balita dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dan penggunaan multimedia berupa video sebagai media edukasi. Kegiatan kelas ibu balita ini dilaksanakan di Posyandu Anyelir Wilayah Kerja Puskesmas Dempo kota Palembang. Dilakukan pengukuran pengetahuan ibu dengan metode pre-test dan dan post-test. Evaluasi dari pelaksanaan kelas ibu balita dari kegiatan pre-test, nilai rata-rata sebesar 76,30, nilai tertinggi 81 dan terendah 50. Pada kegiatan post-test didapatkan nilai rata-rata sebesar 77,08, nilai tertinggi 89 dan terendah 45. Terdapat kenaikan nilai rata-rata sebelum dan sesudah dilaksanakan kelas ibu balita. Peningkatan pengetahuan ibu melalui kelas ibu balita merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mendukung tumbuh kembang balita yang optimal. Dapat dilakukan dengan metode-metode lain yang lebih edukatif dan variatif.

 

Kata Kunci: Kelas Ibu Balita, Metode Focus Group Discussion (FGD), Multimedia

 

 

ABSTRACT

 

Adequate nutrition fulfillment in toddlers is very important in supporting their growth and development. Good maternal knowledge about toddler nutrition is also the most important factor in supporting the achievement of adequate nutrition for toddlers. This community service activity aims to increase maternal knowledge about nutrition in toddlers. Through the implementation of toddler mother classes using the Focus Group Discussion (FGD) method and the use of multimedia in the form of video as an educational medium. This toddler mother class activity was held at Posyandu Anyelir Working Area of Puskesmas Dempo Palembang city. Measurement of maternal knowledge by pre-test and post-test methods. Evaluation of the implementation of the toddler mother class from pre-test activities, an average score of 76.30,  a high score of 81, and a low of 50. In post-test activities, an average score of 77.08 was obtained, a high of 89 and a low of 45. There was an increase in average grades before and after the toddler mother class. Conclusion: Increasing maternal knowledge through the toddler mother class is one of the most effective ways to support optimal toddler growth and development. It can be done with other methods that are more educative and varied.

 

Keywords: Mother-Toddles Class, Focus Group Discussions, Multimedia


Kata Kunci


Kata Kunci : Kelas Ibu Balita, Metode FGD dan Multimedia

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Bakoil, M. B., Saleh, U. K. S., Batu Mali, M. A., & Tuhana, V. E. (2022). Pelayanan Kesehatan dan Gizi Bagi Ibu Anak di Posyandu Tunas Baru. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(4), 1017–1025. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i4.4818

Bardosono, S. (2017, May 13). Pentingnya pemenuhan nutrisi dan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan anak. Universitas Indonesia. https://old.ui.ac.id/pentingnya-pemenuhan-nutrisi-dan-gizi-pada-1-000-hari-pertama-kehidupan-anak/

Damayanti, R., Shaluhiyah, Z., & Cahyo, K. (2017). Peningkatan pengetahuan dan sikap ibu tentang PHBS tatanan rumah tangga (ASI Eksklusif) di kabupaten sambas melalui media leaflet berbahasa daerah. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.14710/jpki.12.1.1-12

Eksa, D. R., Annisa, I., Alfarisi, R., Oktobiannobel, J., Sani, N., & Lestari, S. M. P. (2021). Penyuluhan edukasi stunting balita pada masa pandemi covid19 di posyandu melati II kecamatan suka jawa. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(4), 921–927. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i4.3697

Hapitria, P., & Padmawati, R. (2017). Efektifitas pendidikan kesehatan melalui multimedia dan tatap muka terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang ASI dan menyusui. CARE (Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan), 5. https://doi.org/10.33366/cr.v5i2.535

Harmia, E., & Apriyanti, F. (2021). Hubungan pengetahuan dengan keikutsertaan ibu dalam kegiatan kelas ibu balita di desa batu belah wilayah kerja puskesmas kampar. Jurnal Doppler, 5(2), 164–170. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/doppler/article/download/2635/pdf

Herliani, Y., Rohmatin, E., & Diana, H. (2018). Pemberdayaan ibu balita dalam kegiatan kelas ibu balita untuk meningkatkan kemampuan pemantauan tumbuh kembang anak (di Rw 11 komplek LIK kelurahan mulyasari kec.tamansari kotatasikmalaya ). Prosiding Seminar Nasional Dan Diseminasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset, 38–41. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/PPM/article/download/124/38

Indrayani, D., Legiati, T., Hidayanti, D., Kebidanan Bandung, J., & Kemenkes Bandung, P. (2019). Kelas ibu balita meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam stimulasi tumbuh kembang. Jurnal Kesehatan Prima, 13(2). https://doi.org/10.32.807/jkp.v13i2.240

Indrizal Edi. (2014). Diskusi kelompok terarah / focus group discussion (FGD) Prinsip-prinsip dan langkah pelaksanaan lapangan. Repository Universitas Andalas, 75–82. http://repo.unand.ac.id/4984/1/Artikel%20Edi%20Indrizal.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Kurikulum pelatihan bagi fasilitator pelatihan kelas ibu (kelas ibu hamil dan kelas ibu balita). http://siakpel.bppsdmk.kemkes.go.id:8102/akreditasi_kurikulum/kurikulum_191113104047b56973cc628f528a32d8cf8505fe64dc.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pedoman pelaksanaan kelas ibu balita. https://perpustakaan.poltekkesbdg.info/items/show/251

Muhaimin, R., Muryanto, I., Rany, N., Hanafi, A., & Sa’am, Z. (2022). Analisis pelaksanaan program kelas ibu balita di wilayah kerja upt puskesmas lanjut kecamatan singkep pesisir kabupaten lingga tahun 2021. Ensikolpedia of Journal, 4(2), 176–182. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i3.1048

Mulyani, S., Subandi, A., Kedokteran, F., Kesehatan, I., & Jambi, U. (2020). Efektifitas pendidikan kesehatan melalui group whasapp reminder berkala dengan metode ceramah terhadap pemberian asi eksklusif pada ibu pasca seksio sesarea. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11607

Nugrahini, E. Y., & Maharrani, T. (2019). Efektifitas metode ceramah dan focused group discussion (FGD) dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap wanita usia subur mengenai keluarga berencana (KB). Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 10(1), 18–20. http://forikes-ejournal.com/index.php/SF

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik focus group discussion dalam penelitian kualitatif. In Buletin Penelitian Sistem Kesehatan (Vol. 16). http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/hsr/article/view/3301

Pritasari, Damayanti D, & Lestari NT. (2017). Gizi dalam daur kehidupan. BPPSDMK,Kementerian Kesehatan RI. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/11/GIZI-DALAM-DAUR-KEHIDUPAN-FINAL-SC.pdf

Puspasari, N., & Andriani, M. (2017). Hubungan pengetahuan ibu tentang gizi dan asupan makan balita dengan status gizi balita (BB/U) usia 12-24 bulan. Amerta Nutr, 27–39. https://doi.org/10.2473/amnt.v1i4.2017.369-378

Rachmayanti, R. D. (2018). Peningkatan pengetahuan ibu balita melalui pengenalan program KADARZI di kelurahan wonokusumo surabaya. Media Gizi Indonesia, 13(2), 176. https://doi.org/10.20473/mgi.v13i2.176-182

Ratmawati, L. A. (2018). Evaluasi program pelaksanaan kelas ibu balita di wilayah kerja dinas kesehatan kabupaten banjarnegara. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 14(1), 25–31. https://doi.org/10.31101/jkk.546

Saraswati, D. (2021). Pemantauan tumbuh kembang balita pada masa covid-19 di kota tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 17(1). https://doi.org/10.37058/jkki.v17i1.3602

Sekarini, N., Aswitami, N., & Pratiwi, P. (2020). Kelas online ibu balita untuk pengetahuan dan keterampilan ibu dalam mendeteksi dan menstimulasi perkembangan balita pada masa covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiskha, 8(3), 191–198. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/34367/18521

Setyaningsih, S. R., & Agustini, N. (2014). Pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam pemenuhan gizi balita: sebuah survei. Jurnal Keperawatan Indonesia, 17(3), 2354–9203. 10.7454/jki.v17i3.451

Sulisnadewi, N., Ketut Labir, ; I, Yunianti, N. L. P., Denpasar, P. K., & Keperawatan, J. (2020). Implementasi kelas ibu balita dalam meningkatkan kemampuan ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang anak di kecamatan sukawati. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33992/ms.v2i1.992

Virgian, K., Setiawati, D., & Asmalinda, W. (2022). Pelaksanaan kelas ibu balita di posyandu anyelir wilayah kerja puskesmas dempo palembang. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(4), 1072–1079. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i4.4852

Wahyuni, F., Yazia, V., Rahmayanti, R., Hamdayani, D., Hasni, H., & Reni, I. (2020). Peningkatan status gizi anak, mengurangi kejadian kurus dan pendek melalui penerapan gizi seimbang wilayah kerja puskesmas nanggalo padang. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 3(1), 13–19. https://doi.org/ 10.33024/jkpm.v3i1.2294




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i8.6668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.