Pemanfaatan Brosur Kreatif dalam Kegiatan Sosialisasi dan Promosi Institusi Pendidikan

Mareta Bakale Bakoil, Veki Edizon Tuhana

Sari


ABSTRAK

 

Sosialisasi dan promosi bertujuan untuk memberikan informasi tentang pendidikan di Poltekkes Kemenkes Kupang mulai Diploma III sampai Sarjana Strata 1 dan Profesi, menarik minat dan animo masyarakat untuk mendaftar dan mengikuti pendidikan serta mendekatkan, memudahkan layanan pendidikan. Selama kegiatan promosi berlangsung, tim melakukan pemaparan dan penjelasan tentang profil Poltekkes Kemenkes Kupang. Proses kegiatan dimulai dengan ceramah, brainstorming, dan testimoni lulusan Poltekkes, serta evaluasi. Pada akhir kegiatan, tim menyediakan atau membagi semua materi, brosur serta link brosur dan link web Poltekkes kepada pihak sekolah maupun langsung kepada siswa-siswi.

 

Kata Kunci: Brosur, Kreatif, Sosialisai, Promosi

 ABSTRACT

 

The socialization and promotion  aim to provide information education at the Health Poltekkes, Kupang Ministry of Health, starting from Diploma III to Bachelor's Degrees and Professions, attracting public interest and interest to register and participate in education as well as bringing closer, easier education services. During the promotional activities, the team presented and explained the profile of the Poltekkes Kemenkes Kupang. The activity process begins with lectures, brainstorming, and testimonials from Poltekkes graduates, evaluations. At the end of the activity, the team provides or distributes all materials, brochures and brochure links and Poltekkes web links to the school or directly to students.

 

Keywords: Brochure, Creative, Socialization, Promotion


Kata Kunci


Brosur, Kreatif, Sosialisai, Promosi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Asrori, B. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di SMA Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1).

Bakoil M.B., Manalor L.L., Diaz M.F., dan Tuhana V.E. (2021). Edukasi Manfaat Dukungan Suami Kepada Ibu Selama Persalinan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), P-ISSN: 2615-0921 E-ISSN: 2622-6030 Volume 4, Nomor 4. pp. 787-794

Belch, George E., Belch, Michal, A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8 th Edition. New York: Pearson Education.

Budi, C.S. (2018) tinjauan hierarchy of effects pada promosi institusi pendidikan melalui brosur. Jurnal Experientia, Volume 6, Nomor 1. pp. 39-44

Desrianti, Dewi Immaniar, Reni Mulyani, dan Fitria Arnita, 2017, Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Perguruan Tinggi, Vol. 10 No. 2, Jurnal CCIT, STMIK Raharja, Tangerang

Fikri, M. (2020). Strategi pemasaran pendidikan dalam menarik minat siswa baru di SMKIT Nurul Qolbi Bekasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Maulana, P. S., & Afifi, S. (2021). Analisis peran dan fungsi public relations di lembaga pendidikan islam. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(2).

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Mardatila A. (2020). Mengenal Tujuan Sosialisasi, Jenis dan Penjelasannya Menurut Para Ahli. Sumatera Utara.

Nursanti, P. (2021). Strategi Promosi Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Serdang Bedagai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran: pemasaran sebagai gejala komunikasi komunikasi sebagai strategi pemasaran. Prenada Media.

Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat. (2021). Profil Kabupaten Manggarai Barat. Labuan Bajo.

Riadi, M. (2020). Sosialisasi (Pengertian, Tujuan, Jenis, Proses dan Hambatan). Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2020/04

Sagala, H. S., & Sos, S. (2016). Memahami organisasi pendidikan: Budaya dan reinventing, organisasi pendidikan. Prenada Media.

Sinduwiatmo, K. (2018). Buku Ajar Manajemen Public Relation. Umsida Press, 1-115.

Siregar, A. H. (2017). Membela Guru pada Masa Tiga Mendikbud: dari Mohammad Nuh, Anies Baswedan hingga Muhadjir Effendy: Sebuah Pengalaman Guru yang Konfrontatif dan Emosional. Deepublish.

Subakti, H., Damayanti, W. K., Hasan, M., Simarmata, J., & Harianja, J. K. (2022). Model-Model Program Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Yayasan Kita Menulis.

Sunarya L., Maimunah., dan Sari R. (2019). Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada SMK Multimedia Mandiri. ISSN: 1978 -8282, Online ISSN: 2655-4275, Vol.12 No.1. pp 22-33

Surapati M.U., Rasyid A dan Nurjanah. (2020) Strategi Humas dalam Mempromosikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 9, Nomor 3. pp. 347-362

Wulandari R.W., A Kholik, M Qudsiyah, dan R Agustian. (2018). Program sosialisasi pendidikan untuk meningkatkan angka harapan lama sekolah (HLS). Media Pengabdian kepada Masyarakat, p-ISSN 2442-3726 e-ISSN 2550-1143 Volume 4, Nomor 1. pp 48-64




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i3.6781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.