Penguatan Kualitas Pendidik Klinik/Preseptor Klinik Melalui Peningkatan Kemampuan Evaluasi Pembelajaran Dengan Metode: Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Tahap Basic

Naryati Naryati, Muhammad Hadi, Rizki Nugraha Agung, Melati Fajarini, Giri Widakdo

Sari


ABSTRAK

 

Implementasi pendidikan tahap profesi ners adalah peserta didik menerapkan ilmu pengetahuan teori, konsep dan keterampilan teknis yang telah dikuasai pada program akademik pada klien langsung melalui program internship dimana peserta didik dibimbing oleh seorang perawat sebagai preceptor. Keberadaan pendidik klinik/preceptor sangat diperlukan dalam menjamin keterlaksanaan layanan pasien yang berkualitas serta menjamin kompetensi peserta didik. Disamping itu, pendidik klinik/preceptor juga diperlukan untuk mengurangi stres yang mungkin dialami oleh peserta didik sebagai lulusan sarjana keperawatan baru yang belum mengenal dunia kerja sebenarnya serta untuk menjamin bahwa tanggung jawab tidak sepenuhnya berada pada peserta didik, tidak diberikan secara lebih dini atau tidak seharusnya diberikan secara kurang tepat. Metoda pembelajaran pada tahap profesi berfokus pada pelaksanaan pendelegasian kewenangan dari preceptor kepada peserta didiknya. Sedangkan kegiatan evaluasi pada tahap profesi lebih terfokus pada pembuktian bahwa peserta didik telah memiliki kompetensi yang ditetapkan dan disertai dengan kemandirian dalam menjalankan kompetensinya sebagai cerminan kewenangan telah dimiliki. Tujuan dari pelatihan OSCE diharapkan dapat memberi pemahaman tentang evaluasi dengan metode OSCE, sehingga para evaluator dapat mengevaluasi secara objektif sesuai kemampuan mahasiswa. Metode yang akan dilakukan adalah pelatihan OSCE kepada preseptor klinik rumah sakit aliansi.  Hasil yang didapatkan pre-tes dengan nilai rata-rata 65, setelah diberikan pelatihan meningkat menjadi 85. Kesimpulan yang didapatkan terjadi peningkatan pemahaman preseptor mahasiswa.

 

Kata Kunci: Kompetensi Klinik, OSCE, Pendidikan Keperawatan, Pendidik Klinik, Preseptor Klinik

 

ABSTRACT

 

The implementation of the nursing profession education stage is that students apply theoretical knowledge, concepts and technical skills that have been mastered in academic programs to clients directly through an internship program where students are guided by a nurse as a preceptor. The existence of clinical educators/preceptors is very necessary in ensuring the implementation of quality patient services and ensuring the competence of students. In addition, clinical educators / preceptors are also needed to reduce stress that may be experienced by students as new nursing graduates who are not familiar with the real world of work and to ensure that the responsibility is not entirely on the students, is not given earlier or should not be given. given incorrectly. The learning method at the professional stage focuses on implementing the delegation of authority from the preceptor to his students. Meanwhile, evaluation activities at the professional stage are more focused on proving that students have the competencies defined and accompanied by independence in carrying out their competencies as a reflection of the authority they have. The purpose of the OSCE training is expected to provide an understanding of evaluation using the OSCE method, so that evaluators can evaluate objectively according to students' abilities. The method that will be used is OSCE training for clinical precepts of alliance hospitals. The results obtained pre-test with an average value of 65, after being given the training increased to 85. The conclusion obtained was an increase in the understanding of students' precepts.

 

Keywords: Clinical Competence, OSCE, Nursing Education, Clinical Educator, Clinical Precept

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


AIPNI. (2016). Buku Kurikulum Pendidikan Ners 2015.

Brannick, M. T., Erol‐Korkmaz, H. T., & Prewett, M. (2011). A systematic review of the reliability of objective structured clinical examination scores. Medical education, 45(12), 1181-1189.

Farahat, E., Rice, G., Daher, N., Heine, N., Schneider, L., & Connell, B. (2015). Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Improves Perceived Readiness for Clinical Placement in Nutrition and Dietetic Students. Journal of Allied Health, 208-214.

Fagerström, L. M. (2021). Advanced Practice Nursing Education. In A Caring Advanced Practice Nursing Model (pp. 235-248). Springer, Cham.

Gaberson, K. B., Oermann, M. H., & Shellenbarger, T. (2015). Clinical Teaching Strategies in Nursing. The Journal of Continuing Education in Nursing (4th ed., Vol. 39). New York: Springer Publishing Company, LLC.

Gaberson, K. B., & Oermann, M. H. (2010). Clinical teaching strategies in nursing. Springer publishing company.

Hadi, M., Nursalam,N., (2019). Pendidikan Klinik dengan Pendekatan Preceptorsip, UMJ Pres-Jakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2021). Registrasi Online Uji Kompetensi D3 Keperawatan. Data Statistik 2021 [cited 2021 5th March]; Available from: http://ukners.kemdikbud.go.id/pages/statistik_lulus.

Muthamilselvi, G., & Ramanadin, P. V. (2014). Objective Structured Clinical Examination - Emerging Trend in Nursing Profession. International Journal of Nursing Education, 6(1), 43-47.

Parmin, S. (2022). Bahan Ajar Home Care. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Renu, M., Boonchom, S. A., & Apinya, J. (2015). Strengthening preceptors’ competency in Thai clinical nursing. Educational Research and Reviews, 10(20), 2653-2660.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i7.6880

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.