Edukasi Perilaku Cuci Tangan terhadap Pengetahuan Guru Menggunakan Media Audiovisual dalam Pencegahan Covid 19 di Tk Yapis III Manokwari

Bahrah Bahrah, Mirna Wigunarti

Sari


ABSTRAK

 

Pendidikan kesehatan sangat penting untuk menambah pengetahuan dan salah satu proses promosi kesehatan yang paling sederhana bagi setiap manusia dalam menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu perilaku cuci tangan. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh pengabdi di salah satu sekolah taman kanak-kanak Wilayah kerja Puskesmas Wosi yaitu dengan melakukan wawancara pada guru didapatkan data jumlah siswa/siswi di Taman kanak-kanan tersebut berjumlah sekitar 35 anak, selama ini telah diajarkan cara cuci tangan yang benar namun belum dapat diterapkan secara maksimal oleh anak-anak. Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan Guru di taman kanak-kanak Yapis III Manokwari dalam melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan benar berdasarkan 6 langkah cuci tangan menurut WHO menggunakan media bantu video. Metode dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan pelatihan menggunakan media bantu video dan melakukan pendampingan. Sasaran dalam pengabdian ini adalah guru ditaman kanak-kanak Yapis III Manokwari. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 1 bulan dengan memberikan pelatihan selama 1 minggu menggunakan media bantu video cara melakukan 6 langkah CTPS dengan benar. Setelah dilakukan edukasi dan pendampingan CTPS yang benar menggunakan media video dan mengevaluasi pengetahuan guru tentang CTPS yang benar dan dapat simpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru tentang CTPS yang benar setelah diberikan media video selama 7 hari di TK Yapis III Manokwari. Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat lebih aktif untuk melibatkan pihak Puskesmas dalam memberikan promosi kesehatan terkait masalah kesehatan yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak-anak di masa sekolah.

 

Kata Kunci:  Edukasi Perilaku Cuci Tangan, Media Video, Pengetahuan

 

 

ABSTRACT

 

Health education is very important to increase knowledge and one of the simplest health promotion processes for every human being in maintaining a healthy body, one of which is hand washing behavior. Based on a preliminary study conducted by a servant in one of the kindergarten schools in the working area of the Wosi Health Center, namely by conducting interviews with the teacher, it was found that the data on the number of students in the kindergarten was about 35 children, so far they have been taught how to wash their hands. that is correct but cannot be applied optimally by children. The purpose of this training is to increase the knowledge of teachers at the Yapis III Manokwari Kindergarten in properly washing hands with soap (CTPS) based on the 6 steps of hand washing according to WHO using video aids. The method in this service is to conduct training using video media and provide assistance. The target in this service is the Yapis III Manokwari kindergarten teacher. This service activity was carried out for 1 month by providing training for 1 week using video media on how to do the 6 steps of CTPS correctly. After educating and assisting the correct CTPS using video media and evaluating the teacher's knowledge about the correct CTPS and it can be concluded that there was an increase in teacher knowledge about the correct CTPS after being given video media for 7 days at TK Yapis III Manokwari. It is hoped that the school will be more active in involving the Puskesmas in providing health promotion related to health problems related to the growth and development of children during school.

 

Keywords: Hand Washing Behavior Education, Media Video, Knowledge


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Asthiningsih, N. W., & Wijayanti, T. (2019). Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Usia Dini Dengan G3ctps. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1 (2), 84-.

Astuti, Y., Fandizal, M., Sani, D. N., Safari, U., & Elviana, N. (2020). Lawan Covid-19 Dengan Pembuatan Hand Sanitizer Dan Penguatan Cuci Tangan. 01(03), 73–76. Https://Doi.Org/10.33221/Jpmim.V1i03.868

Brahim, Kamaluddin, Mas’ad, Mintasrihardi, Junaid, Dkk. (2020). Bencana Virus Corona Melalui Sosialisasi Pada Anak Usia Dini Pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan., 3(2).

Cordita R, Soleha T, M. D. (2019). Perbandingan Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakanhand Sanitizerdengan Sabun Antiseptik Pada Tenaga Kesehatan Di Ruang Icu Rsud Dr. H. Abdul Moeloek. J Agromedicin, 6(1).

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 2(1), 1–9.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Habit, G., Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Sadida, T. Q., Firoh, A., Pratama, F. A., Studi, P., Matematika, P., Studi, P., Masyarakat, K., Semarang, U. M., & Semarang, K. (2020). Pembiasaan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak ( Tk ) Di Semarang. 2(2), 139–145.

Hidayatullah, P., Dan, P., Kota, U., & Tahun, K. (2017). No Title. 2(6), 1–11.

Krisnanda Aditya Pradana, Yuly Peristiowati, Agusta Dian Ellina, Aris Widiyanto, J. T. A. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Animasi Lagu Anak- Anak Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Anak Usia Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Gembol Ngawi The. Journal Of Health Research, 4(1), 24–33.

Mahdalena, V., & Handayani, L. (2019). Sosialisasi Gerakan Cuci Tangan Dengan Media Audio Visual Sebagai Pencegahan Covid-19 Di Paud Srikandi. 3(3), 120–129.

Maulida, Y. D., Ernyasih, & A. (2019). Edukasi Dan Pendampingan Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Pada Anak-Anak Di Tk Al-Khoirot Kelurahan Pondok Jagung Timur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj (Hal. 2-4). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Singhal, T. (2020). A Review Of Coronavirus Disease -2019 (Covid - 19). The Indian Journal Of Pediatrics,87(4): 281.

Siska Oktaviani, H. (2020). Penyuluhan Cuci Tangan Pada Anak-Anak Warga. 4(2), 247–251.

Sustiyono, A. (2021). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah Dan Media Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Health Journal, 8(02), 71–76.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i11.7413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.