Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis WEB Dan Pengembangan Usaha Dengan Metode Bisnis Model Canvas ( BMC) Pada UMKM KOJA Desa Kongsi Jaya Indramayu

Agus Yudianto, Meddy Nurpratama

Sari


ABSTRAK


 IM Kongsijaya Indramayu merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang home industry dengan memproduksi bumbu instan khas Timur Tengah diantaranya bumbu briyani dan bumbu kebuli. UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini beralamat di Gg Purbaya RT/RW 001/003 Desa Kongsijaya Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu yang merupakan desa binaan dari Bank Indonesia yang didampingi oleh ibu Darwinah selaku pelopor usaha kecil menengah (UKM) di Indramayu dengan program, program kemandirian pekerja migram Indonesia purna dan TKI. Program ini merupaka program pilot project dan Bank Indonesia (BI) untuk membina dan melahirkan UKM-UKM baru di Indramayu. Tujuan dari pengabdian ini adalah Perkembanag   teknologi dan strategi sangat diperlukan oleh usaha kecil dan menengah dengan sebut  UMKM dengan persaingan yang semakn tinggi maka merupakan salah satu pembelajaran berupa pemberian pendampingan  dan pengalaman belajar yang berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya dunia usaha, sehingga diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan dan mengatasinya. Usaha   kecil menengah (UMKM) Koja IM Kongsijaya Indramayu merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang  home industry dengan berbagai produk di dalamnya namun lebih memfokuskan pada produksi bumbu instan khas Timur Tengah diantaranya bumbu biryani dan bumbu kebuli. memaksimalkan pendampingan untuk membuat strategi pemasaran berbasis WEB dan pemasaran secara online, teknologi dan inovasi UMKM di Desa Konsgis jaya Kecamatan Widasari  Kabupaten Indramayu, terjadi perilaku masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi.

Metode Pengabdian yaitu Di UMKM Koja IM Desa Kongsijaya  Kecamatan Widasari  Kabupaten Indramayu . . Masalah yang kan diselesaikan yaitu membantu pemasaran produk Koja IM secata online. Metode Penyelesaian Masalah Metode yang akan dipergunakan dalam penyelesaian masalah berupa pendampingan, baidalam bentuk penyuluhan maupun pelatihan Manajemen pemasaran online.  Prosedur dalam Menerapkan Metode Penyelesaian Masalah. Prosedur dalam menerapkan metode penyelesaian masalah sebagai berikut: . Melakukan obervasi dan diskusi dengan UMKM Koja IM. Rencana Kegiatan. Rencana kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh tim dosen Universitas wiralodra indramayu.

Usaha kecil menengah (UKM) KOJA IM Kongsijaya Indramayu merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang home industry dengan memproduksi bumbu instan khas Timur Tengah diantaranya bumbu briyani dan bumbu kebuli. UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini beralamat di Gg Purbaya RT/RW 001/003 Desa Kongsijaya Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu yang merupakan desa binaan dari Bank Indonesia yang didampingi oleh ibu Darwinah selaku pelopor usaha kecil menengah (UKM) di Indramayu dengan program, program kemandirian pekerja migram Indonesia purna dan TKI. Program ini merupaka program pilot project dan Bank Indonesia (BI) untuk membina dan melahirkan UKM-UKM baru di Indramayu.Pada awal memproduksi ukm ini dulunya memproduksi bumbu basah yang hanya bertahan 3 sampai 4 hari saja yang membuat pendapatan berkurang dan gak berhenti disitu, salah satu anggota Pekerja Migran Indonesia (PMI) mengusulkan ide kenapa kita tidak bikin seperti di Saudari aja bumbu kering yang instan dan disitu para rekan rekannya  dari ide tersebut ibu Watiah selaku pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bangkit langsung menguji coba memproduksi bumbu kering yang instan setelah diuji coba bumbu tersebut bisa bertahan antara 10 bulan sampai 1 tahun  dan pada tahun tahun berikutnya UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini terus terusan memproduki bumbu kering yang instan sampai saat ini. Kondisi yang kita lihat dari aspek manajemennya sebagai berikut: Pertama aspek manajemen sumber daya manusianya Sejak pertama kali produksi ibu Watiah ini tidak menggunakan karyawan sama sekali hingga sekarang karena beliau beranggapan bahwasanya beliau masih mampu memproduksi dengan sendirinya sehingga dari pertama kali ia merintis usaha ini sampai sekarang usaha ini sudah berkembang beliau belum melakukan pengrekrutan karyawan untuk membantunya dan beliau juga beranggapan buruk jika beliau menggunakan karyawan. Jadi semua suka duka dari UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini beliau  yang rasakan. Aspek kedua yaitu manajemen operasionalnya Kegiatan operasional atau produksi bumbu briyani ini dilakukan ketika pihak pemasaran membutuhkan karena UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini memproduksi ketika pesanan masuk baru memproduksi jadi waktunya tidak tertentu namun setiap bulannya 3-4 kali produksi. Proses produksinya dilakukan oleh satu orang dan waktu yang dibutuhkan 5-6 jam biasanya dimulai dari pukul 09.00–14.00 WIB dengan sekali produksi sebanyak 2,5 kg. Aspek selanjutnya yaitu aspek pemasaran yang didalamnya membahas UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu menerapkan sistem bermitra dengan Migran Shop. Dimana semua produk yang di produksi oleh UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu seperti bumbu Timur Tengah yaitu nasi briyani dan nasi kebuli serta masih banyak produk lainnya yang di produksi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) tersebut. Dan semua produknya itu diserahkan kepada Migran Shop untuk dipasarkan kepada konsumen, namun diluar dari sistem bermitra dengan Migran Shop UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu juga terkadang memasarkan produknya melalui metode klasik yaitu dengan  cara menawarkan produknya kepada konsumen melalaui pameran-pameran yang di selenggarakan oleh pihak tertentu. Dan aspek yang terakhir yaitu aspek manajemen keuangan, kami mendapatkan hasil yaitu setelah kami melakukan analisis terhadap UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini laporan keuangan yang mereka miliki bahkan mereka gunakan laporan yang manual hanya mencatat pembelian serta pendapatan. Setelah kami melakukan analisis terhadap UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini belum miliki laporan keuangan bahkan mereka masih menggunakan laporan yang manual hanya melakukan pencatatan atas  pembelian serta pendapatan.

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Berbasis WEB, Bisnis Model Canvas

 

 

ABSTRACT

 

Small and Medium Enterprises (UKM) KOJA IM Kongsijaya Indramayu is a small and medium business engaged in the home industry by producing Middle Eastern instant spices including briyani and kebuli seasoning. UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu is located at Gg Purbaya RT/RW 001/003 Kongsijaya Village, Widasari District, Indramayu Regency, which is a fostered village from Bank Indonesia who was accompanied by Mrs. Darwinah as a pioneer of small and medium enterprises (SMEs) in Indramayu with programs, worker independence programs full-time Indonesian migrants and Indonesian migrant workers. This program is a pilot project program and Bank Indonesia (BI) to foster and give birth to new SMEs in Indramayu.The purpose of this service is that technology and strategy development is very much needed by small and medium-sized businesses called MSMEs. overcome it. Small and Medium Enterprises (UMKM) Koja IM Kongsijaya Indramayu is a small and medium business engaged in the home industry with a variety of products in it but focuses more on the production of Middle Eastern instant spices including biryani and kebuli seasoning. maximizing assistance to create WEB-based marketing strategies and online marketing, technology and MSME innovation in Konsgis Jaya Village, Widasari District, Indramayu Regency, there is community behavior towards the use of information technology.

The method of service is in the UKM Koja IM, Kongsijaya Village, Widasari District, Indramayu Regency. . The problem to be solved is helping the marketing of Koja IM products online. Problem Solving Method The method that will be used in problem solving is in the form of assistance, both in the form of counseling and online marketing management training. Procedures in Applying Problem Solving Methods. The procedure in applying the problem solving method is as follows: . Conducting observations and discussions with SMEs Koja IM. Activity plan. Plans for community service activities that will be carried out by a team of lecturers from Wiralodra Indramayu University.

At the beginning of producing this SME used to produce wet spices that only lasted 3 to 4 days which made income decrease and it didn't stop there, one member of the Indonesian Migrant Workers (PMI) suggested the idea why we don't make it like in Sister, just dry spices that are instant and there, her colleagues from the idea, Mrs. Watiah as Small and Medium Enterprises (SMEs) got up and immediately tried to produce instant dry seasonings after being tested the spices could last between 10 months to 1 year and in the following year UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu continues to produce instant dry spices until now. The conditions that we see from the management aspect are as follows: First, the aspect of human resource management. Since the first production, Mrs. Watiah has not used employees at all until now because she thinks that she is still capable of producing on her own, so that from the first time she started this business until now. this business has grown he has not recruited employees to help him and he also thinks it is bad if he uses employees. So all the joys and sorrows of UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu he felt. The second aspect is operational management. Operational activities or the production of briyani seasoning are carried out when the marketing party needs it because this UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu produces when an order comes in and produces only a certain time, but every month 3-4 times of production. The production process is carried out by one person and the time it takes is 5-6 hours usually starting from 09.00-14.00 WIB with a single production of 2.5 kg. The next aspect is the marketing aspect in which it discusses . UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu implements a partnership system with the Migrant Shop. Where all the products produced by UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu such as Middle Eastern spices, namely briyani rice and kebuli rice and many other products produced by the Small and Medium Enterprises (SMEs). And all of their products are handed over to the Migrant Shop to be marketed to consumers, but outside of the system of partnering with the Migrant Shop UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu also sometimes market their products through the classic method, namely by offering their products to consumers through exhibitions organized by certain parties. . And the last aspect, namely the financial management aspect, we got the results that after we conducted an analysis of the UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu, the financial reports they have even use manual reports that only record purchases and income. After we conducted an analysis of the UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu, they do not yet have financial reports, even they are still using manual reports, only recording purchases and income.

 

Keywords: Marketing Strategy, WEB-Based, Business Model Canvas

 


Kata Kunci


Strategi Pemasaran, berbasis WEB, Bisnis Model Canvas

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Blog, S. (2016). Cara mengatasi kekurangan modal dalam menjalankan usaha. Retrieved from www.sebodblog.blogspot.com website: https://sebodblog.blogspot.com/2016/01/cara-mengatasi-kekurangan-modal.html?m=1

Dessler, G. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Hartatik, ., & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2). https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120

Itslppm. (2020). Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat UKM Indonesia Bangkit. Retrieved from www.its.ac.id website: https://www.its.ac.id/drpm/id/2020/07/27/pelaksanaan-program-pemberdayaan-masyarakat-ukm-indonesia-bangkit/

Jurnal.id. (2018). 9 Elemen yang harus ada dalam bisnis model canvas. Retrieved from www.jurnal.id website: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-memahami-tentang-bisnis-model-kanvas/#Customer_Segments_Segmentasi_Konsumen

Kasmir. (2014). Analisis laporan keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kotler, P. (2010). Manajemen pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Manajemen, S. (2011). Pengertian / definisi pemasaran. Retrieved September 1, 2020, from skripsi-manajemen.blogspot.com website: https://skripsi-manajemen.blogspot.com/2011/02/pengertian-definisi-pemasaran.html?m=1

Maulana, E. R. (2016). Penerapan model bisnis dan strategi alternatif berdasarkan business model canvas (studi pada UKM RadjaPromosi). Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Munawir. (2010). Analisis laporan keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Priharto, S. (2019a). Apa itu analisis SWOT? Berikut pengertian, metode analisis, dan contohnya. Retrieved from cpssoft.com website: https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-analisis-swot/

Priharto, S. (2019b). Pengertian manajemen pemasaran, fungsi, konsep dan karakteristiknya. Retrieved from cpssoft.com website: https://cpssoft.com/blog/manajemen/pengertian-manajemen-pemasaran-fungsi-konsep-dan-karakteristiknya/

Putri, F. F. P., & Alfanur, F. (2015). Analisis inovasi model bisnis menggunakan pendekatan business model canvas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–10.

Ramesia.com. (2016). Hand sealer, mesin sealer % press plastik. Retrieved September 1, 2020, from www.ramesia.com website: https://ramesia.com/hand-sealer/

Riyanto, B. (2012). Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Suharti. (2015). Penerapan business model canvas pada perumahan galaxy regency Malang PT. Sarana Hijrah Kamulyan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).

Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi dan perancangan model bisnis berdasarkan business model canvas. Agora 3, 1(1).

Wunady, J. (2020). Pentingnya peran teknologi informasi dalam bisnis. Retrieved from www.mas-software.com website: https://www.mas-software.com/blog/pentingnya-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis

Xendit. (2018). 4 Strategi pemasaran memperluas pangsa pasar dengan budget terbatas. Retrieved from www.xendit.co website: https://www.xendit.co/id/blog/4-strategi-pemasaran-memperluas-pangsa-pasar-dengan-budget-terbatas/

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil (5th ed.). Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i11.7493

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.