Program Amancalistung untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menulis dan Berhitung dengan Siswa-Siswi di SD Inpres Sulamu

David Manafe, Ferdinandus Jonda, Helena Elni Nembo, Adventus Benge, Lidwina Jewati, Stefanus I. Tobi Sogen

Sari


ABSTRAK

 

AmanCalistung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh anak yang menginjak SD, bukan anak usia dini. Membaca, menulis dan berhitung termasuk salah satu kemampuan kognitif yang perlu dikuasai anak-anak. Oleh karena itu peserta KKN melakukan pendekatan dengan pihak sekolah di SD Inpres Sulamu untuk menjalankan program AmanCalistung bersama para siswa dari kelas 1, 2, 3 dan 4. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dasar kepada anak agar akan tetapi dalam proses pengajaran AmanCalistung kepada anak tidak boleh dipaksakan. Metode yang dilakukan yaitu penyuluhan untuk memberikan materi, pelatihan serta pendampingan dimana semua siswa dibagi di beberapa ruangan berdasarkan tingkat kelasnya dan dibimbing oleh peserta KKN yang sudah dibagi dalam beberapa kelompok. Hasilnya didapat pada saat melakukan Gebyar AmanCalistung, dimana para siswa mengalami peningkatan dalam membaca, menulis dan berhitung serta digelarnya perlombaan mengenai materi yang telah dipelajari selama proses kegiatan AmanCalistung setiap sore. Saran pada kegiatan ini adalah memotivasi para siswa serta para orang tua agar dapat menerapkan AmanCalistung ini bukan hanya disekolah melainkan dengan bantuan orang tua adik-adik bisa dibimbing di rumah oleh kedua orang tuanya maupun dilingkungan sekitarnya.

 

Kata Kunci: AmanCalistung, Kognitif, Pelatihan

 

 

ABSTRACT

 

AmanCalistung is a basic skill that must be mastered by children entering elementary school, not early childhood. Reading, writing and arithmetic are one of the cognitive skills that need to be mastered by children. Therefore, the KKN participants approached the school at SD Inpres Sulamu to run the AmanCalistung program with students from grades 1, 2, 3 and 4. cannot be forced. The method used is counseling to provide material, training and mentoring where all students are divided into several rooms based on their grade level and are guided by KKN participants who have been divided into several groups. The results were obtained during the AmanCalistung Gebyar, where students experienced improvements in reading, writing and arithmetic as well as holding competitions on the material that had been learned during the AmanCalistung activity every afternoon. Suggestions in this activity are to motivate students and parents to be able to apply AmanCalistung not only at school but with the help of parents, younger siblings can be guided at home by both parents and the surrounding environment.

 

Keywords: AmanCalistung, Cognitive, Training


Kata Kunci


AmanCalistung, Kognitif, Pelatihan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. Https://Doi.Org/10.17509/Eh.V9i2.7024

Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.

Bunu, H. Y. (2014). The Awareness On The Children’s Education Of The Dayak Ethnic. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 445–453. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Cp/Article/View/2388/Pdf

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112.

Fradinata, E., Abdullah, Harmen, H., Sayuthi, M., Rusnawati, M.K, Z., & Bakar, A. (2019). Penerapan Prokes Covid 19 Dalam Pelaksanaan Kkn Kolaborasi Dan Regular Xxi Di Bener Meriah - Aceh. 1(8), 1413–1420.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Dan Kesulitan Yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3297–3307. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/526/Pdf

Hikmah, Q., Lathif, M. A., & Khutobah, K. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Kartu Angka Di Tk Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3(2), 39. Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V3i2.3528

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program Calistung Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.3003

Mardika, A. G. (2019). Mengatur Kelembaban Tanah Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah Yl-69 Berbasis Arduino Pada Media Tanam Pohon Gaharu. 03, 130–140.

Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 2(3), 227–234.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.324

Notoatmodjo, S., Hassan, A., Hadi, E. N., & Krianto, T. (2012). Promosi Kesehatan Di Sekolah. Rineka Cipta.

Siswanto, H. (2014). Permasalahan Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 8(2), 137–150.

Subirin, N. A., Alwi, N. H., Fakhruddin, F. M., Manaf, U. K. A., & Salim, S. S. (2018). Ulul Albab Generation: Roles Of Ulul Albab Teachers In Malaysian Selected School. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 7(14), 190–191. Https://Doi.Org/10.6007/Ijarbss/V7-I14/3793

Susanto, A. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (1st Ed.). Kencana.

Sutini, S. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Mitra Guru Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid – 19. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(2), 29–35. Https://Doi.Org/10.51878/Cendekia.V1i2.127

Suyahman. (2015). Pendidikan Untuk Semua Antara Harapan Dan Kenyataan (Studi Kasus Permasalahan Pendidikan Di Indonesia). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2), 274–280. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/171168-Id-Pendidikan-Untuk-Semua-Antara-Harapan-Da.Pdf

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I1.P22-33

Undang-Undang Ri No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Widodo, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar Di Daerah Pinggiran. 8(2), 458–465. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i2.2131




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i12.7848

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.