Pengaruh Pendampingan melalui Kit Sensory Play terhadap Pengetahuan Ibu dari Anak Stunting tentang Stimulasi Perkembangan Anak
Sari
ABSTRAK
Tumbuh kembang menjadi salah satu indikator kesejahteraan fisik anak. Meskipun setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda, namun pemberian stimulasi dapat mengoptimalkan prosesnya. Stimulasi dapat dilakukan oleh setiap orang tua dengan menggunakan kit sensory play atau mainan sensory yang memanfaatkan secara maksimal kelima indera secara simultan.Untuk meningkatkan pengetahuan orangtua mengenai sensory play, dibutuhkan edukasi kesehatan khusus agar orangtua semakin sadar dalam stimulasi tumbuh kembang balita. Untuk mengetahui pengaruh edukasi stimulus sensory play dan tumbuh kembang anak terhadap tingkat pengetahuan ibu di Surakarta. Menggunakan quasi eksperimen, one group pre-post test design dengan teknik total sampling. Sasaran sebanyak 30 orang ibu yang memiliki anak stunting. Pengabdian ini dilaksanakan di kelurahan Pasar Kliwon, Surakarta, pada bulan Mei-Juni 2022. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan di analisis dengan uji wilcoxon. Terdapat balita dengan perkembangan yang menyimpang sebesar 26,7% serta meragukan 20%. Hasil analisis uji Wilcoxon dengan nilai signifikan 0,018. Pendampingan melalui Kit Sensory Play Terhadap Pengetahuan Ibu Dari Anak Stunting Tentang Stimulasi Perkembangan Anak berjalan lancar. Diperlukan adanya penyebaran informasi pada kelompok orangtua agar tumbuh kembang balita dapat maksimal melalui stimulasi yang diberikan.
Kata Kunci: Sensory Play, Tumbuh Kembang, Pengetahuan, Stimulus
ABSTRACT
Growth and development is an indicator of a child's physical well-being. Although each child has a different developmental speed, stimulation can optimize the process. Stimulation can be done by each parent by using sensory play or sensory toys that make maximum use of the five senses simultaneously. To increase parents' knowledge about sensory play, special health education is needed so that parents are more aware of stimulating the growth and development of toddlers. To determine the effect of sensory play stimulus education and child development on the level of knowledge of mothers in Surakarta. The research method uses a quasi-experimental, one group pre-post test design with a total sampling technique. The study was conducted on 30 mothers who had children who met the inclusion exclusion criteria. This research was conducted in Pasar Kliwon sub-district, Surakarta, in May-June 2022. The data was collected using a questionnaire and analyzed using the Wilcoxon test. Assistance through the Sensory Play Kit on Mother's Knowledge of Stunting Children about Child Development Stimulation runs smoothly. It is necessary to disseminate information to the parent group so that the growth and development of toddlers can be maximized through the stimulation provided.
Keywords: Sensory Play, Growth, and Development, Knowledge
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Al-Faruq, S. S., & Sukatin. (2020). Psikologi Perkembangan. Deepublish. Isbn:9786230229343.
Bkkbn. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendampingan Keluarga Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Di Tingkat Desa/Kelurahan. Jakarta. Direktorat Bina Penggerakan Lini Lapangan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional - Penelusuran Google. 2021. Retrieved October 27, 2022, From Https://Www.Google.Com/Search?Client=Firefox-B-D&Q=Bkkbn.+2021.+Panduan+Pelaksanaan+Pendampingan+Keluarga+Dalam+Upaya+Percepatan+Penurunan+Stunting+Di+Tingkat+Desa%2fkelurahan.+Jakarta.+Direktorat+Bina+Penggerakan+Lini+Lapangan+Badan+Kependudukan+Dan+Kelu
Black, R. E., Victora, C. G., Walker, S. P., Bhutta, Z. A., Christian, P., De Onis, M., Ezzati, M., Grantham-Mcgregor, S., Katz, J., Martorell, R., & Uauy, R. (N.D.). Maternal And Child Undernutrition And Overweight In Low-Income And Middle-Income Countries. Https://Www.Health.Gov.Au/Health-Topics/Bladder-And-Bowel/Bladder-And-Bowel-Throughout-Life/Bladder-And-Bowel-For-Children
Chamidah, A. N. (2009). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. Jpk (Jurnal Pendidikan Khusus), 4(3). Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V4i3.789
Devaney, C. (2013). What Works In Family Support? Https://Www.Academia.Edu/48641523/What_Works_In_Family_Support
Hartinger, S. M., Lanata, C. F., Hattendorf, J., Wolf, J., Gil, A. I., Obando, M. O., Noblega, M., Verastegui, H., & Mäusezahl, D. (2017). Impact Of A Child Stimulation Intervention On Early Child Development In Rural Peru: A Cluster Randomised Trial Using A Reciprocal Control Design. J Epidemiol Community Health, 71(3), 217–224. Https://Doi.Org/10.1136/Jech-2015-206536
Kementerian Kesehatan Ri. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Depkes Ri.
Khatib, M. N., Gaidhane, A., Ahmed, M., Saxena, D., & Syed, Z. Q. (2020). Early Childhood Development Programs In Low Middle-Income Countries For Rearing Healthy Children: A Systematic Review. Journal Of Clinical And Diagnostic Research. Https://Doi.Org/10.7860/Jcdr/2020/42134.13445
Mualli, C., Rofiki, M., Listrianti, F., & Jufria Vinori, M. (2022). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Concentration Of Children’s Learning In Motor-Sensory Play Management Development Framework. 6(5), 3807–3816. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i4.2140
Munzilin, I. A., Batubara, R. W., Fauziyah, N., Sukaris;, & Rahim, A. R. (2021). Pembelajaran Di Luar Kelas Melalui Penerapan. Dedikasimu (Journal Of Community Service), 3, 647–657.
Orth, U. (2018). The Family Environment In Early Childhood Has A Long-Term Effect On Self-Esteem: A Longitudinal Study From Birth To Age 27 Years. Journal Of Personality And Social Psychology, 114(4), 637–655. Https://Doi.Org/10.1037/Pspp0000143
Pratiwi, H., Bahar, H., & Rasma, R. (2016). Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Ibu Dalam Upaya Pencegahan Gizi Buruk Pada Balita Melalui Metode Konseling Gizi Di Wilayah Kerja Puskesmas Wua-Wua Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah, 1(3), 184596. Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/184596/
Rahmidini, A. (2020). Hubungan Stunting Dengan Perkembangan Motorik Dan Kognitif Anak. Seminar Nasional Kesehatan, 2(1), 90–104. Http://Www.Ejurnal.Stikesrespati-Tsm.Ac.Id/Index.Php/Semnas/Article/Download/272/192
Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.758
Stewart, C. P., Lannotti, L., Dewey, K. G., Michaelsen, K. F., & Onyango, A. W. (2013). Contextualising Complementary Feeding In A Broader Framework For Stunting Prevention. Maternal & Child Nutrition, 9 Suppl 2(Suppl 2), 27–45. Https://Doi.Org/10.1111/Mcn.12088
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Gwnheaaaqbaj&Lpg=Pp1&Hl=Id&Pg=Pp1#V=Onepage&Q&F=False
Yakuwa, M. S., Pancieri, L., Neill, S., & De Mello, D. F. (2022). Mothers’ Understanding Of Brain Development In Early Childhood: A Qualitative Study In Brazil. Https://Doi.Org/10.1177/21582440221096131, 12(2). Https://Doi.Org/10.1177/21582440221096131
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i2.8215
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.