Faktor-Faktor Yang |Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Lazada

Lestari Wuryanti, Risa Nurlia

Sari


ABSTRAK

Pesatnya perkembangan teknologi dapat menjadi area dimana pemasar dapat memperluas jangkauan mereka melalui Internet. Banyak penjual yang mulai mengubah bisnisnya menjadi toko online dari marketplace yang sudah ada. Penelitian ini mempunyai tujuan guna memahami pengaruh kualitas produk, layanan pengembalian, serta gratis ongkos kirim atas kepuasan pelanggan e-commerce Lazada. Populasi penelitian ialah semua pengguna Lazada di Kota Bandar Lampung khususnya pengguna Lazada di Jl. Raden Gunawan 2 Sukamaju LK1 berjumlah 100 orang. Model dievaluasi menggunakan model objektif. Metode analisis data yang diterapkan pada penelitian ini ialah analisis multilinear. Perolehan penelitian memperlihatkan kualitas produk, refund, dan gratis ongkos kirim relevan dengan pembelian pelanggan e-commerce Lazada di Kota Bandar Lampung, dan kualitas produk, refund, dan gratis ongkos kirim berlaku untuk pembelian. Kepuasan pelanggan Lazada di Kota Bandar Lampung juga mempengaruhi industri e-commerce di Kota Bandar Lampung. Artinya semakin banyak layanan cashback dan kupon gratis ongkos kirim akan membuat pelanggan semakin banyak tertarik untuk membeli dari e-commerce Lazada di Kota Bandar Lampung.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Program Cashback, Gratis Ongkos Kirim, Minat Beli.


Kata Kunci


Manajemen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Devi. 2020. “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Berbasis E-commerce”. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol.7 No.1.

Anwar, R. N. (2021). pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang produk scarlet di e commerce shoppi. e-ISSN: 2550-0813 | p-ISSN: 2541 657X | Vol 8 No 5 Tahun 2021 Hal. : 1370-1379.

Carmelita, W. (2019). Lazada Rebut Gelar Destinasi Belanja Online No.1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Merdeka. https://www.merdeka.com/uang/lazada-rebut-gelardestinasi-belanja-online-no1-di-indonesia-dan-asia-tenggara.html.

Darma, y. (2019). pengaruh peresepsi harga, kualitas produk, dan kepuasan. Masuk : 06-12 2019 , revisi : 21-12-2019 diterima untuk diterbitkan : 23-12-2019, 6.

Fernanda. 2020. 'Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif'.

Heni Puji Lestari, Kusni Hidayati, Ali rasyidi ‘Analisis peranan cashback dalam upaya Meningkatkan efektivitas pengendalian umur Piutang pada cv. Master Mat Surabaya’, Jurnal Equty 2.3. (2016) h. 400.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143.

Irawan, M. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya.Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri ISSN (Online) 2581 2157 Volume 05 Nomor 2 Tahun 2020 ISSN (Print) 2502-9304Te

Jannah, PTM, & Setyaningsih, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Lazada.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip marketing edisi ketuju. Penerbit salemba empat. Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin lane Keller. (2016). Manajemen pemasaran edisi 12 jilid 1 & 2.jakarta: PT. Indek.

Mawarsari, I. (2018). pengaruh kualitas produk, harga dan promos iterhadap minat beli ulang konsumen olahan buah carca studi pada toko oleh oleh ynasa food. 38.

Mira Istiqomah dan Nova Marlena, ‘Pengaruh Promo Gratis Ongkir dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion’, Jurnal Manajemen, 12.2 (2020), h. 288-298

Nathani, D., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Popularitas, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kamera Sony. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 953. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13437

Nurrohyani, Risya, and Estro Dariatno Sihaloho, ‘Pengaruh Promosi Cashback Pada OVO Dan Go-Pay Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Padjadjaran’, Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 20.1 (2020), 12–25.

Oryza Rully Adhiyani and Aris Indriyanti, ‘Analisa Pengaruh Iklan, Cashback, Dan User Friendly Terhadap Impulsive Buying Konsumen Dompet Elektronik OVO Di Surakarta’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9.1 (2021), h. 31–45.

Pandanwangi, Laura, and Sonja Andarini, ‘Pengaruh Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Pengguna Shopee’, Jurnal Bisnis 98 Dan Kajian Strategi, 5.1 (2021), 79–91.

Purnamawati, N. L. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan peresepsi.11.

Ramdhani, D. (2022). 2205 pengaruh kualitas produk perespsi harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang Smartphone Oppo. jurnal ilimiah akutansi dan keuangan vol 4 spesial ISSUE 3 2022P-ISSN 2622 2191, E-ISSN 2622-2205

Safitri, A. N. (n.d.). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. E-BISMA,1(1),1910.37631/e bisma.v1i1.212P-ISSN 2774 8790 | E-ISSN 2774-8804.

Sugiyono (2017). Kerangka Pemikiran Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Suparwo, A. (2021). pengaruh kualitas produk, kualitas informasi dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli online di Lazada. Volume 1, nomor 4 oktober 2021.

Wijiastuti, n. c. (2021). pengaruh peresepsi harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa gofood dikota sorong. 8.

Wulan, Winda Noor Nawang, Suharyati Suharyati, and Rosali Rosali, ‘Analisis Pembelian Tidak Terencana Pada Toko Online Shopee’, Ekonomi Dan Bisnis, 6.1 (2019), 54–71




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v13i2.14754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##