Penentuan Strategi Bisnis Pada Perusahaan Industri Roti Greyoung Bakery Melalui Pendekatan Analisis SWOT

Emy Khikmawati, Melani Anggraini, Nazibur Ilal

Sari


Greyoung Bakery merupakan perusahaan industri roti yang sedang berkembang
keberadaanya. Pada perusahaan ini, pemilik usaha belum melakukan pencatatan khusus mengenai
strategi dalam usahanya serta faktor yang mempengaruhi dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis strategi bisnis dengan pendekatan SWOT. Dalam penelitian ini diperlukan
penelusuran data melalui penyebaran kuesioner. Metode ini selanjutnya digunakan untuk
menganalisis faktor-faktor dan strategi pengembangan analisa SWOT. Dari pengolahan data, hasil
SWOT dari faktor internal dan eksternal diperoleh nilai X>0 yaitu 1,075 dan nilai Y yaitu 1,155,
dimana pada nilai ini posisi matriks kuadran SWOT berada pada strategi agresif yaitu dengan
menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa dari analisis SWOT perusahaan dapat mengembangkan usahanya karena perusahaan memiliki
kekuatan dan peluang.

Kata Kunci


Analisis SWOT, Industri Roti, Strategi Bisnis.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v7i1.2161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##