FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN SHOPEE PINJAM (SPINJAM) PADA GEN Z

LESTARI WURYANTI, ANYELIR ALIYA VAHERA

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecenderungan mahasiswa Gen Z untuk meminjam uang tunai dari Shopee dipengaruhi oleh literasi keuangan mereka, apakah gaya hidup memengaruhi kebutuhan ini, dan apakah gaya hidup & literasi keuangan memengaruhi permintaan ini secara bersamaan atau bersama-sama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah investigasi kausal dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat analisis IBM SPSS. Populasi penelitian terdiri dari 190 mahasiswa kebidanan Gen Z dari Universitas Malahayati. Dengan menggunakan teknik pemilihan acak sederhana, kelompok yang digunakan untuk penelitian ini dipilih secara acak dari populasi saat ini, menghasilkan total 129 mahasiswa dengan menggunakan metode Slovin. Temuan penelitian ini meliputi: Baik gaya hidup dan literasi keuangan berdampak pada minat siswa Gen Z dalam pinjaman Shopee, dan gaya hidup dan literasi keuangan berdampak pada minat siswa Gen Z dalam pinjaman Shopee.

Kata kunci: Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Minat Pengguna, Shopee Pinjam.


Kata Kunci


Literasi Keuangan; Gaya Hidup; Minat Pengguna; Shopee Pinjam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, M., & Delimunthe, Z. (2020). Apakah Social Influence Mempengaruhi Intensi Meminjam melalui Peer to Peer Lending. Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, Depok 16424.

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup pada Perilaku Keuangan pada Generasi Milenial. Textile View Magazine, 01(02), 92– 101.

Erdi, T. W. (2023). Faktor-Faktor Keputusan Melakukan Pinjaman Online: Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi. Journal.Fkpt.Org, 3(3), 1273–1284.

Fauzia, A., & Nurdin. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung Angkatan 2015). Prosiding Manajemen, 5(1), 79-84.

Firmansyah, A., Falembayu, A., Andi, ) ;, Siburian, S., Bintang, ) ;, Ginting, P., Simatupang, C., Kelvin, ) ;, Putra, K., Aisyah, M., Muthia, ) ;, Marchelizi, A., Siallagan, N., Rifqi, ) ;, Wibowo, H., Ariawan, Y., Id, A. A., Keuangan, P., & Stan, N. (2021). Edukasi Literasi Keuangan kepada Kelompok Ibu-Ibu dan Remaja Terkait dengan Jasa Pinjaman Online Di Era Pandemi Covid 19. 1(1), 14–21.

Frederica, D., Magdalena, F. C. S., Gunarso, G., Anastasia, C., & Cici, H. D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Lainnya terhadap Niat Masyarakat Menggunakan Pinjaman Online. 7(1), 141–155.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM SPSS25. Edisi 5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponerogo.

Giswandhani, M., dan Hilmi, A. Z. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi Non-Tunai terhadap Sikap Konsumtif Masyarakat Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239–250. https://doi.org/10.31947/kareba.vi.11380

Inilah.com. (2024). 7 Risiko Gagal Bayar Pinjaman di Shopee yang Wajib Dipertimbangkan. https://www.inilah.com/risiko-pinjam-uang-di-shopee (Diakses pada 25 Oktober 2024)

Kanserina, D., Haris, I., & Nuridja, I. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol 5, No 1.

Kesuma, P., & Nurbaiti, N. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jesya, 6(1), 694–703.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Managment New Jersey: Prentice Hall.

Kusumaningtyas, I., & Canda Sakti, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 5 Nomor 3.

Kusumawardhany, S. S., Yunita Kurnia Shanti, Khoirunnisa Azzahra, Baiq Fitri Arianti, & Anggun Putri Romadhina. (2021). Penerapan Literasi Keuangan Dalam Memahami Financial Technology. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 151–160.

Manik, Y., & Bukhori, M. (2019). Literasi keuangan dan pengaruhnya Terhadap Hedonisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol 7, No 2, 66-76.

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Siaran Pers Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keungan Tahun 2022. SP 82/DHMS/OJK/XI/2022.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan RI. (2023). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2023 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan Masyarakat Indonesia. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, 53(9), 3–5.

Putri, S., dan Priono, H. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Sosial, Dan Gaya Hidup Terhadap Pengguna Aplikasi Pinjaman Online. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting Volume 7 Nomor 4, Tahun 2024 e-ISSN: 2597-5234.

Shopee. (2024). Bagaimana Cara Mengajukan kenaikan Limit Spinjam untuk Penjual. https://seller.shopee.co.id/edu/article/20536. (Diakses pada tanggal 05 Oktober 2024)

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Bandung: Alfabeta.

Sulistianingsih, H., Maivalinda, & Riski, T. R. (2021). Dampak Literasi Digital dan Faktor Demografi terhadap Perilaku Keuangan Pinjaman Online di Masa Pandemi Covid-19. 4(2), 259–270.

Time. (2018). How Generation Z Will Change the World. https://time.com/5250542/generation-z/. (Diakses pada tanggal 10 Oktober 2024)

Wuryanti, L., dan Zahara, Y. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Konsep Diri, Harga dan Kelas Sosial terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen di Coffeshop Kedai Kopi Pacar Hitam Lampung. Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati (JRAMM), 8(1). https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v8i1.2598.




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v14i2.21960

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##