Analisis Kebijakan Deviden Tunai Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Plat Merah Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesi

Pramandyah Fitah Kusuma, Endah Supenin Purwaningsih

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah variabel independen yang terdiri dari profitabilitas yang diukur dalam Return on Investment, investment oportunity set yang diukur dalam Market Book to Value of Equity, serta Cost Politic yang diukur dalam Return On Asset berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu kebijakan dividen tunai yang diukur dalam Dividend Payout Ratio, dan apakah Likuiditas sebagai variable moderasi dapat mempengaruhi hubungan tersebut, baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Obyek penelitian menggunakan perusahaan plat merah (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian yaitu 2015-2018, dimana pengambilan sampel didasarkan pada karakteristik yang telah ditentukan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari situs resmi BEI yaitu www.idx.co.id. Data diolah dengan program SPSS menggunakan alat uji regresi berganda dan regresi interaksi.


Kata Kunci


Return on Invesment, Market Book to Value of Equity, Cost Politic, Dividend Payout Ratio dan Current Ratio

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugrah, Anthi Dwi Putriani. Analisis Pengaruh Investment Oportunity Set (IOS) Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Manufaktur. Universitas Gunadarma.

Asiah, Siti dkk. 2012. Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi. Surabaya : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Hayati, Zalina. Pengaruh Investment Oportunity Set, Profitability dan Corporate Finance Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Jannati, Attina. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Growth Terhadap Kebijakan Dividen. Universitas Siliwangi.

Kasanah, Uswatun. 2009. Analisis Pengaruh Investasi, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2000-2004. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kholidyah, Rudi Pratono. 2014. Pengaruh Profitabilitas Dan Invesment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Deviden Tunai Dengan Cash Ratio Sebagai Variabel Moderasi. Surabaya : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Kurniawan, Iwan. 2012. Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Kebijakan Pembayaran Dividen pada Perusahaan Industri Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Malang : Universitas Brawijaya Malang.

Liza Kumala Elissya. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Tunai. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Marlina, Lisa dan Clara Danica. 2008. Analisis Pengaruh Cash Position, Debt Equity Ratio dan Return On Assets Terhadap Dividend Payout Ratio. Sumatera : Universitas Sumatera Utara.

Moeljadi. 2007. Manajemen Keuangan. Jilid 1. Malang : Universitas Brawijaya Malang.

Nopratiwi, Agustina M.V. 2004. Analisis Korelasi Investment Oportunity Set Terhadap Return Saham (Pada Saat Pelaporan Keuangan Perusahaan). Yogyakarta : STIE YKPN Yogyakarta.

Palino, Novianty. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividen Tunai Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Makassar : Universitas Hasanuddin Makassar.

Prastowo, Dwi. D dan Rifka Juliaty. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Putri, Arie Pratania. 2011. Pengaruh Investment Oportunity Set Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Dan Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Sadalia, Isfenti dan Nurul Syari Syafitri Saragih. 2008. Pengaruh Profitability Dan Investment Oportunity Set Terhadap Dividen Tunai Pada Perusahaan Terbuka Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.1 No.3. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Sartono, Agus. 1998. Manajemen Keuangan. Edisi Ketiga. BPFE Yogyakarta : Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Satwiko, Agung Galih dkk. 2005. Kebijakan Dividen Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Jakarta (BEJ) : Besaran, Strategi dan Stabilitas Dividen. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol. 8 No. 1 Hal. 13-33. Yogyakarta : Ikatan Akuntansi Indonesia.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori Dan Praktik. Surabaya : Penerbit Erlangga.

Suharli, Michell. 2004. Pengaruh Profitability Dan Investment Opoertunity Set Terhadap Dividen Tunai Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Penguat. Surabaya : Universitas Kristen Petra Surabaya.

Sunarto. 2004. Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Investment Oportunity Set, Return On Asset Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio. Semarang : Universitas Diponegoro.

Tjandra, Ronowati. 2005. Pengaruh Investment Oportunity Set (IOS) Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Pemoderasi Pilihan Prosedur Akuntansi Pada Perusahaan Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta. Yogyakarta : STIE YKPN Yogyakarta.

Weston, Fred dkk. 1991. Manajemen Keuangan. Jakarta : Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v11i4.3786

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##