Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan

Indah Lia Puspita, Eka Sariningsih, Yustika Maharani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan, kebijakan utang, kebijakan dividen, keputusan investasi, tanggung jawab sosial perusahaan, tata kelola perusahaan yang baik dan penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel penelitian yang diperoleh sebanyak 159 sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi berganda pada aplikasi SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Kinerja Keuangan, Kebijakan Kehutanan, Keputusan Investasi, Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan variabel Kebijakan Dividen, Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial, Direksi dan Penghindaran Pajak tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.


Kata Kunci


Financial Performance, Debt Policy, Dividend Policy, Investment Decision, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Tax Avoidance.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saraswathi (2016), Pengaruh Manajemen Laba Dan Perencanaan Pajak terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016. (digilib.unila.ac.id) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Lamria Sagala(2018), Pengaruh Profitabilitas, Asset Tangubility, Tingkat Pertumbuhan, Dan Non-Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Asia Tenggara) Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, Volume 2, Nomor (2), 115-119.

Mayogi Gusti Dien, (2016), Pengaruh Profitabilitas, Kebijaskan Dividen, dan Kebijakan Hutang, Jurnal Ilmu Riset Akuntansi (JIRA), 2016-jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id Volume 5, Nomor 1, Januari 2016.

Muh. Arief Effendi (2016), Buku The Power Of Good Corporate Governance, Teori dan Implementasi Edisi 2, Salemba Empat

Ningrum Setiya Indah (2019), Pengaruh Good Corporate Governance, Struktur modal Dan Pertumbuhan Laba Terhadap Kualitas Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa efek Indonesia.

Rachmad (2012), Pengaruh Good Corporate Governance Pada Nilai perusahaan Dengan Moderasi Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Vol 13 No (1).

Resmi Siti (2015), Buku Perpajakan Edisi 11, Pengarang Prof. Dr. Rochmat Soemitro S.H

Rudianto (2018), Buku Akuntansi Entermediate, Erlangga

Sudana Made I (2015), Buku Teori & Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan, erlangga

Sugiyono (2016), Buku Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Alfabeta.

Warren (2018), Buku Pengantar Akuntansi 2, Salemba Empat

Chandrarin (2018), Kebijakan Hutang, Ukuran Perusahaan Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Industri Perbankan Di Indonesia, Financial Review Vol. 1 No. 2

Faisal Ahmad Fahmi (2015), Faktor – Faktor Nilai Perusahaan Kajian Berdasarkan Modal Intelektual, Pertumbuhan Dan Kinerja Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Vol 30 No (4).

Ghozali Imam (2013), Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Laba Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi.

Halim Abdul (2019), Buku Analisis Investasi Dan Aplikasinya Dalam Aset Keuangan Dan Aset Riil, Edisi 2. Salemba Empat

Lupiyoadi, Ikhsan (2015), Pengaruh laverage, Nilai Pasar Dan profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Studi Pada perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di LQ45 Tahun 2019.

Wibawa Wijaya (2010), Pengaruh Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Tercatat Di BEI Periode 2015-2018). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Volume 12 Nomor 2.

Brigham & Houston (2014), Buku Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11, Salemba Empat

Handriyani (2013), Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Mekanisme Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan.

Nurmawan Muhammad (2020), Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2018.

Permanasari (2010), Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan

Pertiwi (2016), Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan.

Prasiwi (2015), Pengaruh Konservatisme Akuntansi Dan Penghindara Pajak Terhadap Nilai Perusahaan

Ria Kadek (2017), Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan.

Tobing Sujardi (2016), The Effect Of Profitability, Laverage, Audit Committee And Board Of Directors On Firm Value. Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi Vol. 11 No. 1

Yudha, dkk (2018), Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan.




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v10i2.4902

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##