Analisis Yang Mempengaruhi Ketetapan Waktu Dalam Pelaporan Keuangan BAPPEDA Sumatera Utara dan Dalam Perspektif Islam

Kamilah K, Tengku Fahma Riansyah

Sari


Jurnal ini bermaksud untuk meganalisis faktor yang tepat paling mempengaruhi ketepatan waktu dalam pelaporan keuangan BAPPEDA SU dan dalam pandangan Islam. Metode deskripftif adalah metode yang dipilih peneliti dalam penelitian ini dengan memilih teknik sistem pengumpulan data melalui sistem wawancara dan melalui studi pustaka. Terdapat ketidaktepatan dalam pelaporan keuangan pada BAPPEDA SU dikarenakan BAPPEDA SU sebuah instansi yang berskala besar memiliki banyak transaksi-transaksi dan data-data yang mesti dikumpulkan, tetapi ketidaktepatan waktu ini tidak telalu lama dari batas waktu yang telah ditentukan dan keterlambatan ini tidak berpengaruh kepada hasilnya. Faktor tepat yang paling mempengaruhi ketepatan waktu dalam pelaporan keuangan di BAPPEDA SU ialah ukuran perusahaan, BAPPEDA SU bukan sebuah perusahaan yang mencari laba sehingga peneliti disini mengukur besar kecilnya suatu instansi tersebut dari skala jangkauangannya, yang mana BAPPEDA SU jangakauannya berskala Provinsi.

Kata Kunci


Ketetapan Waktu; Laporan Keuangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfurkaniati, Dkk. 2017. Pengantar Akuntansi I. Medan: Madenatera.

Apryana Eristanti, Baiq Dwi, and I Nyoman Nugraha Ardana Putra, ‘Faktor_Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah’, Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 2019.

Astuti, Christina Dwi, ‘Faktor Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan’, Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 2019.

Azhari, Akmal. 2014. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Al-Qur’an, Medan: citapustaka media perintis.

Dahlia, Zulkarnain dan, ‘Determinan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota

Sukabumi, Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2020.

Deliza Heny dkk, ‘Kualitas Laporan Keuangan Instansi Pemerintah’, Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, 202.

Devi, Nova Mega Kristiani &, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Penyajian Laporan Keuangan (Studi Kasus Perusahaan Perbankan Syariah Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2017)’, Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan, 2019.

Diyah, Wiwik Pratiwi dan Utami, ‘Determinan Kualitas Laporan Keuangan’, Jurnal Akuntansi Dan Governance, 2020.

Elvi, Sukiantono dan, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan’, Akuntabel : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 2021.

Erma setiawati, dkk, ‘Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Dan Komite Audit Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan’, Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 2021.

Hermain, Rahmad daim dan Hendra, Diktat Akuntansi Syariah, Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2020.

Hernita, Tiwi, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Auditan Kepada Stakeholder’, Jurnal Manajemen Bisnis, 2020.

Ismawati, Pujiatmi & Kun, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan’, Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 2018.

Jaenudin, Jejen, ‘Pengaruh Kompetensi SDM Dan Teknologi Informasi Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keunagan Serta Pengaruhnya Pada Kinerja Keberlanjutan Keuangan’, Ekuitas: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 2019.

Miharja, Een Samawati, Lilik Handajani, and Lalu M. Furkan, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keandalan Dan Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat’, Indonesia Accounting Journal, 2020.

Mulyani, Dean Sastra dan Sri, ‘Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dan Perpajakan’, Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan, 2019.

Nouvita Heban., dkk, ‘Analisis Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pemerintah Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar I’, AkMen Jurnal Ilmiah, 2020.

Rizki Afri, dkk, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah’, Jurnal El-Riyasah, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v11i3.6385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##