Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM Di Bandar Lampung

Sri Astuti, irawan irawan, Muhammad Muhayyin Sidik

Sari


Pengembangan dan pertumbuhan UMKM merupakan salah satu motor penggerak yang krusial bagi pembangunan ekonomi. Berdasarkan pengalaman di negara-negara maju menunjukkan bahwa UMKM adalah sumber dari inovasi produksi dan teknologi, pertumbuhan jumlah wirausahawan yang kreatif dan inovatif dan penciptaan tenaga kerja terampil dan fleksibel dalam proses produksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi bagi UMKM. Faktor-faktor tersebut adalah jenjang pendidikan pemilik,lama usaha,  skala usaha,dan pengetahuan pemilik tentang informasi akuntansi apakah berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Hasil penelitian ini sangat penting untuk para pelaku UMKM di Kota Bandar Lampung untuk lebih memahami dan memanfaatkan informasi akuntansi dalam penyusunan laporan keuangannya. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan dasar bagi Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam menambahkan berbagai langkah strategis dalam memberikan pembinaan dan pendampingan UMKM dan melakukan evaluasi terhadap capaian yang selama ini sudah dilakukan dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota untuk semakin memberdayakan UMKM.


Kata Kunci


UMKM, krusial, fleksible, Informasi Akuntansi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto dan Suharsini. 2001.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Karya.

Astiani Y. 2017. Pengaruh persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Jurnal Akuntansi, 6, 5–9

Badan Pusat Statistik (BPS). 2018. Lampung dalam angka. BPS Provinsi Lampung, Bandar Lampung

Hudha C.2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dimoderasi Ketidakpastian Lingkungan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 68.

Kaukab ME. 2020. Indonesian Economic Outlook 2020: Peluang Dari Keterbukaan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 38-47.

Moenir AS. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: BumiAksara

Nabawi IN. 2018. Analisis faktor-faktor yang mempegaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha mikro kecildan menengah di kota Yogyakarta.Jurnal Akuntansi, 53(9),1689–1699.

Panca O, Putra H, dan Santoso HB. 2020. Contextual factors and performance impact of e-business use in Indonesian small and medium enterprises (SMEs), Journal Heliyon.

Prisilia MP . 2019. Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Jumlah Tenaga Kerja terhadap pendapatan usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Langowan Timur. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 19 No. 04 Tahun 2019.

Samuj HR. 2007. IFRS for SMEs: A New Zealand Perspective. International Small Business Jounal, 19 (2).

Timotius KH. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v11i4.8814

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##