MODEL LOYALITAS PELANGGAN: SUATU EXPLORASI MEMBANGUN DETERMINASI SISTEM PENGUKURAN KINERJA STRATEGIS (KAJIAN EMPRIS UMKM DI BANDAR LAMPUNG)

Fredi Setiawan, Harmani Harmani, Iing Lukman

Sari


Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia,. UMKM memiliki kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja. Selama pandemi, kita melihat banyak UMKM terpuruk, tapi begitu kita melihat saat ini UMKM yang tadinya terpuruk sudah kembali beroperasi normal. Salah satu cara berbisnis adalah mendirikan suatu bentuk usaha.

Usaha Kuliner dipilih karena dilihat bahwa pada masa pademi usaha ini tetap dapat dijalankan walau dengan metode yang tidak biasa, masa pandemic memaksa pelku usaha dan konsumen untuk beralih ke era digital selain itu para pelaku bisnis kuliner harus menciptakan inovasi baru dan menciptakan strategi pemasaran yang dapat membuat usaha kuliner yang dibangun memiliki ciri khas yang menjadi keunggulan dalam bersaing dengan para kompetitor.

Berdasarkan fenomena tersebut penulis tertarik untuk mengkaji “Model Loyalitas Pelanggan: Suatu Explorasi Membangun Determinasi Sistem Pengukuran Kinerja Strategis (Kajian Empiris UMKM Di Bandar Lampung khususnya wilayah kecamatan Kemiling, Pahoman dan Wayhalim)”

Berdasarkan hasil uji validitas terhadap 60 responden atas instrumen pernyataan yang digunakan untuk masing-masing variabel. Tabel 4.1 diatas memperlihatkan bahwa seluruh item pernyataan memiliki nilai koefisien korelasi positif dan lebih besar daripada r tabel, r hitung > r tabel. Hal ini berarti bahwa data yang diperoleh secara keseluruhan valid dan dapat dilakukan pengujian data lebih lanjut.

Berdasarkan data pada tabel 4.2 yang meliputi Kualitas Layanan, Sisim Kinerja Stategis dan Loyalitas Pelanggan, masing- masing memiliki nilai Cronbach’ Alpha  0.727, 0,736 dan 0,614. Semua instrumen dinyatakan reliabel karena memiliki nilai Cronbach’ Alpha lebih 0,60.

Dari penelitian yg dihasilkan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kualitas layanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, terdapat pengaruh Sistim kinerja Strategis terhadap Loyalitas Pelanggandan terdapat pengaruh secara simultan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kualitas Layanan dan Sistim kinerja Strategis terhadap Loyalitas Pelanggan.


Kata Kunci


UMKM, pengukuran kinerja strategis, model loyalitas pelanggan, bisnis diera digital.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, D. (2013). Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. Jakarta: : Prestasi Pustaka.

Adiristi, S. P. (2022). Strategi Bertahan Usaha Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1-7.

Andarini, Y. T. (2017). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Telkomsel Simpati di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM),, 6(10).

Aryani, D. &. (2011). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 3.

Ashshidiqy, N. &. (2019). Penyelarasan Teknologi Informasidengan Strategi Bisnis. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 51-59.

Board, I. I. (2014, January–June -). Domestic and Foreign Direct Investment Realization in Quarter II . Retrieved from https://www.indonesia-investments.com: https://www.indonesia-investments.com/upload/documenten/bkpm-domestic-and-foreign-direct-investments-semester-i-2014.pdf

Fraenkel, J. L. (2012). How to design and evaluate research in education eighth edition. New York: Mc Graw Hill.

Gosal, L. E. (2022). Sistem Pengukuran Kinerja Strategik Sebagai Pembelajaran Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Manajer. Jurnal Akuntansi, Auditing dan Keuangan, 99-125.

Gultom, D. K. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 171-180.

Henri, J. F. (2010). Eco-control: The influence of management control systems on environmental and economic performance. Accounting. Organizations and Society, 25(1), 63-80.

Ichsan, R. N. (2021). Strategi Bisnis Umkm Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 552-560.

Jackson, A. (2015). Evaluasi dan perancangan model bisnis pada kaisar organizer dengan business model canvas. Agora, 3(2), 302-305.

Jogiyanto, H. M. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi Offset.

Karina, S. D. (2017). Pengembangan kuliner. . Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Karsana, I. W. (2019). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Ward & Peppard Pada Sekolah Bali Kiddy. Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, 4(1), 41-49.

Kerzner, H. (2017). Project management: a systems approach to planning, scheduling, and controlling. New Jersey: John Wiley & Sons.

Octavanny, V. (2021). Analisis Model Bisnis pada UMKM Kuliner yang Menerapkan Konsep Sharing Food. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 1-15.

Osterwalder, A. &. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). . France: John Wiley & Sons.

Pearce‐Higgins, J. W. (2007). The role of forest maturation in causing the decline of Black Grouse Tetrao tetrix. IBIS, 149(1), 143-155. doi: https://doi.org/10.1111/j.1474-919X.2006.00623.x

Rakhman, A. (2021). Laporan Abdimas Genap 2021 pada KGN. Jakarta: Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Ray Karasek, P. B. (2012). Signaling Theory: Past, Present, and Future. Academy of Strategic Management Journal, Volume 11, Number 1, 2012, 91-99.

Sari, D. W. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Giri Husada Purwantoro. Jurnal Farmasindo, 6(1), 52-56.

Spence, M. (1978). Job market signaling. Canada: Academic Press.

Sulestiyono, D. A. (2022). Analisis Strategi Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk UMKM. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 237-255.

Sutrisno, W. (2020). Pengembangan Strategi Bisnis Kuliner Yang Kompetitif Dengan Penerapan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus: Rumah Makan Ayam Bacem Pak Kromo). Retrieved from dspace.uii.ac.id: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/28754

Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian. . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Udaya, J. W. (2013). Manajemen Stratejik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yobel, E. C. (2020). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Ward and Peppard Di Perusahaan PT Pura Barutama (Unit Pm1O). Sebatik, 24(1), 113-119.

Yulisetiarini, D. &. (2019). The effect of price, service quality, customer value, and brand image on customers satisfaction of telkomsel cellular operators in east Java Indonesia. Repository Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v12i2.9684

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##