MANFAAT DAUN KATUK SEBAGAI PELANCAR ASI DI DESA JATIMULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Nita Evrianasari -  Unmal, Indonesia
Astriana Astriana* -  , Indonesia

Pemberian ASI Eksklusif dikenal sebagai salah satu yang memberikan pengaruh paling kuat terhadap kelangsungan hidup anak, pertumbuhan dan perkembangan. Zat gizi yang berkualitas tinggi pada Air Susu Ibu (ASI). Dukungan pemberian ASI Eksklusif bentuk memberikan perlindungan kepada ibu dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dan meningkatkan peran dan dukungan keluarga, masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah terhadap ASI eksklusif (Kemenkes RI, 2012).

Menurut laporan tahunan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tampak bahwa cakupan pemberian Asi Ekslusif pada tahun 2011 adalah sebesar 29,24 dengan angka target 60%, sedangkan pada tahun 2012 angka cakupan tercatat sebesar 30, 05% dengan target sebesar 80% di provinsi Lampung belum mencapai target yang ditetapkan provinsi. Pada tahun 2011 tercatat pencapaian ASI ekslusif di Kota Bandar lampung sebesar 65, 1% dan di tahun berikutnya 2012 terjadi peningkatan sebesar 67, 93% namun di tahun 2013 mengalami penurunan yaitu sebesar 66,54%.Tahun 2014 cakupan pemberian ASI ekslusif di Kota Bandar Lampung adalah 68,7% terjadi peningkatansebesar 72, 9% di tahun 2015. Angka ini bila dibandingkan dengan target nasional masih dibawah dari target yang di inginkan (82,25%) (Dinkes,2019).

Kegiatan inovasi dimulai dengan memberikan soal pre test guna menggali pemahaman ibu menyusui tentang manfaat daun katuk untuk produksi ASI. Selanjutnya memberikan edukasi/penyuluhan mengenai manfaat daun katuk dan demonstrasi cara pembuatan puding daun katuk yang ditujukan kepada ibu menyusui dan selanjutnya melakukan evaluasi terhadap pemahaman ibu menyusui setelah diberikan penyuluhan dengan memberikan soal post test. Terdapat peningkatan pengetahuan ibu menyusui setelah diberikan edukasi akan manfaat dari konsumsi puding daun katuk. Diharapkan kader dan Masyarakat khususnya ibu- ibu menyusui dapat melaksanakan dan melanjutkan kegiatan penyuluhan tentang pemberian ASI eksklusif pada bayi dengan menggunakan puding daun katuk sebagai inovasi lain dalam mengonsumsi daun katuk yang bermanfaat untuk melancarkan ASI.

Kata Kunci : Penyuluhan, Asi Ekslusif, Ibu Menyusui, Puding Daun Katuk

  1. Armini NW, Sriasih NG, Marhaeni GA. (2020). Neonatus, Bayi dan Bidan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  2. Atika. (2010). Imunisasi dan Vaksinasi. Bantul, Yogyakarta Nuha Medika.
  3. Kemenkes RI. Survei Kesehatan Dasar Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2012.
  4. Kristiyanasari W. (2009). ASI, Menyusui & Sadari. Yogyakarta: Nuha Medika. Suherni. (2009). Perawatan Masa Nifas. Yogyakarta: Fitramaya.
  5. Dinkes Provinsi Lampung. 2016. Rencana Strategi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2015-2019. Bandar Lampung.
  6. Qomariah, Nikmatul. 2016. Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Dalam PemberianASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Rembang 2 dan PuskesmasSarang. Jurnal KesehatanMasyarakat. Vol. 4, No 1.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License