INOVASI GERDU MILKATA (GERAKAN DUKUNG IBU HAMIL KONSUMSI KACANG TANAH) KOMUNITAS DI KAMPUNG RUKTI ENDAH KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023

Nurliyani Nurliyani -  Prodi DIV Kebidanan Univeristas Malahayati, Indonesia
Rosmiyati Rosmiyati* -  Prodi DIV Kebidanan Univeristas Malahayati, Indonesia
ABSTRAK 

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang meliputi peningkatan kualitas, taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan rakyat. Pelayanan kesehatan yang merupakan dasar dalam upaya prioritas pembangunan kesehatan memiliki berbagai bentuk dan tujuan. Salah satu tujuan utamanya adalah kesehatan bagi ibu dan anak, sebab derajat kesehatan ibu dan anak sangat berperan dalam menentukan kualitas sumber daya manusia pada masa yang akan datang dan merupakan pangkal pokok dari kesehatan masyarakat.

Asuhan kebidanan komprehensif adalah asuhan yang diberikan secara menyeluruh dengan adanya pemeriksaan sederhana dan konseling asuhan kebidanan yang mencakup pemeriksaan berkesinambungan diantaranya asuhan kehamilan, persalinan, bayi baru lahir dan nifas. (Varney, 2010).

Penyuluhan ini bertujuan untuk Melakukan Asuhan Kebidanan di komunitas meliputi asuhan pada wanita sepanjang daur kehidupan, neonatus, bayi, balita, melakukan pelayanan pengobatan secara sederhana, penanganan kegawatdaruratan di komunitas dan mempraktikkan sistem informasi dan manajemen kesehatan dalam pelayanan kebidanan komunitas serta meningkatkan peran serta masyarakat.

 

Hasil penyuluhan diperoleh : Menyampaikan program inovasi yaitu “GERDU MILKATA” (Gerakan Dukung Ibu Hamil Konsumsi Kacang Tanah). Gerdu Milkata adalah Inovasi yang kami rancang dengan tujuan memberikan pendidikan kesehatan dalam upaya peningkatan status gizi ibu hamil dengan kekurangan energi kronis. Inovasi ini berfokus untuk pemecahan masalah bagi ibu hamil dengan kekurangan energi kronis didesa Rukti Endah. Adapun kegiatan dalam GERDU MILKATA antara lain penyuluhan kesehatan tentang penanganan ibu hamil dengan kekurangan energi kronis, pemberian kartu pemantauan ibu hamil kekurangan energi kronis serta pembuatan formula kacang tanah berupa minuman yang nantinya bisa dikonsumsi ibu hamil sebanyak 300 ml (1 gelas) sehari selama 30 hari untuk meningkatkan status gizi ibu hamil KEK.

 

Kata Kunci: Kesehatan, kualitas/taraf hidup, Asuhan bidan komprehensif

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License