PENYULUHAN KESEHATAN DAN PELATIHAN KADER TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET DI KELURAHAN SETIA NEGARA KECAMATAN SIANTAR SITALASARI KOTA PEMATANGSIANTAR

Parmiana Bangun* -  Poltekkes Kemenkes Medan Prodi Kebidanan Pematangsiantar, Indonesia
Vera Renta Siahaan -  Poltekkes Kemenkes Medan Prodi Kebidanan Pematangsiantar, Indonesia

Anemia selama kehamilan utamanya disebabkan karena kekurangan zat besi (Fe). Kekurangna mikronutrien seperti asam folat, vitamin A, dan vitamin B12. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kejadian pada kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu hamil diantaranya faktor langsung diantaranya asupan makanan dan infeksi patogen. Penanganan anemia pada ibu hamil merupakan salah satu agenda penting dalam pembangunan nasional karena anemia terkait langsung dengan kesehatan masyarakat yaitu kesehatan ibu. Tujuan : Dengan Memberikan Penyuluhan dan Menggunakan media Booklet dapat meningkatkan pengetahuan Kader mengenai pengertian anemia, gejala, epidemiologi,etiologi dan penatalaksaaan anemia dalam kehamilan dan pengetahuan penyakit infeksi menular pada  pada ibu dan anak. Metode Pelaksanaan: Metode kegiatan ini berupa penyuluhan dan pelatihan kepada Kader Di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Sitalasari Setelah diberi penyuluhan dan pelatihan selanjutnya kader dibimbing  untuk menerapkan hasil pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan melakukan penilaian tentang anemia pada ibu hamil. Manfaat : Bagi KaderKegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kader tentang anemia dan PIMS pada ibu dan anak,agar ibu hamil dikelurahan setia negara terhindar dari Anemia dan PIMS. Sedangkan Bagi Dosen Prodi Kebidanan Pematangsiantar Sebagai tugas pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga dapat mengaplikasikan hasil pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Hasil : Berdasarkan tabel diatas dapat  diketahui  bahwa pengetahuan penyuluhan dan pelatihan Kader tentang anemia yaitu cukup sebanyak 10 orang (40%) dan baik sebanyak 4 orang (16%) dan pengetahuan kurang sebanyak 11 orang (44%). Sedangkan pada pada hasil penilaian akhir (post test) diketahui ada peningkatan yaitu pengetahuan baik menjadi 21 orang (84 %) dan yang berpengetahuan kurang tidak ada. Saran : Diharapkan ada tindaklanjut dari pihak Puskesmas dan di Kelurahan agar selalu memberikan pendidikan dan pelatihan kesehatan secara berkesinambungan  kepada kader agar mereka tetap mempunyai keterampilan yang dapat dapat diaplikasikan kepada masyarkat terutama pada ibu hamil.

  1. Aini, I. (2020). Hubungan pengetahuan ibu hamil tentang zat besi dengan kejadian anemia pada kehamilan trimester III. Jurnal Kebidanan, 10(1), 13–17.
  2. Alam, S., Ansyar, D. I., & Satrianegara, M. F. (2020). Eating pattern and educational history in women of childbearing age. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 12(1), 81– 91.
  3. Amanupunnyo, N. A., Shaluhiyah, Z., & Margawati, A. (2018). Analisis Faktor Penyebab Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Kairatu Seram Barat. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2), 173–181.
  4. Fasa, Firdha. 2020. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Usia Ibu Hamil Terhadap Perilaku Kunjungan Pemeriksaan Triple Eliminasi. Jurnal Kebidanan Indonesia.https://stikesmus.ac.id/jurnal/index.php/ (diakses pada tanggal 11 Februari 2021).
  5. Kristiyanasari, Weni. 2010. Gizi Ibu Hamil. Yogyakarta: Nuha Medika.
  6. Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2016. Kemenkes RI.
  7. Kementrian Kesehatan Indonesia. 2015. Pedoman Manajemen Program Pencegahan Penularan HIV dan Sifilis dari Ibu ke Anak bagi Tenaga Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
  8. _____.2017. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Eliminasi Penularan Human Immunodeficiency Virus, Sifilis dan Hepatitis B dari Ibu ke Anak. Jakarta.
  9. Irianti B, Halida EM, Duhita F. Asuhan kehamilan berbasis bukti. Jakarta: Sagung Seto; 2016.
  10. Ipa, A., Pratama, R., Hasan, Z. A., & Husniyah, H. (2020). Penguatan Kemitraan Dengan Kader Kesehatan Dalam Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Program Kesehatan Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Wilayah Desa Binaan. Media Implementasi Riset Kesehatan, 1(1).
  11. Miskin, S. Rompas, S. Ismanto, A.Y. 2016. Hubungan Pengetahuan Ibu dan Peran Kader Dengan Kunjungan Balita di Posyandu Wilayah. Kerja puskesmas pineleng. E-journal keperawatan (e-kp). 4 (1)
  12. Proverawati, A (2013). Anemia dan Anemia kehamilan. Yogyakarta : Nuha Medika.
  13. Solehati, T., Sari, C. W. M., Lukman, M., & Kosasih, C. E. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Deteksi Dini Dan Pencegahan Anemia Dalam Upaya Menurunkan AKI Pada Kader Posyandu. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 4(1), 7-12.
  14. Sukmawati, S., Mamuroh, L., & Nurhakim, F. (2018). Pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan anemia pada ibu hamil di puskesmas haurpanggung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 804–807.
  15. Solehati, T. dkk. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Deteksi Dini Dan Pencegahan Anemia Dalam Upaya Menurunkan AKI Pada Kader Posyandu. Jurnal Keperawatan Komprehensif Vol. 4 No. 1, Januari 2018:7-12.
  16. Supariasa, I. D. N., Bakri, B., & Fajar, I. (2020). Penilaian Status Gizi (2nd ed.). Buku Kedoktran EGC.
  17. Surinati, I. Dewa Ayu Ketut, Suratiah, Dewa Made Ruspawan, Ni Nyoman Hartati, and Nengah Runiari. 2020. “Efektifitas Edukasi Pencegahan HIV / AIDS Melalui Small Group Discussion Pada Remaja.” Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat 2(1):107–12.
  18. Yunadi, F. D., & Septiyaningsih, R. (2020). Pemberdayaan Kader Dalam Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Ibu Hamil. Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad (JPMA), 2(2), 144–153.
  19. Yadav, R. K., Swamy, M. ., & Banjade, B. (2014). Knowledge and Practice of Anemia among pregnant women attending antenatal clinic in Dr. Prabhakar Kore hospital, Karnataka-A Cross sectional study. IOSR Journal of Dental and Medical Sciences, 13(4), 74–80. https://doi.org/10.9790/0853-13477480.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License