PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KESEHATAN MELALUI SOSIALISASI GERMAS DAN PELATIHAN KADER POSYANDU PRIMA DI KAMPUNG LIMAN BENAWI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Rosmadewi Rosmadewi* -  Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia
Ani Hartati -  Jurusan Farmasi, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia
Arianto Arianto -  Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia
Tati Baina Gultom -  Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Indonesia

Abstrak: Kampung Liman Benawi merupakan salah satu dari 14 kampung yang berada di wilayah Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Kampung Liman Benawi berdiri pada tahun 1935 oleh pemerintah kolonial Belanda dimana seluruh penduduknya berasal dari pulau jawa sebanyak 250 kepala keluarga yang dibagi menjadi 6 (enam) bedeng antara lain: Bedeng 6 polos selatan, bedeng 6 polos utara, bedeng 6b, bedeng 6c, bedeng Girirejo/Poncowati dan bedeng 6d.

Salah satu misi dari Kampung Liman Benawi yaitu meningkatnya tingkat kesehatan masyarakat dalam bentuk meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Berdasarkan analisa situasi di Kampung Liman Benawi terdapat permasalahan antara lain kesadaran masyarakat kurang tentang Gerakan Masyarakat untuk Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat, kurang  optimalnya peranan kader dalam peningkatan kesehatan di masyarakat, pengetahuan yang kurang tentang tanaman obat keluarga dan kebersihan lingkungan yang kurang.

Oleh karenanya, tim pengabdi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Penyuluhan Kesehatan tentang Germas dan PHBS, Pelatihan Kader Posyandu tentang Posyandu Prima dan Penanaman Obat Keluarga dan bergotong royong membersihkan lingkungan. Berkaitan dengan kegiatan pengabdian masyarakat, masyarakat cukup antusias dalam mengikuti kegiatan pengabmas yang sudah disepakati dengan pamong dan masyarakat. Sebagian besar masyarakat yang diundang untuk mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat di kampung Liman Benawi pada hadir. Disarankan, perangkat kampung dan masyarakat memprogramkan kegiatan dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakatnya berupa mengoptimalkan peran kader kesehatan, mengadakan kegiatan olah raga bersama setiap satu minggu sekali dan menjadwalkan kegiatan gotong royong serta memanfaatkan tanaman obat keluarga dalam rangka penanganan awal masalah kesehatan.

 

Kata kunci: Germas, PHBS, Pelatihan Kader, Tanaman Obat Keluarga, Kebersihan Lingkungan

  1. Agus, A. 2010. Tanaman obat Indonesia. Jakarta: Salemba Medika.
  2. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
  3. Irianto, Koes, 2014. Epidemiologi Penyakit Menular dan Tidak Menular Panduan Klinis. AlfabetaCv. Bandung. Hal 198.
  4. Notoatmodjo, Soekidjo, 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
  5. Kementerian Kesehatan RI, 2011. Buku Panduan Promosi Kesehatan di Puskesmas. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
  6. ................... (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Keterampilan.
  7. ................, 2016. Buku Panduan Germas. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
  8. ……………. (2020). Buku Panduan Germas : Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
  9. ……………. (2022). Buku Panduan Posyandu Prima
  10. Pinasih, Amalia. 2018. Praktik GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) 2017 Pada Lansia di Puskesmas Jenggawah Kabupaten Jember. Universitas Jember. Jawa Timur.
  11. Presiden RI, 2017. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Presiden Republik Indonesia. Jakarta.
  12. Tedi, dkk, 2018. Hubungan Program Germas Terhadap Kebiasaan Hidup Masyarakat Yang Telah dan Belum Mendapatkan Sosialisasi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Sukarame Palembang.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License