WEBINAR PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA SEBAGAI KELOMPOK AKTIF TERHADAP PENANGANAN AWAL CEDERA PATAH TULANG

Ringgo Alfarisi* -  Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati, Indonesia
Dinda Roro Fauziah -  Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati, Indonesia
Dhila Luna Pangestu -  Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Malahayati

Pendahuluan: Menurut Depkes RI (2011), dari sekian banyak kasus patah tulang (fraktur) di Indonesia, fraktur pada ekstremitas bawah akibat kecelakaan memiliki prevalensi yang paling tinggi diantara fraktur lainnya yaitu sekitar 46,2%. Remaja sebagai kelompok aktif memiliki resio dalam mengalami cedera terutama patah tulang. Namun demikian, mayoritas remaja belum memahami dengan baik tentang bagaimana cara penanganan awal cedera patah tulang. Penanganan awal yang salah dapat berdampak pada timbulnya komplikasi terhadap penderita patah tulang.

Tujuan: Kegiatan pengabdian masyarakat berupa webinar ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja dalam penanganan awal cedera patah tulang.

Metode: Kegiatan diwalai dengan persiapan pembuatan poster, virtual background, dan penyusunan materi penyuluhan oleh tim panitia. Sasaran peserta webinar adalah remaja berusia 18-19 tahun, dengan target jumlah peserta sebanyak 50 orang. Kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi interaktif via zoom meet. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pengambilan data nilai pre test dan post test peserta webinar dengan media google form.

Hasil: rerata nilai post test peserta penyuluhan (80,5) lebih tinggi dibandingkan nilai pre test penyuluhan (62,5). Hasil post test yang dilakukan oleh peserta webinar menggambarkan bahwa materi kegiatan dapat diterima oleh peserta dengan baik.

Kesimpulan: Dengan penanganan awal cedera yang tepat, maka berbagai komplikasi buruk dari cedera patah tulang dapat dicegah. Berdasarkan rerata hasil nilai pre test dan post test para peserta, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari kegiatan webinar ini telah tercapai dengan baik.

Kata Kunci: Patah tulang, remaja, pengetahuan

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License