Penyuluhan Pentingnya Antenatal Care Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Hamil

Ana Mariza -  Unmal, Indonesia
Nurul Isnaini* -  UNMAL, Indonesia

ABSTRAK

 

      Pendahuluan : Pelayanan asuhan antenatal merupakan cara penting untuk memonitor dan mendukung kesehatan ibu hamil. Pelayanan Antenatal merupakan pelayanan komprehensif dan berkualitas yang bertujuan untuk memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat. Cakupan pelayanan antenatal care di desa Banjar Dewa Kecamatan Banjar Agung masih sangat rendah. Kondisi ini menggambarkan masih tinggi ibu hamil yang belum mendapatkan pelayanan komprehensif dan berkualitas selama kehamilannya.

Tujuan : Kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu hamil tentang pentingnya Antenatal care

Metode :Kegiatan dimulai dengan terlebih dahulu memberikan soal pre test guna menggali pemahaman ibu hamil akan penting antenatal care dalam kehamilan. Selanjutnya memberikan edukasi/penyuluhan yang ditujukan kepada ibu hamil selama 45 menit dan selanjutnya melakukan evaluasi terhadap pemahaman ibu hamil  setelah  diberikan  penyuluhan  dengan  memberikan  soal  post  test. Terdapat peningkatan pengetahuan ibu hamil setelah diberikan edukasi akan pentingnya antaenatal care dalam kehamilan.

       Hasil : rerata nilai post test peserta penyuluhan (82,5) lebih tinggi dibandingkan nilai pre test penyuluhan (60,5). Hasil post test yang dilakukan oleh peserta webinar menggambarkan bahwa materi kegiatan dapat diterima oleh peserta dengan baik

       Kesimpulan :Diharapkan kader dapat melaksanakan dan melanjutkan program kader ANC.dan puskesmas meningkatkan kegiatan penyuluhan mengenai pentingnya pemeriksaan kehamilan bagi ibu hamil, keluarga, dan masyarakat

  1. Andriani & Wirjatmadi, (2012). Peranan gizi dalam siklus kehidupan. Jakarta: Prenada Media Group
  2. Fikawati & Syafiq. (2017). Gizi anak dan Remaja.. Depok: Rajawali Pers
  3. Fradika, A., Samino, S., Mariza, A., & Sari, D. Y. (2021). PERBEDAAN PEMBERIAN KONSUMSI TABLET FE DENGAN FE+ ASAM FOLAT TERHADAP PENINGKATAN HAEMOGLOBIN IBU HAMIL TM I DAN II. MIDWIFERY JOURNAL, 1(3), 157-162.
  4. Isnaini, N., Mariza, A., & Putri, M. A. (2022). Pentingnya Gizi Pada Ibu Hamil Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Di Periode 1000 Hpk. Jurnal Perak Malahayati: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
  5. Kementerian Kesehatan RI. (2021). Laporan Kinerja Kementerian Kesehatan Tahun 2020.Jakarta : Inspektorat Jenderal
  6. Kementerian Kesehatan RI. (2018). Survey demografi dan kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: BPS. BKKBN. Kemenkes RI & ICF International.
  7. Kementerian Kesehatan RI. (2018). Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan (ANC) Di Fasilitas Kesehatan. Artikel Kesehatan. Di akses dalam https://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-pemeriksaan-kehamilan-anc-di-fasilitas- kesehatan, tanggal 3 Agustus 2021
  8. Kementerian Kesehatan RI. (2015). Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.
  9. Kuswanti, I. (2014). Asuhan kehamilan. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
  10. Mariza, A. (2016). Hubungan pendidikan dan sosial ekonomi dengan kejadian anemia pada ibu hamil di BPS T Yohan Way Halim Bandar Lampung tahun 2015. Holistik Jurnal Kesehatan, 10(1), 5-8.
  11. Purwoastuti & Walyani. (2015). Panduan Materi Kesehatan Reproduksi Dan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Pustaka Baru.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License