PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI MELALUI BROSUR DAN CERAMAH TERHADAP MINAT DONOR DARAH PEMULA DI SEKOLAH

Yulika Sugesty -  Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung., Indonesia
Sulastri Sulastri* -  Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Renyep Proborini -  Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

THE EFFECT OF GIVING INFORMATION THROUGH BROCHURE AND LECTURES TO BEGINNER BLOOD DONORS’ INTEREST IN SCHOOL.

Introduction: In order to improve interest in blood donors, one step that can be taken is by giving information and education to change community understanding and behavior about blood donors.

Purpose: This study aims to determine the effect of giving information through brochures and lectures on the interest of beginner blood donors in schools.

Methods: The subjects of this study were 70 students from two classes of XI in Computer Engineering Network of Natar Budi Karya Vocational School. Interest scale was used as data collection methods and data was analyzed using the Wilcoxon test.

Results: The result obtained shows there is an effect of giving information either through brochures or lectures on the interest of beginner blood donors in schools. There are differences in interest among beginner blood donors between groups given information through brochures and lectures in schools

Conclusion: Brochure found to be more effective than lectures as a media for socialization. It’s better for Lampung province UTD PMI officer to give socialization, doing a seminar, and spreading brochure about blood donors in schools so that beginner blood donors interest can be improved

 

Pendahuluan: Untuk menumbuhkan minat donor darah, salah satu langkah yang dapat diambil adalah pemberian informasi dan edukasi dengan tujuan merubah pemahaman dan perilaku masyarakat terhadap donor darah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian informasi melalui brosur dan ceramah tentang minat donor darah pemula di sekolah.

Metode: Subjek penelitian ini adalah 70 siswa dari dua kelas XI di Jaringan Teknik Komputer Sekolah Kejuruan Natar Budi Karya. Metode pengumpulan data menggunakan skala minat dan analisis data menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil: Hasil yang didapat menunjukkan adanya pengaruh pemberian informasi baik melalui brosur maupun melalui ceramah terhadap minat donor darah pemula di sekolah. Lebih lanjut, juga ditemukan adanya perbedaan minat donor darah pemula antara kelompok yang diberi informasi melalui brosur dan ceramah di sekolah.

Simpulan: Brosur ditemukan lebih efektif daripada metode ceramah sebagai media sosialisasi. Kepada petugas UTD PMI Provinsi Lampung sebaiknya lebih banyak memberikan sosialisasi, mengadakan seminar dan penyebaran brosur di sekolah-sekolah yang bertujuan meningkatkan minat donor darah pemula di sekolah.

Keywords : Brosur, Ceramah, Minat donor darah pemula

  1. Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 136, 141.
  2. Daradjatun.(2008). Pedoman Pelayanan Tranfusi Darah. Jakarta: UTD.PMI Pusat
  3. Dewi, R. R. K., Kartasurya, M. I., & Mawarni, A. (2017). Analisis Kebijakan Donor Darah Dan Implementasi Program Rekrutmen Donor Di Unit Donor Darah (UDD PMI) Kota Pontianak. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 4(2), 109-117.
  4. Hurlock, E.B. (2001). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.
  5. Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan.
  6. Nasional, D. P. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  7. Peraturan Menteri Kesehatan. (2004). Nomor 83 Unit Transfusi Darah, Bank Darah Rumah Sakit, dan Jejaring Pelayanan Transfusi Darah. Jakarta: Departemen Kesehatan RI
  8. Peraturan Menteri Kesehatan. (2015). Nomor 91 Tentang Standar Pelayanan Transfusi Darah. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Diunduh dari https://www.persi.or.id/images/regulasi/permenkes/pmk912015.pdf
  9. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  10. Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling disekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  11. Who.(1994). Pedoman Pelayanan Transfusi Darah. Jakarta: Depkes RI

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat