DUKUNGAN SOSIAL DAN RESILIENSI AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIASI EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA SMK

Veni Suharti -  Universitas Islam Indonesia, Indonesia
Sumedi p Nugraha* -  Universitas Islam Indonesia, Indonesia

Supp. File(s): Research Instrument
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peran academic self-efficacy sebagai mediator dalam hubungan antara dukungan sosial dan resiliensi akademik pada 262 siswa SMK yang mengikuti pembelajaran secara daring. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Dukungan Sosial (Child and Adolescent Social Support Scale - CASSS) oleh Malecki dan Demaray (2002), Skala Efikasi Diri Akademik yang dikembangkan oleh Gafoor (2007) dan Skala Ketahanan Akademik (ARS-30) yang dikembangkan oleh Cassidy (2016). Dalam penelitian ini, skala tersebut kemudian dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan bantuan Program SPSS 23. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian menggunakan PROCESS v3.5 oleh Hayes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Confidence Interval/CI dari hasil bootstrap, BootLLCI = 0,237 dan BootULCI = 0,383. Hal ini menunjukkan bahwa jika rentang BootLLCI dan BootULCI tidak termasuk nilai nol (0), maka dapat disimpulkan bahwa estimasi tersebut signifikan dan terdapat efek mediasi. Ukuran efek dapat dilihat dari koefisien pengaruh tidak langsung standar dari dukungan sosial terhadap resiliensi akademik yaitu sebesar 0,308. Dengan demikian, efikasi diri akademik memediasi hubungan antara dukungan sosial dan resiliensi akademik pada siswa SMK yang mengikuti pembelajaran secara daring. Dukungan sosial secara langsung dapat meningkatkan ketahanan akademik siswa.

 

Kata kunci: Dukungan Sosial, Efikasi Diri Akademik, Ketahanan Akademik, Pembelajaran Online.

 

Abstract

This study aims to observe to what extent the roles of academic self-efficacy as a mediator in the relation of social support and academic resilience towards 262 students of vocational high school joining the online learning. The scale used in this study was Social Support Scale (Child and Adolescent Social Support Scale - CASSS) by Malecki and Demaray (2002), Academic Self-Efficacy Scale developed by Gafoor (2007) and The Academic Resilience Scale (ARS-30) developed by Cassidy (2016). In this study, these scales were then modified in accordance with the needs of this study. Data analysis were performed using Exploratory Factor Analysis (EFA) by means of SPSS 23 Program. It was then continued with the test using PROCESS v3.5 by Andrew F. Hayes. The results of this study showed that the values of Confidence Interval / CI from the results of bootstrap was written as BootLLCI = 0,2366 and BootULCI = 0,3833. This showed that if the ranges of BootLLCI and BootULCI did not include the value of zero (0), it can be concluded that the estimation was significant and there was a mediation effect. Effect size can be seen from the coefficient of standardized indirect effect from social support to academic resilience i.e. 0,3082. Thus, the academic self-efficacy mediated the relation between the social support and academic resilience to the students of vocational high school joining the online learning. Social support directly can improve the academic resilience towards the students.

 

Keywords: Social Support, Academic Self-Efficacy, Academic Resillience, Online Learning

Supplement Files

Keywords : Dukungan sosial, Efikasi diri akademik, Resiliensi Akademik, Pembelajaran Jarak Jauh

  1. Ansori, H.R. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan efikasi diri dalam menyelesaikan tugas perkuliahan pada mahasiswa baru teknik arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Fakultas Psikkologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
  2. Azwar, S. (1997). Metode penelitianjilid I. Pustaka Belajar.
  3. Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W. H. Freeman
  4. Baron, R. A. & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Erlangga
  5. Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: The role of academic self-efficacy. Journal Frontiers in Psychology. 6, 1-14.https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781
  6. Cassidy, J. Shaver, P.R. (2016). Handbook of attachment: Theory, research, and clinical applications (3rd ed). The Guilford
  7. Costello, A. B., & Osborne, J. W. (2005). Best practices in exploratory factor analysis : Four recommendations for getting the most from your analysis, 10(7), 1–10.Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/Best-Practices-in- Exploratory-Factor-Analysis-%3A-for-Costello- Osborne/7ce6c453c20dae3bff4d792fbd1dcfd252fc7fc2
  8. Desmita. (2009). Mengembangkan resiliensi remaja dalam upaya mengatasi stres sekolah. Ta’dib. 12(1), 1-10
  9. Gafoor, A.K. Ashraf, M.P. (2007). Academic Self Efficacy. Calicut :Department of education. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3930.2640
  10. Gafoor, A.K. & Ashraf, M. (2016). Academic Self-Efficacy Scale-2006. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3930.2640.
  11. Ghozali, I. (2016). Analisis multivariate program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  12. Hadi, S. (2000). Metodologi Penelitian. Andi
  13. Harsono, F.H. (2020). Survei KPAI: Belajar di rumah selama covid-19 bikin anak stres dan lelah.Diakses pada tanggal 30 Mei 2020. https://www.liputan6.com/health/read/4251622/survei-kpai-belajar-di-rumah-selama-covid-19-bikin-anak-stres-dan-lelah
  14. Hayes, A. F. (2013). Introduction to mediation, moderation, and conditional process analysis. In the British Journal of Psychiatry (Vol. 714).
  15. Henderson, Nan dan Mike M. Milstein. (2003). Resiliency in schools: Making it happen for students and educators. Corwin
  16. Kumalasari. F & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Beranda, 1(1),https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/view/33
  17. Malecki, C. K. & Demaray, M. K. (2002). Measuring perceived social support: development of the child and adolescent social support scale (CASSS). Nortern Illinois University: Psychology in the School, 39 (1), 1-18.https://doi.org/10.1002/pits.10004
  18. Milantika, R. (2020). Dampak sistem pembelajaran jarak jauh pada dunia pendidikan. Diakses pada tanggal 29 Juli 2020. https://www.kompasiana.com/rosianamilantika3162/5ef4574a097f363eb13b7692/dampak-sistem-pembelajaran-jarak-jauh-pada-dunia-pendidikan#
  19. Missasi, V. & Izzati, I.D.C. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. 433-441.http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3455
  20. Mufidah, A.C. (2017). Hubungan antara dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa bidikmisi dengan mediasi efikasi diri. Jurnal Sains Psikologi. 6(2).68-74.http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p068
  21. Oktaningrum, A. & Santhoso, F.H. (2018). Efikasi diri akademik dan resiliensi pada siswa SMA berasrama di Magelang. Gadjah Mada Journal of Psychology (GAMAJOP). 4(2), 127-134.https://doi.org/10.22146/gamajop.46359
  22. Pallant, J. (2010). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using
  23. the SPSS program. Unwin Book Publishers.
  24. Sari, K.P., Indrawati,E.S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Jurnal Empati. 5(2), 177-182. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14979/14478
  25. UNESCO (2020). Education: From disruption to recovery.https://en.unesco.org/ covid19/educationresponse.
  26. Usman & Sobari. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses. Salemba Empat.
  27. Utami, C. T & Helmi, A. F. (2017). Self-Efficacy dan resiliensi: sebuah tinjauan meta-analisis. Jurnal Buletin Psikologi. 25 (1), 54-65. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/18419/pdf
  28. Wang, L. et. Al. (2017). Influence of social support and self efficacy on resilience of early career registered nurses. Western Journal of Nursing Research. 1-17. https://doi.org/10.1177/0193945916685712
  29. Widanarti, N. & Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMUNegeri 9 yogyakarta. Jurnal Psikologi. 29(2), 112-123. [(Submitted 25 August 2015)(Published)https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7019
  30. Widarjono, A. (2010). Analisis statistika multivariat terapan. UPP STIMYKPN.

Open Access Copyright (c) 2023 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.