HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PENGGEMAR K-POP DI JABODETABEK

Putri Nabilla* -  Universitas Gunadarma, Indonesia

Supp. File(s): common.other
Abstrak

Perilaku celebrity worship dikaitkan dengan psychological well-being yang rendah. Namun di sisi lain, celebrity worship juga dapat memberi manfaat sebagai penyangga stressor harian dan meningkatkan produktivitas sosial individu penggemar apabila ia berkumpul dengan suatu kelompok penggemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dan psychological well-being penggemar K-Pop di Jabodetabek. Metode pengambilan data yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Jumlah partisipan dalam penelitian ini ialah 103 responden penggemar K-Pop yang berasal dari Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara celebrity worship dan psychological well-being penggemar K-Pop di Jabodetabek. Analisis uji hipotesis menunjukkan celebrity worship tidak memiliki dampak signifikan terhadap psychological well-being responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukkan temuan yang berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan adanya hubungan antara celebrity worship dan psychological well-being. Namun, hasil penelitian ini hanya berlaku pada sampel dalam penelitian ini saja. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih jelas dan generalisasi yang lebih luas, diperlukan penelitian lebih lanjut dengan ukuran sampel yang lebih besar dan representatif. Serta mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat memprediksi psychological well-being penggemar K-Pop di Jabodetabek.

 

Kata kunci: Psychological Well-Being, Celebrity Worship, Penggemar K-Pop

 

 

Abstract

It is known that celebrity worship behavior is associated with low psychological well-being. But on the other hand, celebrity worship can also provide benefits as a buffer for daily stressors and increase the social productivity of individual fans when they gather with a group of fans. This study aimed to investigate the relationship between celebrity worship and psychological well-being among K-Pop fans in Jabodetabek. A survey using a questionnaire was employed to collect data from 103 K-Pop fans. Results indicated no significant association between celebrity worship and psychological well-being in this group. Hypothesis test analysis shows that celebrity worship does not significantly impact the psychological well-being of the respondents. The results of this study also show different findings from previous studies that show a relationship between celebrity worship and psychological well-being. However, it should be noted that these results are specific to the sample studied, necessitating further research with a larger and more representative sample size. Additionally, other factors that could predict the psychological well-being of K-Pop fans in Jabodetabek should be considered for a more comprehensive understanding and broader generalization.

 

Keywords: Psychological Well-Being, Celebrity Worship, K-Pop Fans

Supplement Files

Keywords : Psychological well-being; Celebrity worship; Penggemar K-Pop

  1. Adiesia, K. P., & Sofia, L. (2021). Gambaran Celebrity Worship dan Psychological Well Being Pada Wanita Dewasa Awal Penggemar Korean Pop. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 886–889. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6826
  2. Almaida, R., Gumelar, S. A., & Laksmiwati, A. A. (2021). Dinamika psikologis fangirl k-pop. Cognicia, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059
  3. Andina, A. N., Barokah, S., & Satriawan, T. N. (2020). Cup sleeve event sebagai bentuk hedonisme baru penggemar k-pop. Pro Bisnis, 13(1), 23–33.
  4. Azzahra, M. S., & Ariana, A. D. (2021). Psychological Wellbeing Penggemar K-Pop Dewasa Awal yang Melakukan Celebrity Worship. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 137–148.
  5. Cahyani, D., & Purnamasari, Y. (2019). Celebrity Worship on Early Adult K-Pop Fangirling. Proceedings of the 4th ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and Humanities (ACPCH 2018), 167–170. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.41
  6. Halimahyani, P. (2019). Gambaran interaksi parasosial pada remaja penggemar k-pop [Universitas Sumatera Utara]. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23945
  7. Handoko, K., & Dante, V. (2017, September 15). Memahami demam K-pop di Indonesia. https://www.rappler.com/world/bahasa-indonesia/memahami-demam-k-pop-indonesia
  8. Hastika, D. (2019). Pengaruh intensitas mengakses instagram Korean pop terhadap perilaku fanatisme pada mahasiswa dirasat islamiyah UIN Jakarta [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47066
  9. Javier, F. (2021, Agustus 5). Ada 7,5 Miliar Twit K-Pop pada Juli 2020-Juni 2021, Terbanyak dari Indonesia. https://data.tempo.co/data/1174/ada-75-miliar-twit-k-pop-pada-juli-2020-juni-2021-terbanyak-dari-indonesia
  10. KBS World. (2020, Januari 15). Penggemar “Hallyu” Akan Capai 100 Juta Orang di Seluruh Dunia. http://world.kbs.co.kr/service/news_view.htm?lang=i&Seq_Code=57452
  11. Maltby, J. (2003). A Clinical Interpretation of Attitudes and Behaviors Associated with Celebrity Worship. Journal of Nervous and Mental Disease, 191(1), 25–29.
  12. Maltby, J., McCutcheon, L. E., Ashe, D. D., & Houran, J. (2001). The Self-Reported Psychological Well-Being of Celebrity Worshippers. North American Journal of Psychology, 3(3), 441.
  13. Munica, R. (2021). Gambaran Celebrity Worship Terhadap Idola-Kpop pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), 247–256. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i1.439
  14. Nurohmah, Y. F., & Prakoso, H. (2019). Hubungan psychological well being dan celebrity worship pada anggota fansclub EXO di Bandung. Prosiding Psikologi, 5(1), 181–186. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14280
  15. Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2015). Menyelami perkembangan manusia edisi 12-buku 1. Penerbit Salemba.
  16. Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68–80. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940
  17. Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological well-being: Meaning, measurement, and implications for psychotherapy research. Psychotherapy and Psychosomatics, 65, 14–23. https://doi.org/10.1159/000289026
  18. Ryff, C. D., & Singer, B. (2003). Flourishing under fire: Resilience as a prototype of challenged thriving. Dalam C. L. M. Keyes & J. Haidt (Ed.), Flourishing: Positive psychology and the life well-lived. (hlm. 15–36). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/10594-001
  19. Sari, N. M. A. W. (2019). Validitas dan reliabilitas adaptasi bahasa Indonesia instrumen celebrity attitude scale dengan pendekatan model rasch. Universitas Padjajaran.
  20. Sesilia, L. (2020). Kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada masyarakat miskin [UIN Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29398

Open Access Copyright (c) 2023 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.