HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS MOBIL

Tomas Putra Ramadhan* -  Universitas Bina Mulya Palembang, Indonesia
Mulia Marita Lasutri Tama -  Universitas Bina Mulya, Indonesia

Supp. File(s): common.other

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada Kelompok Mobil Low di Palembang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaituada hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada Komunitas Mobil Low di Palembang. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan adalah 78 orang anggota komunitas. Hasil analisis data penelitian dengan menunjukkan adanya pengaruh konformitas dengan perilaku konsumtif sebesar  91.2%. Hasil ini mengindikasikan semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi perilaku konsumtif.  Keterlibatan dalam komunitas mobil membuat anggotanya mengadopsi perilaku konsumtif sebagai konsekuensi konformitas dengan anggota lain di dalam komunitas tersebut. Implikasi hasil penelitian ini terhadap perkembangan psikologi sosial, yaitu mengkonfirmasi peran konformitas dalam membentuk perilaku manusia.

 

 

Kata Kunci: Konformitas, Perilaku Konsumtif 

 

Abstract

The purpose of this research is to determine the relationship between conformity and consumptive behavior in the Low car group in Palembang. The hypothesis put forward in this study is that there is a relationship between conformity and consumptive behavior in the Low car group in Palembang. In this study, the number of samples used was 78 member of the community. These results indicate that the higher the conformity, the higher the consumer behavior. Involvement in the car community makes its members adopt consumer behavior as a consequence of conformity with other members in the community. The implications of the results of this research for the development of social psychology, namely confirming the role of conformity in shaping human behavior.

 

 

 

Keywords: Conformity, Consumptive Behavior

Supplement Files

Keywords : Konformitas, Perilaku konsumtif

  1. Amirullah. 2011. “Educational stress scale for adolescents: development, validity, and reliability with.” Journal of psychoeducational assesment 534−546.
  2. Azahra, Jehan. 2018. “Hubungan Antara Stres Akademik dengan Coping Stress pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi.” Fakultas Psikologi Universitas Jakarta.
  3. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Azwar, Saifuddin. 2015. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: ustaka Belajar.
  5. Azwar, Saifuddin. 2018. Metode Penelitian Psikologi (Edisi II ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Baron and Bryne. 2008. “Hubungan stress akademik siswa dengan hasil belajar.” Jurnal Pendidikan Indonesia 40-47.
  7. Damsar. 2013. “Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Kontrak Perilaku.”
  8. Effendi. 2016. “Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan Dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta [skripsi].” Jakarta (ID).Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  9. Engel. 2016. “Stress, definitions, mechanisms, and effects outlined.” lessons from anxiety 3−11.
  10. Freedman and Peplau. 2009. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. Hartaji, Damar A. 2012. “Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua.” akultas Psikologi Universitas Gunadarma 12-17.
  12. Jalaluddin. 2004. Pedoman Manajemen Waktu. Jakarta: Pustaka Utama Gratifi.
  13. Jessica. 2012. “Hubungan antara kematangan emosi dengan Penyesuaian diri pada mahasiswa perantau (Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas M.” Fakultas Psikologi 15-19.
  14. Nadya, Roesma. 2013. Abnormal Psychology In A Changing 10th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
  15. Pradipta, P and Kustanti, E. R. 2021. “Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Coffeeshop Semarang.” Jurnal Empati 167-174.
  16. Rusivch. 2008. “Hubungan Antara EfikasI Diri Dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Mahasiswa Farmasi Semester IV Universitas Mulawarman.” E-Jurnal Psikologi 53-64.
  17. Sarwono. 2009. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  18. Sastrawan, L. P. H. 2019. “Hubungan Antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Karyawan Perbankan di Bank X Cabang Udayana.”.
  19. Sears. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Setiaji. 2005. Konsumerisme. Jakarta: Erlangga.
  21. Simamora. 2007. Statistik Multivariat. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.
  22. Taylor. 2005. “A Study On Identifying The Level Of Emotional Intelligence Among Bank Managers In Madurai District.” South India 4-2.
  23. Zaman, I. A. 2019. “Perilaku Konsumtif Dalam Modifikasi Mobil Ditinjau Dari Konformitas Di Komunitas Toyota Kijang Club Indonesia Di Semarang.” Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang.

Open Access Copyright (c) 2024 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.