PERILAKU CYBERBULLYING: SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU PADA REMAJA GEN Z

Sridatin Tia Maharani -  UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
Mustamira Sofa Salsabila* -  UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

Supp. File(s): common.other

Abstrak

Cyberbullying adalah sebuah kejahatan yang dilakukan kepada orang lain dengan cara mengirimkan hal yang bersifat merugi atau serangan dengan menggunakan teknologi digital atau internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas cyberbullying remaja Gen Z dengan sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Accidental sampling digunakan dalam proses pengumpulan data, dengan jumlah sampel 220 peserta. Remaja gen Z, berusia 18 hingga 21 tahun, yang merupakan pengguna media sosial yang rajin, memenuhi kriteria tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara perilaku cyberbullying dengan sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku pada remaja gen Z. Sebagai implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya perhatian dan edukasi khusus untuk para remaja gen Z agar dapat bersikap baik dan bijak, dapat mengontrol perilaku terkait perilaku cyberbullying, sehingga dapat mengurangi tingkat perilaku cyberbullying yang ada.

 

Kata Kunci: Perilaku Cyberbullying, Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku

 

 

Abstract

Cyberbullying is a crime committed against other people by sending harm or attacks using digital technology or the internet. The aim of this research is to find out how the cyberbullying activities of Gen Z teenagers relate to attitudes, subjective norms and perceived behavioral control. Accidental sampling was used in the data collection process, with a sample size of 220 participants. Gen Z teenagers, aged 18 to 21 years, who are avid social media users, meet these criteria. The results of the research shows that there is a relationship between cyberbullying behavior and attitudes, subjective norms and perceptions of behavioral control in Gen Z teenagers. The implication of this research is that there needs to be special attention and education for Gen Z teenagers so that they can behave kindly and wisely, can control behavior related to cyberbullying behavior, so that it can reduce the level of existing cyberbullying behavior.

 

Keywords: Cyberbullying Behavior, Attitudes, Subjective Norms, Perceived Behavior Control

Supplement Files

Keywords : Perilaku Cyberbullying, Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku

  1. Ade, N. (2018). Peran ragam relasi saksi, sikap, norma subjektif, dan intensi terhadap respon saksi dalam cyberbullying.http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21426
  2. Adishesa, M. S., & Evelin. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Instagram dan Self-Esteem pada Remaja (Instagram Use and Self-Esteem among Adolescents). Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 11(1), 26–36.
  3. Ahsin, N. (2022). Cyberbullying dalam Persepektif Islam. Jurnal Informatika Upgris, 8(1), 128–137. 2460-4801/2447-6645
  4. Ajzen, I. (1991). Theory of Planned Behaviour. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(1), 179–211. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
  5. Alza Nur Afifa, R., Wahyu Sitasari, N., & M, S. (2021). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Cyberbullying Dengan Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Pada Dewasa Awal. JCA Psikologi, 2(2), 125–140.
  6. Amanda Firdayani Nasution, D., Septiana, R., Syaputri, W., & Nurbaiti, N. (2023). Lingkup Dunia Cyber di Indonesia. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(11), 2477–2486. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i11.653
  7. Astuti, D., Wasidi, & Sinthia, R. (2021). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Perilaku Phubbing Remaja Generasi Z pada Siswa Kelas XI di SMK N 5 Kota Bengkulu Winda. Jurnal Consilia, 4(3), 274–282. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
  8. Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2020). Faktor faktor yang memengaruhi cyberbullying pada remaja: A Systematic review. Journal of Nursing Care, 3(2). https://doi.org/10.24198/jnc.v3i2.24477
  9. Earlyana, Q. T., & Kusdiyati, S. (2023). Pengaruh Problematic Internet Use terhadap Perilaku Cyberbullying pada Remaja Akhir Pelaku Cyberbullying. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 168–175. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.5181
  10. Fahira, S. N., & Hidayati, I. A. (2022). Hubungan Kontrol Diri dalam Penggunaan Sosial Media dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 13(2), 117–127.
  11. Fajriani, S. W., Sekarningrum, B., Sulaeman, M., Padjadjaran, U., Raya, J.,
  12. Sumedang -Jawa, S.-K., & Barat, I. (2021). Cyberspace: Dampak Penyimpangan Perilaku Komunikasi Remaja. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 23(1), 63–78. http://dx.doi.org/10.33169/iptekkom.23.1.2021.63-78
  13. Fani Kusumawardania, D. A. P. abBadan. (2021). Analisis Attitude dalam Perundungan Siber pada Pelajar di Indonesia Attitude Analysis of Cyberbullying on Students in Indonesia Fani Kusumawardani. Jurnal Forensik Kebahasaan Vol 1, No 2 Tahun 2021 Abstract, 1(2), 162–177.
  14. Fishbein, M., & Ajzen, I. (2010). Predicting and Changing Behavior (Issue 1). Psychology Press.
  15. Genisa, O., Situmorang, N. Z., Junianto, M., & Auliyah, F. (2019). Makna Pemanfaatan Gadget pada Mahasiswa Perempuan di Era Industri 4.0. 4(July), 21–31. https://doi.org/10.21070/psikologia.v4i2.746
  16. Ikbal, K. M., Santi, R., & Novika, S. (2018). Penerapan Metode Theory Of Planned Behavior (TPB) Terhadap Respon Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(1).
  17. Jalal, N. maulidya, Idris, M., & Muliana. (2020). Faktor-Faktor Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 146–154.
  18. Kamilah, Y. A. L., & Raya, S. (2023). Internet dari Perilaku Cyberbullying pada Pelajar di Literasi digital tidak hanya terbatas mengenai Mengacu pada data hasil survey oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di meningkat , Center for Digital Society terbatas dilakukan oleh Pusat Kajian Per. 1–9.
  19. Laora, A. Y., & Sanjaya, F. (2021). Fenomena Cyberbullying di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Tentang Kesehatan Mental Pada Generasi Z Usia 20-25 Tahun di Jakarta). Oratio Directa, 3(1), 346–368.
  20. Lesmana, T., & Febrianto. (2020). Hubungan Harga Diri dan Prasangka Gender Dengan Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Pelajar Jakarta. Jurnal Psikologi TALENTA, 5(1), 45. https://doi.org/10.26858/talenta.v5i1.9765.
  21. Madon, Z., & Chin, Y. H. (2021). Relationship between Beliefs Underlying Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control and Cyberbullying Intention of Adolescents Among Secondary School Students in Selangor, Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(11), 1691–1705. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i11/11654
  22. Marsinun, R., Riswanto, D., Bimbingan dan Konseling, P., Muhammadiyah
  23. Hamka, U., & Prodi Bimbingan dan Konseling, I. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(2), 2502–4590. http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika
  24. Nu’man, T. M., & Noviati, N. P. (2021). Perilaku sadar lingkungan dalam perspektif Theory of Planned Behavior: Analisis terhadap intensi penggunaan kantong dan sedotan plastik pada mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 8(2), 165. https://doi.org/10.20527/ecopsy.2021.10.016
  25. Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.72
  26. Ristanti, C. B. D. (2020). Hubungan Sikap Terhadap Perilaku Cyberbullying Dan Fungsi Keluarga Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Pelaku Cyberbullying. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21426
  27. Sari, I. P., Ifdil, I., & Yendi, F. M. (2020). Konsep Nomophobia pada Remaja Generasi Z. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 21–26. https://doi.org/10.29210/3003414000
  28. Santrock, J. W. (2017). Life-span Development. Boston: McGraw-Hill.
  29. Setiawan, I. M. J., Ardika, I. W., Agus, I. K., Sumaryawan, & Mahaputra, D. I. N. K. A. (2022). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Z di Era Society 5.0 di Denpasar dalam Menanggulangi Penyebaran Berita Hoaks. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 92–120. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4424/3418
  30. Siriporn, P. (2021). Teori Perilaku Terencana dalam Cyberbullying : Tinjauan Literatur. 8(November), 234–239.
  31. Sitinjak, C., & Hurriyati, D. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4093–4096.
  32. Sting, N. inn, & Ambarawati, K. D. (2018). The Relationship Between Emotional Intelligence and Cyberbullying Behavior in Adolescents in Salatiga. Psikologia : Jurnal Psikologi, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.21070/psikologia.v4i1.996
  33. Sugiyono, (2017). Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  34. Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 257–262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala
  35. Willard, N. (2007). Educator ’ s Guide to Cyberbullying Addressing the Harm Caused by Online Social Cruelty. 1–12. http://www.embracecivility.org/
  36. Yolanda, L., Rachmiaty, S., & Hidayah, Z. (2022). Peningkatan Pikiran Positif pada Remaja melalui Terapi Relaksasi dengan Menggunakan Sensor Tubuh. Psikologia : Jurnal Psikologi, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.21070/psikologia.v5i1.1490

Open Access Copyright (c) 2024 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.