HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DI PERGURUAN TINGGI MAHASISWA TAHUN PERTAMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara kecerdasan sosial dengan penyesuaian di perguruan tinggi dengan melibatkan 212 mahasiswa tahun pertama Universitas Kristen Satya Wacana. Penelitian ini menggunakan adaptasi dari kuesioner SACQ untuk mengukur penyesuaian diri di perguruan tinggi dan skala TSIS untuk mengukur kecerdasan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh dimensi dalam kecerdasan sosial memiliki hubungan positif yang signifikan dengan beberapa dimensi dalam penyesuaian di perguruan tinggi, namun ada juga beberapa dimensi dalam kecerdasan sosial yang tidak memiliki hubungan dengan beberapa dimensi dalam penyesuaian di perguruan tinggi. Selain itu, sebagian besar mahasiswa tahun pertama Universitas Kristen Satya Wacana memiliki skor sedang dalam setiap dimensi kecerdasan sosial dan setiap dimensi penyesuaian diri. Implikasi dari hasil penelitian ini ialah mahasiswa dapat meningkatkan kecerdasan sosialnya agar mampu untuk menyesuaikan diri, dosen dapat membantu mahasiswa mengatasi tantangan penyesuaian diri dan kecerdasan sosial, dan universitas dapat melakukan pengembangan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan sosial dan penyesuaian di perguruan tinggi.
Kata Kunci: Kecerdasan Sosial, Mahasiswa Tahun Pertama, Penyesuaian di Perguruan Tinggi
Abstract
This study aims to determine the significant relationship between social intelligence and adjustment in college by involving 212 first-year students of Satya Wacana Christian University. This study used an adaptation of the SACQ questionnaire to measure student adjustment to college and TSIS scale to measure social intelligence. The results of the research show that almost all dimensions of social intelligence have a significant positive relationship with several dimensions of adjustment in college, but there are also several dimensions of social intelligence that have no relationship with several dimensions of adjustment in college. In addition, most first-year students at Satya Wacana Christian University have moderate scores in each dimension of social intelligence and each dimension of self-adjustment. The implications of the results of this study are that students can improve their social intelligence to be able to adjust, lecturers can help students overcome the challenges of college adjustment and social intelligence, and universities can develop activities aimed at improving social intelligence and adjustment in college.
Keywords: Social Intelligence, First-Year College Students, Student Adjustment to College
Keywords : Mahasiswa Tahun Pertama; Kecerdasan Sosial; Penyesuaian di Perguruan Tinggi
- Abdullah, M. C., Elias, H., Uli, J., & Mahyuddin, R. (2010). Relationship between coping and university adjustment and academic achievement amongst first year undergraduates in a Malaysian public university. International Journal of Arts and Sciences, 3(11), 379-392.
- Aggarwal, V., & Kaur, M. A. (2015). Social Intelligence of Class XI Students in Relation to their Adjustment.
- Al Haikal, M. H., Lasan, B. B., & Hidayaturrahman, D. (2021). Profil Kesadaran Sosial Siswa dan Implikasi terhadap Layanan Bimbingan Konseling di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(8), 1334-1340. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14976
- Al Rasyid, H., & Chusairi, A. C. H. M. A. D. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri pada mahasiswa universitas airlangga. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1306-1312. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28617
- Amin, M., Patel, P., & Srivastava, A. K. (2016). Emotional intelligence and adjustment among adolescents. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 2(2), 113-116.
- Andriani, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Peran kecerdasan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat awal. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 67-90. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1261
- Apriliani, R., Rahmawati, H., & Shanti, P. (2021). Hubungan antara keterampilan sosial dan penyesuaian diri pada mahasiswa baru pendatang di fakultas kedokteran hewan universitas brawijaya. https://doi.org/10.17977/um070v1i62021p420-424
- Arkoff, A. (1968). Adjustment and Mental Health. New York: McGraw-Hill 420-424.
- Asiyah, N. (2013). Pola asuh demokratis, kepercayaan diri dan kemandirian mahasiswa baru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108-121. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98
- Astrina, C., & Rinaldi, R. (2019). Hubungan kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama jurusan psikologi. Jurnal Riset Psikologi, (4), 1-11.
- Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of counseling psychology, 31(2), 179-189. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.2.179
- Baker, S. R. (2004). Intrinsic, extrinsic, and amotivational orientations: Their role in university adjustment, stress, well-being, and subsequent academic performance. Current Psychology, 23(3), 189-202. https://doi.org/10.1007/s12144-004-1019-9
- Bhardwaj, S., & Sharma, U. (2021). A Comparative Study of Social Intelligence, Emotional Intelligence and Adjustment Among College Students. International Journal of Creative Research Thoughts, 9(7), 603-613.
- Boukari, S., Guelmami, N., Chotrane, S. G., Bouzid, S., Khemiri, A., Muscella, A., & Khalifa, R. (2022). Adaptation of the Questionnaire on Teacher Interaction in Tunisia: Teaching Strategies to Promote Sustainable Education in Schools. Sustainability, 14, Article No. 2489. https://doi.org/10.3390/su14052489
- Bukit, S. S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2023). Hubungan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian sosial pada siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 159-166.
- http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9519
- Chater, W., Rebhi, M., Saidane, M., Guelmami, N., & Bouassida, A. (2022). Reliability and Validity of the Tromso Social Intelligence Scale (TSIS). Advances in Physical Education, 13(1), 53-65. https://doi.org/10.4236/ape.2023.131006
- Clark, M. R. (2005). Negotiating the freshman year: Challenges and strategies among first-year college students. Journal of College Student Development, 46(3), 296-316. https://doi.org/10.1353/csd.2005.0022
- Fitri, N. L. (2017). Pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(8), 454-465.
- Goleman, D. (2006). Social intelligence: The revolutionary new science of human relations. New York: Bantam.
- Herdiansyah, R., Rahmi, F., & Sari, L. (2021). Gambaran College Adjustment pada Mahasiswa Angkatan 2020. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(03), 164-170. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1229
- Jones, D. E., Greenberg, M., & Crowley, M. (2015). Early social-emotional functioning and public health: The relationship between kindergarten social competence and future wellness. American journal of public health, 105(11), 2283-2290. https://doi.org/10.2105/AJPH.2015.302630
- Nagra, V. (2014). Social Intelligence and Adjustment of Secondary School Students. Indian Journal of Research, 3(4), 86-87. https://doi.org/10.15373/22501991/APR2014/26
- Neelavathi, M. & Emimah, S. (2019). Adjustment of Arts and Science Colleges Student in Relation to Their Social Intelligence. Research and Reflections on Education, 17(1), 1-6.
- Nugrahadi, A., & Mamahit, H. C. (2022). Penyesuaian Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Atma Jaya saat Pandemi Covid-19. Psiko Edukasi, 20(1), 65-82. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v20i1.3426
- Nyimas, H. A. S., & Rulanggi, R. (2022). Analisis Student Adaptation To College Qestionnaire (Sacq) Sebagai Instrumen Pengukuran Penyesuaian Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru. Buletin Poltanesa, 23(1), 112–117. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1247
- Rachman, E. A., Pratitis, N. T., & Kusumandari, R. (2023). Self-adjustment pada mahasiswa yang mengikuti program MBKM: Bagaimana peranan social skill? Jurnal Penelitian Psikologi, 4(1), 140-151. https://doi.org/10.30996/sukma.v4i1.8995
- Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: Studi pada mahasiswa fakultas psikologi uksw. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73-84. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681
- Rahmadani, A., & Mukti, Y. R. (2020). Adaptasi akademik, sosial, personal, dan institusional: studi college adjustment terhadap mahasiswa tingkat pertama. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 159-167. https://doi.org/10.29210/145700
- Rani, R., & Shaili. (2017). Study the relationship between Social intelligence and adjustment among Under Graduate Students. International Journal for Innovative Research in Multidisciplinary Field, 3(9), 56-58.
- Riowati, R. (2016). Penerapan Pelatihan Keterampilan Sosial oleh Bimbingan Teman Sebaya untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Menganti. Jurnal BK UNESA, 6(3), 47-57.
- Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj). Jakarta: Erlangga
- Silvera, D., Martinussen, M., & Dahl, T. I. (2001). The Tromsø Social Intelligence Scale, a self‐report measure of social intelligence. Scandinavian journal of psychology, 42(4), 313-319. https://doi.org/10.1111/1467-9450.00242
- Widihapsari, I. A. G. K., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Peran kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Udayana yang berasal dari luar pulau Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 48-62. https://doi.org/10.24843/JPU.2018.v05.i01.p05


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.