KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN PADA MAHASISWA TULI

Aghi Viona Semas Puspita* -  Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
Anniez Rachmawati Musslifah -  Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
Faqih Purnomosidi -  Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gambaran kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tuli di Universitas Sahid Surakarta dari perspektif pendidikan dengan berfokus pada dukungan sosial. Penelitian mengenai kesejahteraan psikologis ini penting untuk memahami kebutuhan spesifik mahasiswa tuli dan mengembangkan strategi dalam membantu meraih pengalaman akademik yang seimbang. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap 7 mahasiswa tuli selama satu bulan dengan latar belakang pendidikan yang sama namun pada usia yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dengan teman dan dosen memiliki pengaruh signifikan terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tuli. Temuan dalam penelitian ini menekankan pentingnya memahami dukungan dalam bidang pendidikan yang layak untuk menjaga kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tuli.

 

Kata Kunci: Kesejahteraan Psikologis, Mahasiswa Tuli, Pendidikan

 

 

Abstract

This study aims to examine the description of psychological well-being in deaf students at Sahid University Surakarta from an educational perspective by focusing on social support. Research on psychological well-being is important to understand the specific needs of deaf students and develop strategies to help achieve a balanced academic experience. This study uses qualitative methods with observation and in-depth interviews with 7 deaf students for one month with the same educational background but at different ages. The results showed that social support from friends and lecturers have a significant influence on psychological well-being in deaf students. The findings in this study emphasise the importance of understanding support in the field of proper education to maintain psychological well-being in deaf students.

 

Keywords: Psychological Well-Being, Deaf Students, Education

Keywords : Kesejahteraan Psikologis, Mahasiswa Tuli, Pendidikan

  1. Alawiyah, D., Alwi, C. A., Lilis, & Selvi. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 8(2), 30–44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v8i2.1190
  2. Alfazani, M. R., & Khoirunisa A, D. (2021). Faktor Pengembangan Potensi Diri: Minat/Kegemaran, Lingkungan Dan Self Disclosure (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 586–597. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.487
  3. Angelin, P. S., & Arianti, R. (2023). Psychological Well Being Wanita Menikah Muda Di Desa Cigugur Girang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Psikologi Malahayati, 5(1), 108–118. https://doi.org/10.33024/jpm.v5i1.8585
  4. Arthawati, S. N., & Sri Artha Rahma Mevlanillah. (2023). Pengembangan Masyarakat Melalui Penerapan Pengelolaan Kampung Kb Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Bale Kencana Kecamatan Mancak. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 6703–6712. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i10.5201
  5. Ayu, M. T. D. (2018). Perbedaan Kebahagiaan Anak Tunarungu Dan Normal Yang Belajar Di Sanggar Tari Lawang Sari [Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga]. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/17202
  6. Chandra, R. M., Sudjianto, M. K., & Adriana, E. (2023). Faktor-Faktor Komunikasi (Yang Perlu Dimiliki) Generasi Z Dalam Mempersiapkan Karir. Student Research Journal, 1(3), 349–361.
  7. Deichert, N., Fekete, E., & Craven, M. (2019). Gratitude enhances the beneficial effects of social support on psychological well-being. The Journal of Positive Psychology, 16(2), 168–177. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/17439760.2019.1689425
  8. Hasanuddin, H., & Khairuddin, K. (2021). Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri dan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa SMA Negeri 2 Binjai. Analitika, 13(2), 148–155. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5906
  9. Herdiansyah, H. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. Salemba Humanika.
  10. Khomsiatun, S., Widiastuti, M., & M, S. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well being pada remaja tunarungu di Jakarta. JCA Psikologi, 2(1), 28–35. https://digilib.esaunggul.ac.id/UEU-Undergraduate-201571042/20616
  11. Mahardi, S. (2018). Kesejahteraan Psikologis Remaja Tunarungu (Studi Deskriptif Siswa Tunarungu Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta) Psychological Well-Being Of Deaf Adolesence (Descriptive study on deaf student in Muhammadiyah 3 Yogyakarta Vocational High School ). 226.
  12. Meidiena, A. A., Saadah, A. L. M., & Syifatunnazmiah. (2022). Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kepercayaan Diri Tunarungu. Proceeding of International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 2, 288–294.
  13. Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Analisis data kualitatif (Edisi kedu). Sage Publications.
  14. Presiden Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas (Bagian Keenam Pasal 10).
  15. Purnomosidi, F., Widiyono, & Musslifah, A. R. (2022). Buku Referensi Kesehjateraan Psikologis dengan Sholat Dhuha. Lembaga Chakra Brahmana Lentera.
  16. Rahmawati, A. N. & Putri, N. (2020). Mindfulness, Stress, dan Kesejahteraan Psikologis pada Pekerja. Deepublish.
  17. Ramadani, Y. P., Rachmawati, A., & Purnomosidi, F. (2023). Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Rantau Universitas Sahid Surakarta. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i1.909
  18. Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological well-being: Meaning, measurement, and implications for psychotherapy research. Psychotherapy and Psychosomatics, 65(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1159/000289026
  19. Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069
  20. Seligman, M. (2018). PERMA and the building blocks of well-being. The Journal of Positive Psychology, 13(4), 333–335. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/17439760.2018.1437466
  21. Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2002). Handbook of positive psychology. University Press.
  22. Yudhianto, K. A., & Rahmasari, I. (2020). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Dukungan Sosial Pada Siswa Tunarungu. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.26576/profesi.v18i1.31

Open Access Copyright (c) 2025 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.